4 Kepribadian Manusia yang Perlu Kamu Ketahui Cek Kepribadianmu

4 Kepribadian Manusia – Jauh sebelum Masehi kurang lebih 400 tahunan, Seorang tokoh ahli filsuf dari yunani sekaligus seorang tabib Bernama Hippocratus. Beliau mengemukakan sebuah teori kepribadian manusia yang mengatakan bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki empat tipe temperamen.

Bila melihat secara luas, sebenarnya teori kepribadian sangatlah banyak. Yang paling populer ialah teori Hipocrates-Galenus, Suatu teori yang dikembangkan dari teori Empedokretus.

Hippocrates mengatakan keempat tipe kepribadian manusia itu akibat dari empat macam cairan yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Keempat macam cairan tersebut adalah Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning), Sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam). Kemudian Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir) dan Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah)

Pada perkembangannya teori Hippocrates disempurnakan oleh Galenus. Menurut Galenus, keempat cairan tersebut ada di dalam tubuh dengan proporsi tertentu. Jika satu cairan lebih dominan dari cairan yang lain, secara otomotis cairan tersebut membentuk kepribadian seseorang.

Teori ini terus berkembang, psikologi modern pun telah mengemukakan banyak memberi masukan mengenai penggolongan temperamen. Sampai sekarang tidak ada satu pun teori yang dapat menemukan penggolongan kepribadian manusia yang lebih bisa diterima.

Pada artikel ini penulis akan mengulas 4 kepribadian manusia. Untuk itu simak baik-baik dan cek apa tipe kepribadianmu.

4 tipe kepribadian manusia 1
Sumber : yukbisnis.com

Kepribadian Manusia

Kepribadian sering kali diartikan sebagai ciri yang menonjol pada diri individu. Contohnya seperti orang yang pemberani mendapatkan julukan berkepribadian pemberani.

Sebaliknya kepada orang yang tidak mampu serius, tidak fokus alias plin-plan disebut dengan individu yang tidak memiliki kepribadian.

Seperti itulah definisi kepribadian yang sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Namun, apakaha definisi itu sudah tepat? Maka perlu kita membaca definisi kepribadian manusia menurut ahli psikologi.

Pengertian kepribadian menurut psikologi

Kepribadian adalah sebuah organisasi (terdiri berbagai aspek dari psikis dan fisik) yang merupakan sebuah struktur sekaligus proses. Seperti yang dilansir wikipedia, bisa dikatakan kepribadian manusia adalah suatu yang dapat berubah. Sekaligus kepribadian manusia secara teratur mengalami perubuhan seiring dengan tumbuh atau berkembangnya manusia.

Kepribadian Melankolis alias Si Sempurna

4 tipe kepribadian manusia
Sumber : yukbisnis.com

Ini salah satu kepribadian manusia menurut Hippocratus yakni melankolis. Tipe kepribadian ini muncul disebabkan cairan melanchole lebih dominan di tubuh manusia.

Orang yang melankolis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang unik dan khas. Contohnya seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, peragu dan kaku.

Tipe temperamen melankolis menganggap segala sesuatu itu penting. Bahkan disetiap keadaan orang melankolis memiliki alasan untuk merasa khawatir. Hal yang pertama diperhatiakn bukan kemudahan dalam melakukan namun pada kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi.

Semua itu dilakukan bukan karena pertimbangan akhlak. Namun pergaulan dengan orang lain yang membuat dirinya merasa khawatirm berprasangka buruk dan terlalu lama berpikir. Sebenarnya hal ini hal yang membuat orang dengan kepribadian melankolis sulit untuk merasa bahagia ditiap waktu.

Sisi Positif Melankolis

Kepribadian melankolis mudah dideteksi. Jika kamu punya teman yang orangnya suka mikir, sensitif, romantis dan teratur, Bisa dipastikan orang tersebut berkepribadian melankolis.

Selain itu melankolis mempunyai rasa empati yang cukup tinggi. Jadi jika ada seorang teman yang memiliki masalah, orang dengan tipe ini menjadi orang yang pertama merasakannya. Orang melankolis juga bisa dijadikan pendengar yang baik.

Oh, iya orang melankolis itu romantis banget. Jadi jika kamu ingin punya pasangan yang romantis, perhatian, orang dengan tipe melankolis yang kamu cari.

Ciri melakolis yang paling menonjol ialah perfeksionis, segala sesuatu harus sempurna. Orang seperti ini juga tipe pemikir, apa-apa akan dipikirkannya sedalam mungkin, sepertinya cocok menjadi seorang filosof. Kelebihan melankolis juga cenderung memiliki jiwa seni yang tinggi, suka akan menggambar, grafik dan seni lainnya.

Tipe melankolis suka sekali berkorban, ia lebih suka bila mengorbankan diri untuk orang lain. Ini bisa jadi karena sikap empatinya yang tinggi. Walaupun suka berkorban namun sikapnya tetap rendah hati, tidak suka jadi terkenal dan lebih memilih untuk bekerja dibalik layar.

Kelebihan Melankolis

  • Kritis, analitis, fundamental dalam berpikir
  • Sensitif dan empati tinggi
  • Jadwal tertata rapi, serius dan fokus
  • Kreatif, artistik, filosof dan puitis
  • Suka berkorban untuk orangh lain dan idealis tinggi
  • Prefeksionis dan segala berstandar tinggi
  • Segala sesuatu rinci, mendetail, tertib dan teratur
  • Memandang masalah untuk dicari solusi yang kreatif
  • Menyelesaikan tugas yang sudah dimulai.
  • Hemat pengeluaran
  • Selektif dalam memilih teman
  • Lebih suka bekerja dibelakang layar
  • Mendengar cerita, keluhan, setia dan suka mengabdi
  • Suka memperhatikan orang lain dibanding diri sendiri

Sisi Negatif Melankolis

Kalau diatas tadi membahas melankolis dari sisi positif, selanjutnya sisi negatif dari melankolis.

Tipe melankolis merupakan orang yang tidak lagi sensitif namun super sensitif. Kesukaan mereka adalah menyendiri, disaat sendirian itu dia merasa nyaman. Sering juga karena sering sendiri dan merenung, dia terjebak dengan masa lalunya. Dengan kisah-kisah baper yang pernah dialami sambil meratapi nasib hidup. Bahkan masalah kecil suka dibesar-besarkan.

Sifat Melankolis pada umumnya introvert alias tertutup. Jika ada masalah biasanya disembunyikan, dan jika dibagikan pasti hanya kepada orang yang paling dia percayai.

Sikap rendah hatinya kadang terlalu parah yang akhirnya menjadikan sikap rendah hati. Suka meremehkan diri sendiri, menganggap diri sendiri kurang mampu. Padahal bila ia mengerjakan sesuatu bisa jadi hasilnya lebih bagus dibandingkan orang lain. Istilah kerennya, rumput tetangga terlihat lebih hijau dibanding rumput pribadi.

Kegagalan adalah hal paling ditakuti orang dengan tipe kepribadian melankolis. Pada dasarnya itu diakibatkan dari pikiran yang sering negatif thinking dan kurang termotivasi.

Sikap yang juga lumayan menonjol ialah suka ngedumel bila sesuatu dirasa kurang sesuai dengan dirinya.

Kekurangan melankolis

  • Memiliki citra diri yang rendah
  • Seringkali merasa bersalah
  • Suka mengingat hal negatif dan pendendam
  • Melihat masalah dari sisi negatif
  • Suka menekankan pada cara mencapai sesuatu daripada tercapainya tujuan
  • Mudah merasa tertekan
  • Banyak menghabiskan waktu hanya untuk merencakan sesuatu
  • Sulit merasa bangga dengan hasil kerjaan karena standar yang tinggi
  • Kesulitan ketika bersosialisasi
  • Suka mengkritik namun sensitif terhadap kritik yang tertuju pada dirinya
  • Ragu mengungkapkan perasaan atau lebih suka menahan
  • Memiliki kecurigaan yang besar terutama terhadao pujian
  • Membutuhkan persetujuan setiap melakukan sesuatu

Kepribadian Plegmatis alias Si Pecinta damai

4 tipe kepribadian manusia
Sumber : yukbisnis.com

Tipe kepribadian manusia selanjutnya ialah kepribadian Plegmatis. Kepribadian ini disebabkan cairan yang lebih dominan dalam tubuh manusia yaitu cairan phlegma. Orang dengan tipe phlegmatis merupakan orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas yakni santai menghadapi sesuatu. Sikapnya antarlain seperti tidak suka terburu-buru, tenang, Sulit terpengaruhi oleh sekitar, orang yang setia, dingin, dan sabar.

Orang plegmatis sekilas terlihat seperti tidak memiliki gairah dan semangat. Namun itu bukan kelemahan, sikap santainya membuat ia bersikap demikian. Selain itu, tidak mudah kena pengaruh sehingga sikapnya tidak terburu-buru mengambil kesimpukan.

Sisi Positif Plegmatis

Tipe plegmatis menunjukkan sikap pelan tapi pasti. Jiika suatu pekerjaan sudah dipegang dapat pastikan diselesaikan walaupun ia pelan dan nyantai.

Orang seperti ini Ia bertindak atas dasar keyakinan bukan atas dasar dorongan naluri. Temperamen plegmatis yang kalem dengan mudah mengubah kesulitan menjadi mudah.

Dia juga memiliki sikap kebijaksaan yang tinggi. Oleh sebab itu ia mudah bergaul dengan orang lain. Sikap juga gigih dan semangat dalam mencapai tujuannya. Kadang sikapnya menipu, seolah memberi orang lain kesempatan padahal itu untuk dirinya sendiri.

Tipe ini cenderung suka akan kedamaian. Dari pada ada konfilik, orang plegmatis memilih untuk jalan damai. Jadi, kalau temanmu ada yang sukanya menghindari masalah bisa jadi dia termasuk tipe plegmatis.

Orang plegmatis adalah orang yang baik hati, kepribadian yang tenang, rendah hati dan penyabar. Ciri khas orang ini adalah kalem. Penulis sendiri memiliki teman yang suka bersikap dingin, walaupun tugas menumpuk ia terlihat nyantai. Terlihat nikmat sekali hidupnya.

Sikap menarik selanjutnya pada tipe plegmatis ialah memiliki sikap humor yang lumayan tinggi. Sehingga orang seperti ini menyenangkan bila diajak bergaul.

Hampir mirip dengan melankolis, plegmatis merupakan tipe pendengan yang baik. Kelebihannya orang plegmatis akan mendengarkan ceritamu dengan seksama.

Kelebihan plegmatis:

  • Santai, tenang dan mudah bergaul
  • Tidak suka banyak bicara, namun sekali bicara bijaksana
  • Pendengar yang baik
  • Sabar dan seimbang
  • Baik hati dan memiliki simpati yang tinggi
  • Menginginkan segala sesuatu terorganisasi
  • Bakat menjadi moderator alias penengah masalah yang bijak
  • Memilih cara yang paling mudah
  • Mampu mengontrol diri walau sedang tertekan
  • Sikap yang loyal dan pandai menjaga perasaan orang lain
  • Selera humor yang menarik
  • Kebiasaan melihat dan mengawasi
  • Peduli, rukun dan damai

Sisi Negatif Plegmatis

Sisi negatif plegmatis juga banyak, walaupun ciri hidup ialah simple alias tidak mau ribet. Orang seperti ini sering tidak memiliki semangat, akhirnya suka menunda-nunda pekerjaan. Apalagi kalau sedang males, ampun dah.

Sikap simpel yang berlebihan juga membuat ia suka mengambil segala enaknya saja. Selain itu mereka memilikli sikap kikir, agak egois dan penakut.

Kekurangan plegmatis:

  • Semangat yang kurang terhadap sesuatu yang baru
  • Penakut dan rasa khawatir
  • Menjauhi konflik dan kurang bertanggung jawab
  • Suka keras kepala dan sulit diajak kompromi
  • Sikap pemalu yang berlebihan serta pendiam
  • Candaan yang kering dan suka mengejek
  • Orientasi pada tujuan rendah
  • Motivasi diri yang rendah
  • Suka menjadi penontong dibanding pemain
  • Tidak suka berada di tempat yang sesak
  • Menunda pekerjaan

Kepribadian Sanguinis alias Si Superstar

4 tipe kepribadian manusia
Sumber : yukbisnis.com

Kepribadian manusia selanjutnya ialah kepribadian sanguinis. Kepribadian Sanguinis muncul akibat cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan sanguis. Individu yang memiliki kepribadian sanguinis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khusus. Orang sangunis memiliki kepribadian seperti hidup yang mengalir begitu saja, ramah, mudah bergaul, periang, murah senyum, dan optimistis.

Sikap orang Sanguinis selalu periang dan segala sesuatu yang sedang dihadapi dianggap begitu penting. Namun, orang ini dapat dengan mudah melupakan hal yang sebelumnya dianggap penting.

Kepribadian orang sanguinis selalu ingin menepati janji yang diucapkannya. Akan tetapi dia gagal melakukan keinginannya sebab orang ini kurang memiliki minat untuk menolong orang lain.

Selain itu, orang sanguinis merupakan seorang penghutang yang kurang baik. Dia akan terus menerus minta waktu untuk membayar sampai pemberi hutang malas untuk menagih. Jiwa sanguinis amat luwes, supel, mudah bergaul dan periang.

Kelebihan sanguinis

Orang dengan tipe sanguinis terkenal dengan banyak omongnya. Karena memang memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta mengusasai pembicaraan. Tipe sanguis memiliki kenginan untuk bersenang senang cukup tinggi. Orang sanguinis suka akan ketenaran dan menjadi pusat perhatian.

Tipe kepribadian sanguis juga memiliki rasa optimistis yang tinggi. Ibarat kata tidak ada yang tidak mungkin bagi sanguis. Apapun akan dilakukan dengan optimis dan positif thinking, berbeda jauh dengan melankolis.

Orang ini juga humoris dan mudah bergaul, sehingga biasanya orang sanguinis memiliki banyak teman. Mereka suka mengeluarkan lelucon yang dapat membuat perut orang disekitarnya tertawa terpingkal-pingkal.

Sedangkan emosi mereka juga cepat berubah seperti Plegmatis. Bisa jadi saat ini dia terlihat begitu bahagia, namun satu jam kemudian bisa jadi murung atau sedih.

Sisi negatif sanguinis

Orang dengan tipe sanguis kebanyakan berfikiran pendek, sulit berkonsentrasi dan memiliki jadwal hidup yang tidak teratur. Orang sanguis dapat stres jika dirinya sedang berada dalam situasi yang membuat hidupnya terasa tidak menyenangkan. Hal itu disebabkan karena orang sanguis takut bila ia tidak populer.

Kelebihan sanguinis

  • Suka bicara didepan umum (jago bicara)
  • Penuh keceriaan dan rasa ingin tahu
  • Pembicaraan tertaratur, menarik pendengar, emosional dan demonstratif
  • Antusias tinggi  dan ekspresif
  • Mudah berubah ( memiliki keinginan)
  • Berhati tulus dan jiwa kekanak-kanakan
  • Suka berkumpul sekedar untuk bertemu dan bicara
  • Kebanyakan memiliki kebahatan didepan umum
  • Mudah berteman baik
  • Suka dengan pujian dan ingin selalu menjadi pusat perhatian
  • Mudah memaafkan dan tidak menyimpan dendam
  • Pandai beriinisiatif mencari kegiatan untuk menghindari keadaan yang membosankan
  • Suka hal yang bersifat spontan

Kekurangan Sangunis

  • Kebiasaan Suara dan tertawa yang terlalu keras
  • Suka memperbesar segala hal
  • Sulit untuk diam
  • Mudah dipengaruhi oleh orang lain atau lingkungan
  • Berlebihan menganggap sesuatu yang sepele
  • Konsentrasi dan berpikir pendek
  • Banyak bicara minim aksi
  • Suka plin-plan (berubah-ubah)
  • Kebiasaan terlambat
  • Jadwal harian yang tidak tertata
  • Bukan pendengar yang baik.
  • Suka mendominasi suatu obrolan
  • Sikap Egoistis
  • Suka mengulang cerita yang sama, bahkan kadang orang lain bosen untuk mendengarnya

Kepribadian Korelis alias Si Kuat

4 tipe kepribadian manusia
Sumber : yukbisnis.com

Kepribadian koleris menjadi salah satu kepribadian manusia yang disebabkan oleh cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan chole. Orang yang choleris adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang menarik juga. Beberapa kepribadian korelis seperti hidup penuh semangat, kerja keras, daya juang tinggi, orang yang optimistis. Selain itu, orang korelis mudah marah, suka mengatur, merasa menjadi penguasa, pendendam, dan serius.

Sisi Positif Korelis

Orang tipe kepribadian korelis mudah berkepala panas, mudah dibangkitkan gairahnya. Namun juga mudah menjadi tenang jika melihat lawan yang dihadapinya mengaku kalah.

Kepribadian korelis adalah orang yang sibuk, tetapi dia tidak suka bila berada dikesibuka. Orang ini akan lebih memilih untuk memberikan perintah, sedang dirinya sendiri tidak mau diganggu orang lain yang sedang menjalankan perintahnya.

Dia suka bila dipuji, apalagi dipuji di depan umum. Ciri fisiknya ialah suka menjaga penampilan, kemegahan dan formalitas, bangga dan cinta  pada diri sendiri. Orang ini juga sopan tetapi dengan cara yang formal. Sedangkan dia juga bisa sakit hati luar biasa jika orang lain menolak ajakannya.

Ada sedikit kemiripan orang koleris dengan sanguis yaitu dua kepribadian ini memiliki ciri muda bergaul dan optimistis. Selain itu, kepribadian korelis juga jago berbicara didepan umum.

Sisi Negatif Korelis

Kepribadian korelis ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang lain. Sikapnya tidak mau melihat ada orang berdiam diri saja sementara dirinya sibuk kerja. Orang korelis suka berbagai macam tantangan, suka berpetualang, dan sikap mereka terkenal tegas.

Jadi jika kamu melihat orang yang gigih berjuang bisa jadi ia memiliki kepribadian korelis. Karena memang sifatnya yang juga pantang menyerah dan juga mengalah.

Tipe orang korelis adalah mudah tidak sabaran, segalanya sesuatu harus cepat. Orang korelis memang memiliki sifat keproduktivitasnya cukup tinggi. Sikap negatis lainnya ialah mudah sekali marah, dan suka berprilaku kasar. Hati-hati kalau cari pasangan yang korelis ya. (bercanda ya hehe)

Berbeda dengan plegamatis yang cinta damai, orang korelis suka perkara kontoversi dan pertengkaran. Selain itu kurang memiliki rasa simpati dengan sesama, suka memperalat orang lain. Jika marah juga sulit untuk memaafkan.

Kelebihan korelis

  • Suka memimpin, pandai membuat keputusan, dinamis dan aktif
  • Selalu membutuhkan perubahan dan suka mengkoreksi diri
  • Memiliki kemauan yang keras untuk mencapai tujuan
  • Berjiwa mandiri dan bebas
  • Berjiwa berani menghadapi masalah dan tantangan
  • Pandai mencari solusi yang cepat dan praktis
  • Dalam bekerja mampu fokus pada produktivitas
  • Pandai membuat rencana kedepan
  • Tertarik mengatasi tantangan
  • Individualis
  • Cerdas memimpin
  • Visi kedepan jelas
  • Mampu bersikap terbaik disaat keadaan darurat

Kekurangan korelis

  • Tidak dapat sabar dan mudah marah
  • Suka memberi perintah
  • Semangat yang berlebihan
  • Mencari hal kontroversi
  • Sikap yang terlalu kaku
  • Kurang memiliki simpati dan empati
  • Kurang suka hal yang bertele-tele
  • Mengambil keputusan yang kurang matang
  • Suka memanfaatkan dan memperalat orang lain
  • Melakukan apapun agar tercapai tujuan
  • Sulit mengaku salah dan meminta maaf

Sekian ulasan mengenai 4 kepribadian manusia yaitu kepribadian Melankolis, kepribadian Plegmatis, kepribadian Sanguinis, kepribadian Korelis. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

2 pemikiran pada “4 Kepribadian Manusia yang Perlu Kamu Ketahui Cek Kepribadianmu”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.