Cara Membuat Bonsai Serut dengan Mudah beserta Cara Merawatnya

Cara Membuat Bonsai Serut – Salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh banyak orang adalah bonsai. Untuk jenis bonsai sendiri juga banyak sekali. Dan Bonsai Serut lebih banyak mendominasi jenis yang banyak diminati.

Bonsai serut memiliki keunggulan pada bentuknya yang menarik dan unik. Jika kamu melihat bonsai serut, ibarat sedang melihat versi mini dari dunia. Coba taruh mainan kecil didekat bonsai serut, kamu akan merasakan sensasi sedang melihat serial tv ultra-man.

Tanaman ini memiliki bahasa latin Streblus Asper merupakan bonsai dari jenis pohon yang memiliki ciri batang berwarna pucat. Daun bonsai berukuran kecil berwarna hijau tua yang berjejer rapat tampak seperti lingkaran bola.

Ukuran daun bonsai serut hanya sekitar 5 sampai 10 cm, memiliki bentuk panjang dan memiliki gigi daun. Bonsai ini juga memiliki bunga dengan ukuran kecil. Tanaman ini sangat cocok bila dijadikan hiasan di depan rumah.

Bonsai sertu memiliki banyak nama mengenai tanaman ini, contohnya pohon kertas pasir, semak kasar siam, dan pohon sikat gigi.

Wilayah yang menjadi tempat berkembangnya tanaman ini seperti di Kamboja, Thailand, Sri Langka dan India. Sedangkan untuk di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di pulau jawa dan sumatra.

Itu tadi sekilas mengenai bonsai serut, tentunya kamu ingin segera tahu cara membuat bonsai serut. Untuk itu simak ulasan dibawah ini.

cara Membuat Bonsai Serut
Sumber : www.pinterest.com

Ciri Unik Bonsai Pohon Serut

bonsai serut juara
Sumber : tubanbonsai.blogspot.co.id

Ciri utama dari bonsai pohon serut ialah warna hijau pada daunnya dan warna putih pada batangnya. Daun pohon serut yang asli berukuran kecil, kemudian bila tanaman ini di bonsai, daunnya juga akan semakin mengecil.

Tanaman ini juga memiliki buah yang berwarna hijau serta bunga yang berwarna putih. Nah, karena ukuran pohon ini sangat kecil maka buah maupun bunga bonsai ini tidak tampak. Selain itu, cara membuat bonsai serut juga mudah.

Untuk lebih mengetahui ciri dari bonsai serut simak ulasan dibawah.

Menggugurkan daun ketika musim kemarau

Ciri unik pertama dari bonsai serut adalah daun yang gugur ketika musim kemarau. Pada tiap musim kemarau daun bonsai ini rontok. Hal tersebut dilakukan tumbuhan ini agar menghemat air.

Jadi tidak perlu khawatir bila daun dari bonsai rontok, karena memang itulah sistem alami tumbuhan ini. Beberapa minggu kemudian setelah daun rontok, daun baru akan muncul kembali.

Baca juga : 9 Langkah Mudah Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Berbuah

Usia Bonsai Ratusan Tahun

Keunikan selanjutnya ialah usia bonsai serut yang dapat mencapai ratusan tahun. Seperti pepohonan yang lain, tanaman ini dapat hidup asal dirawat dengan baik.

Uniknya lagi semakin tua umur tanaman ini maka semakin mahal pula di pasaran. Sehingga tanaman bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang untuk keluargamu. Bisa dengan menanam dari sekarang dan nantinya anak cucu-cucu yang akan menikmati hasilnya. Apalagi bila ukuran bonsai serut yang kamu miliki cukup besar, bisa ditaruh di depan rumah sebagai tanaman hias.

Cara Memilih Bakalan Bonsai Serut

bonsai serut terbaik
Sumber : tubanbonsai.blogspot.co.id

Sebelum mengulas mengenai cara menanam bonsai serut, hal yang perlu dipersiapkan ialah benih atau bakalan bonsai serut. Sebenarnya bisa saja kita membeli bakalan bonsai di toko bonsai, namun akan lebih menarik bila kita sendiri yang menanam dari awal. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk menentukan bakalan serut.

  • Membuang semua daun yang ada pada bakalan serut.
  • Potong batang dan akar yang terlihat kurang bagus.
  • Bersihkan dengan menyiram air sampai akar bersih
  • Olesi akar dengan perangsang akar secara merata

Pada tahap ini kita sudah memiliki bakalan bonsai serut yang sudah siap tanam. Selanjutnya baca tahap selanjutnya dibawah ini.

Cara Membuat Bonsai Serut

cara membentuk bonsai serut

Untuk membuat bonsai serut hal pertama yang dilakukan ialah menanam bibit serut yang nantinya dijadikan benih bonsai.

Dalam proses penanaman bibit ini, dianjurkan untuk menggunakan media tanam berupa campuran tanah gunung, humus serta pupuk kandang. Perbandingan campuran antar ketiganya ialah 1:1:1 ditiap pot.

Dengan media tanam tersebut, tanaman bonsai dapat tumbuh dengan cepat. Serta perkembangan bonsai pohon serut akan lebih maksimal.

Ada banyak cara untuk proses mengembangkan bakalan bonsai. Seperti dengan cara pembibitan pada umumnya, cangkok, ataupun stek pada bonsai yang cukup berumur.

Untuk cara stek, perlu diperhatikan dengan sangat ketika memindahkan bakalan serut ke dalam pot. Hal tersebut dilakukan agar akar bonsai tidak terputus.

Kemudian, setelah bakalan bonsai ditanam, kamu perlu menunggu proses pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman ini. Ketika sudah sampai pada umur yang cukup, tanaman ini memungkinkan bisa untuk di bentuk bonsai.

Selanjutnya menyiapkan kawat lilit untuk membentuk tanaman bonsai. Kawatnya bisa memakai kawat ukuran yang sedang, atau yang biasa dipakai untuk bonsai.

Pada tahap ini kamu dapat melilitkan kawat tersebut pada pohon dan cabang bonsai. Untuk variasi bentuk dapat disesuaikan dengan selera dan kreatifitas pribadi.

Setelah itu biarkan dan tunggu sampai batang dan cabang pohon serut berkembang sesuai dengan bentuk lilitan yang kita inginkan.

Langkah terakhir ialah dengan menempatkan tanaman bonsai serut di tempat yang cukup terbuka. Sehingga dapat memungkinkan tanaman serut mendapatkan sinar matahari yang cukup lama.

Cukup mudahkan cara membuat bonsai serut? Selanjutnya yang perlu kamu lakukan ialah cara merawat bonsai serut.

Kunjungi toko kami : Jual Kayu manis Batangan Berkualitas dan Bubuk Kayu Manis

Cara merawat bonsai serut

bonsai serut besar
sumber : http://bonsaiselorejo.blogspot.co.id

Setiap makhluk hidup tentunya membutuhkan cahaya matahri, entah itu lama ataupun sebentar. Tanaman bonsai pohon serut merupakan tanaman yang cukup membutuhkan cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama.

Untuk merawat bonsai pohon serut, upaya pertama ialah dengan menyiram tanaman ini tiap hari minimal satu kali. Selain itu, cara perawatan selanjutnya yang cukup penting yaitu memberi pupuk dan memangkas.

Tujuan dari memberi pupuk dan pemangkasan adalah untuk merangsang pertumbuhan daun agar dapat tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

Kemudian untuk mencegah tanaman pohon serut ada tidak terkena penyakit dapat dilakukan dengan menyemprotkan pestisida.

Untuk jenis bonsai pohon serut hama yang paling banyak menyerang adalah kutu daun yang berwarna putih. Jenis hama kutu daun ini pada umumnya mengeluarkan embun madu yang berasa manis. Kemudian dari embun madu inilah menyebabkan tumbuh cendawan jelaga.

Tanaman cendawan jelaga seringkali menutupi daun serut yang masih hijau. Akibat dari tanaman hama tersebut, daun bonsai bisa berubah warna menjadi hitam.

Oleh sebab diatas, untuk mencegah tanaman bonsai serut milikmu terserang hama. Maka lakukan penyemprotan berkala bisa dengan fungisida dan insektisida, atau yang lainnya.

Sekian ulasan mengenai cara membuat bonsai serut, beserta keunikan, ciri-ciri, cara memilih bakalan bonsai dan cara merawatnya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan lupa bagikan bila bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Bonsai Serut dengan Mudah beserta Cara Merawatnya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.