7 Jenis Kucing Hutan Beserta Cara Menjinakkan dan Merawatnya

Jenis Kucing Hutan – Kucing Hutan merupakan hewan yang banyak diminati untuk dipelihara. Bukan karena manjanya atau bulu yang panjang dan halus. Namun, kucing liar atau hutan banyak diminati karena lebih agresif, aktif dan pemberani.

Bila kebanyakan kucing kampung berburu tikus rumah yang berukuran kecil. Kucing hutan dapat berburu tikus besar, burung dan reptil. Bahkan hewan yang berkali-kali lebih besarpun juga diburu kucing ini seperti kerbau.

Nah, karena keunikan hewan ini dan banyak yang penasaran. Pada artikel penulis akan mengulasnya, dari jenis-jenis kucing liar, cara merawat kucing hutan dan cara menjinakkannya.

Untuk itu baca dengan baik tulisan dibawah ini. Jangan lupa baca juga kata kata lucu yang bikin kamu ketawa habis.

Jenis Kucing Hutan

Hewan liar ini memiliki banyak jenis, dan tersebar diseluruh penjuru dunia. Dibawah ini penulis akan berbagi mengenai beberapa jenis kucing hutan. Penulis juga mencantumkan sejarah kucingnya, ciri dan sifat kucing hutan. Selengkapnya dapat dibaca pada ulasan dibawah ini.

Kucing Bengal atau Blacan

kucing hutan bengal
Sumber : petlogue.com

Kucing bengal merupakan keturunan ketiga dari persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing blacan tergolong sebagai kucing hutan, walaupun begitu banyak yang menggemari hewan ini untuk dijadikan peliharaan.

Hewan ini berasal dari California, Amerika Serikat. Ciri kucing adalah memiliki ukuran badan yang panjang dan otot-otot pada tububhnya juga kuat. Selain itu tulang tubuhnya besar dan tebal, dengan bulu rapat dan halus.

kucing bengal atau blacan dalam proses pemeliharaanya membutuhkan perawatan khusu terutama pada bukunya. Bulunya dapat dirawat dengan digosok secara lembut menggunakan sikat yang lembut.

  1. Sejarah Kucing Bengal

Kucing ras bengal merupakan hasil perkawainan silang dengan pola soptted wild cat oleh dr. Centerwall seorang ahli genetik. Pertama dr. Centerwall mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Dari perkawainan itu melahirkan anak betani dan anak kucing tersebut dikawinkan dengan ayahnya. Hasilnya lahirlah kucing bengal.

Nama latin kucing bengal adalah Leopard Cat Iaitu Felinebengalenis dan sering disingkat dengan nama Bengal Tiger Cat.

  1. Ciri fisik Kucing Bengal

Ciri fisik ras bengal adalah bentuk tubuh yang besar dan gagah. Sebagai ketunan liar, kucing bengal memiliki fisik yang kuat. Berat tubuh kucing bengal bisa mencapai 10 kirogram untuk kucing jantan. Dan sekitar 4 samapi 5 kilogram untuk kucing betina. Dominasi warna kucing ialah warna cokelat dan hitam.

  1. Sifat Kucing Bengal

Seperti kebanyak jenis kucing, kucing bengal juga termasuk kucing yang aktif dan cerdas serta pemberani. Yang membedakan denagn kucing pada umumnya ialah kucing bengal suka dengan air atau suka mandi.

Macan Dahan Benua

kucing hutan dahan benua
Sumber : www.sejujurnya.com

Macan dahan benua dengan nama ilmiahnya Neofelis nebulosa merupakan jenis kucing yang memiliki ukuran sedang.

  1. Sejarah macan dahan benua

Kucing ini banyak tersebar di daerah asia tenggara, di daerah pegunungan Republik Rakyat Tiongkok, indocina, india dan semenanjung Melayu. Sedangkan kucing ini telah punah di alam bebas.

Di indonesia juga ada macan dahan yang hidup di pulau kalimantan dan sumatera. Namun jenis itu tak dianggap satu spesies dengan macan dahan benua sejak tahun 2006.

  1. Ciri fisik macan dahan benua

Tubuh kucing dahan dapat mencapat 95 cm. Bulu kucing ini juga menarik yaitu bulu berwarna kelabu kecoklatan dan bintik hitam ditubuhnya. Dikepalanya juga terdapat bintik hitam kecil-kecil.

Macan dahan sendiri mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki yang besar serta ekor panjang dengan haris dan bintik hitam.

  1. Sifat kucing macan dahan benua

Macan dahan merupakan hewan yang aktif berburu di malam hari. Kebiasaan kucing dahan ialah mengahbiskan waktunya berada diatas pohon. Gerakan kucing ini juga lincah melompat0lompak diatas pepohanan.

Kucing Batu

Kucing hutan batu
Sumber : www.meongku.com

Kucing batu atau Pardofelis marmorata merupakan kucing hutan yang hidup di asia seallatan dan asia tenggara. Kucing ini juga masuk dalam kategori yang rentang kepunahan oleh IUCN ( Uni Internasional untuk Konversi Alam). Total populasi hewan ini kurang 10.000 kucing dewasa.

  1. Sejarah kucing batu

Dulunya kucing ini dianggap memiliki keturunan dari pantherine atau kucing besar. Kamudian analisis genetik menujukkan bahwa ia erat kainnya denga kucing emas.

  1. Ciri fisik kucing batu

Kucing batu memiliki tubuh sepanjang 46 sampai 62 cm dan panjang ekor 35 sampai 55 cm. Tubuh kucing ini bisa mencapai 5 kg. Untuk warna bulu kucing ini mirip dengan kucing dahan yaitu coklat abu-abu, kuning dan hitam.

  1. Sifat kucing batu

Kucing ini suka beburu hewan seperti burung, tupai, tikus dan reptil. Sama seperti kucing hutan lainnya, kucing batu juga aktif ketika maam hari.

Macan Dahan Kalimantan

Kucing hutan Dahan Kalimantan
Sumber : satwakalimantan.blogspot.co.id/

Macan dahan kalimantan memiliki latin Neofelis Diardi merupakan kucing liar dengan ukuran tubuh yang sedang. Hewan ini hidup di pulau kalimantan dan sumatera. Pemberian nama Borneo Clouded leopard atau macan dahan kalimantan pada 14 maret 2007 oleh WWF (World Wide Funt for Nature).

  1. Sejarah macan dahan kalimantan

Nama macan pada hewan bukan berarti macan dahan kalimantan ini sama dengan spesies macan tutul. Nama Neofelis diardi disematkan pada macan dahan kalimantan sebagai penghormatan kepada seorang penjelajah dari Prancis. Arti Felis Diardi adalah kucingnya Diard

  1. Ciri fisik macan dahan kalimantan

Macan dahan kalimantan merupakan jenis kucing pemangsa terbesar yung ada dikalimantan. Dengan tubuh yang besar dan kekar, kucing ini begitu tangguh. Berat tubuhnya mencapai 25 kg sedangkan panjangnya dapat mencapai 90 cm.

Taring giginya sepanjang dua inci, hal ini proposional dengan ukuran tengkoraknya. Bulu macan dahan kalimantan berbentuk oval tak beraturan dengan sisi tepi warna hitam dan warna hitam pada titik tengahnya.

Ekor kucing ini dapat tumbuh sepanjang dengan tubuhnya, hal ini dapat membantu keseimbangan kucing.

  1. Sifat macan dahan kalimantan

Macan dahan kalimantan memiliki banyak kebiasaan yang tidak diketahui. Karena memang sifat alami dari hewan ini penuh rahasia. Ada yang menduga kucing ini termasuk makhluk penyendiri.

Untuk berburu hewan ini banyak melakukan di atas tanah dan memanfaatkan ahli memanjatnya untuk menghindari dari bahaya.

Kucing Emas Asia

Kucing Hutan Emas Asia
Sumber : wiki.eanswers.com

Kucing emas asia atau Pardofelis temmincki, syn. Catopuma temmincki merupakan kucing hutan yang hidup di asia tenggara dengan ukuran sedang. Menurut IUCN pada tahun 2008, kucing ini masuk klasifikasi kucing yang hampir punah. Ini sebabkan maraknya pemburuan dan hilangnya habitat hidup.

  1. Sejarah kucing emas asia

Kucing emas asia hidup hampir di seluruh Asia Tenggara. Seperti Tibet, Nepal, Bhutan, India dan Bangladesh kemudian myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

Habitat yang mereka sukai dengan wilayah hutan yang diselingi daerah berbatu. Kucing ini juga bnyak ditemukan di hujan hutan topis yang hijau dan subtropis.

  1. Ciri fisik kucing emas asia

Kucing emas asia memiliki panjang tubuh dari kepala sampai ke badan sekitar 66 sampai 105. Panjang ekor kucing ini juga mencapai 40 sampai 57 cm. Berat tubuhnya berkisar antara 9 sampai 16 kg, atau lebiuh besar tiga kali dari ukuran kucing peliharaan.

  1. Sifat kucing emas asia

Sepeti pada umumnya seekor kucing, kucing emas asia aktif ketika malam hari. Kucing emas asia dapat menaiki pohon dengan cepat cepat. Hewan ini berburu burung, tikus yang besar serta reptil.

Kucing ini kuat mampu menjatuhkan mangsa yang lebih besar dari tubuh mereka. Contohnya sapi kerbau, hewan ini mampu memangsa hewan yang memilii tubuh lebih besar.

Ciri suara mereka ialah mendesis, mengong, mendengkur dan mengeram. Cara berkomunkasi kucing ini juga unik yang dengan menandai aroma, penyemprotkan urin, menggaruk pohon dengan mencakar. Bisa juga kucing akan menggosakkan kepala dengan berbagai barang.

Kucing Kuwuk

kucing kuwuk
Sumber : www.heardcountyrecreationdepartment.com

Kucing kuwuk atau kucing congkok dengan nama latin Prionailurus Bengalensis merupakan kucing hutan yang berukuran kecil. Kucing jenis ini banyak ditemukan di Asia Selatan dan Timur.

Pada tahun 2002 kucing masuk dalam spesies berisiko rendah oleh IUCN (Uni Internasional untuk Konversi Alam). Hal ini disebabkan kucing terdistribusi secara luas. Akan tetapi kucing ini juga terancam punah karena habitat dan perburuan di beberapa wilayah.

  1. Sejarah kucing kuwuk

Kucing kuwuk memiliki nama bahasa inggris leopard cat, berasaldari bintik-bintik seperti macan tutul.

Hewan ini memiliki penyebaran yang sangat luas. Persebaran hewan ini meluas dari wilayah Amur di Timur Rusia samai ke semananjung Korea. Ada jugu di china bahkan sampai Kepulauan Sundah di Indonesia.

  1. Ciri Fisik kucing kuwuk

Kucing kuwuk memiliki ukuran seperti kucing kampung tetapi lebih ramping dengan kaki panjang dan selapu antara jari kaki. Bulu kepala hewan ini ditandai dengan dua garis-garis warna gelap.

Warna bulu juga bermacam-macam, pada populasi wilayah selatan kucing ini berwana coklat kekuningan. Sedangakn untuk populasi di utara berwarna abu-abu perak pucat.

  1. Sifat kucing kuwuk

Sebagai bagian dari jenis kucing hutan, kucing kuwuk hidup dengan berburu. Hewan ini juga aktif dimalam hari. dengan fisik yang kuat, kucing dapat dengan mudah berburu kegelapan.

Kucing hutan jawa

kucing hutan jawa
Sumber : asianleopard.wordpress.com
  1. Sejarah kucing hutan jawa

Kucing hutan jawa merupakan kucing yang banyak berhabitat di Pulau Jawa. Walaupun nama kucing ini disebut kucing hutan, bukan berarti kucing ini hanya hidup hutan. Kadang hewan ini juga ditemukan di lahan kebun masyarakat.

Di Indonesia, hewan ini termasuk satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang. Peraturan tersebut tertuang dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999 dan ketentuan dalam undang-undang No. 5 Tahun 1990.

  1. Ciri fisik kucing hutan jawa

Ciri kucing hutan jawa hampir sama dengan fisik kucing kampung. Yang membedakannya adalah hewan liar ini memiliki ukuran badan yang lebih agak besar dibanding kucing kampung.

Kucing ini memiliki warna bulu abu-abu yang gelap dengan corak bukat-bukat pada bulu tubuh. Keahlian kucing ini ialah meloncat, memanjat pohon dan berenang. Iya kucing ini jago renang, sanget berbeda dengan kucing kampung.

  1. Sifat kucing hutan jawa

Karena hewan ini termasuk kucing liar, maka hewan ini memiliki sifat yang berbeda dengan jenis ras atau lokal. Kucing hutan jawa sulit dipelihara dikarenakan memiliki sifat yang liar dan ganas. Dan mengkhawatirkan bila menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan.

Cara merawat kucing hutan

cara merawat kucing hutan
Sumber : pixabay.com

Cara merawat kucing hutan berbeda dengan merawat kucing kampung. karena dari sifat kucing ini lebih aktif dan agresif. Oleh sebab itu pembaca perlu mengetahui beberapa hal yang harus diketahui saat memelihara hewan ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Makanan kucing Hutan

Hewan ini dapat diberi makan berupa makanan kucing yang dapat dibeli di toko hewan. Bisa juga dengan daging-daging dari daging ayam, sapi, ikan.

Untuk daging alangkah baiknya dimasak terlebih dulu, karena diberi makan daging mentah adalah makanan alami kucing ini.

Untuk minuman kucing hutan, jangan diberi susu sapi karena dapat membahayakan kucing. Bisa dengan membelikan susu khusus kucing yang dapat dibeli di toko hewan.

  1. Kandang kucing hutan

Untuk kandang kucing carikan yang nayaman dan hangat. Dengan menempatkan kucing ditempat yang aman dapat membuat kucing terjaga kesehatannya dan tidak stress. Pelu juga memilih bahan terbaik untuk kandang kucing hutan.

  1. Kesehatan kucing hutan

Kucing hutan lumayan rentan terhadap penyakit dan daya tahan tubuhnya juga rendah. Oleh sebab itu perlu untuk kucing kerap diperiksakan kepada dokter hewan. Untuk penyakit yang sering diindap kucing ini adalah penyakit distemper.

  1. Memandikan Kucing

Kucing hutan juga perlu dimandikan, karena kucing ini suka berenang. Bila kucing hanya berada didalam kandang dan tidak pernah mandi seperti kebiasaan alaminya juga kasian.

Oleh sebab itu bisa dimandikan satu minggu sekali. Dengan cara memandikan seperti kucing pada umum atau kucing ras seperti kucing persia.

Baca juga : [Panduan Lengkap] Tips dan Trik Cara Merawat Kucing Anggora

Cara menjinakan Kucing Hutan atau Liar

cara menjinakkan kucing hutan
Sumber :
pixabay.com

Kucing liar memang berbahaya untuk dipelihara. Selain karena sifat kucing yang agresif dan buas. Kucing liar atau hutan dapat memangsa hewan ternak. Oleh sebab itu perlu bagi kamu yang ingin memilihara kucing hutan untuk mengetahui cara menjinakkan kucing liar.

Kandang yang khusus kucing liar

Dengan menyediakan kandang kucing yang khusus pembaca dapat menjinakan kucing liar. Lengkpi juga dengan kebutuhan kucing seperti litter box, tempat makan, tempat minum dan mainan.

Biasakan kucing dengan kehadiran manusia disekitarnya. Dan tempatkan kandang kucing ditempat yang tidak begitu terang.

Memahami bahasa tubuh

Karena manusia tak bisa memahami bahasa lisan kucing, maka kita dapat memahami kucing melalui gerak geriknya. Bahasa tubuh kucing liar hampir sama dengan jenis kucing yang lain. Seperti tanda kucing yang akan menyerang. Dengan ciri tubuh yang terlihat gelisah dan pupil mata yang membesar serta bulu yang berdiri.

Kitten Trick

Bagi yang belum tahu Kitten Trick, merupakan cara yang dapat digunakan agar kucing tidak terlalu sering menggunakan cakarnya. Bisa dilakukan dengan memberikan mainan dan letakkan mainan deka si kucing. Supaya kucing senantiasa bermain dengan mainan tersebut.

Memberikan Hadiah

Pada umumnya kuicng akan hanya mengingat hal yang membuat ia senang atau memberi keuntungan bagi dirinya. Kucing hutan pun juga demikian, ia suka bila diberi reward.

Konsep reward dalam teori psikologi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengkondisikan kucing. Dengan membuat kucing senang, maka kucing akan melakukan tindakan yang membuatnya ia mendapatkan hadiah. Cara ini efektif mengurangi ke agresifan kucing.

Sentuhan lembut untuk kucing

Dengan menyentuh kucing secara lembut, kucing tidak akan menggunakan cakarnya. Cara ini untuk membiasakan kucing agar terbiasa dengan sentuhan tangan manusia. Bisa dengan mengajak kucing bermain, sambil mengelus bagian kepala kucing atau tubuhnya. Ketika kucing sudah terbiasa maka ia akan terbiasa dengan sentuhan manusia.

Memenuhi kebutuhan kucing

Selanjutnya agar kucing liar jinak dengan kita dengan cara mencukupi atau memenuhi kebutuhan kucing. Kebutuhan kucing yang paling dasar ialah makanan. Jangan sampai kucing liarmu kelaparan, sehingga sifat alamiahnya muncul, Seperti berburu.

Kalau yang diburu hewan pengganggu kita senang, namun bagaiaman bila yang diburu hewan ternak miliki kita atau tetangga. Bisa-bisa menjadi masalah tersendiri bukan?

 

PERHATIAN !

Kami Menjual Kandang Kucing Dengan Ukuran Yang Beragam

Untuk Kucing Hutan, Kucing Anggora, Dan Kucing Persia

Hubungi Nomer Di Bawah Ini

0856 4846 7079

Melalui Whatsapp (Klik Link)

 

Gambar kucing hutan

Berikut ini beberapa gambar kucing hutan menarik untuk hilang. Walaupun dikenal sebagai hewan liar, wajah kucing ini tetap lucu dan imut. Coba lihta beberapa gambar kucing dibawah ini.

Gambar kucing hutan
Sumber : pixabay.com

Warna kecoklatan dengan ekspresi yang lucu. Gambar kucing diatas sangat lucu, coba kita bisa mempeliharanya dirumah. Kalau diibaratkan dengan orang, kucing ini sedang ekspresi terkejut. Bisa karena kaget difoto atau yang lainnya.

Gambar kucing hutan lucu
Sumber : gratisography.com

Ekspresi wajah kucing diatas juga mirip dengan yang sebelumnya. Uniknya fotonya ketika kucing sedang asyik tidur diatas aspal putih. Jika melihatnya terus bisa membuat tertawa. Lihat juga tangan dilipatnya seola-olah sedang asyik bersantai.

Anak kucing hutan

Tahukah kamu anak kucing hutan itu sangat lucu. Walaupun jika sudah besar kelihatan galak, saat masih berumur kecil kucing ini sangat imut. Coba lihat foto dibawah ini. Hewan ini sedang menginginkan kucing yang ada didalam akuarium. Seolah-olah bisa menangkap dan memakannya.

Anak kucing hutan
Sumber : pixabay.com

Warna kucing kecoklatan dengan garis warna hitam membuatnya mirip dengan macan tutul. Ya bisa dikatakan versi mininya dari macan yang ada di hutan. Walaupun memiliki tubuh yang sama. Anak kucing lebih menarik saat dilihat dan tentu bisa dirawat dengan mudah.

Suka teripang? Cek toko kami jual teripang laut harga murah & lengkap

Video Kucing Hutan

Ada banyak cara untuk menjinakkan kucing liarseperti yang telah dijelaskan diatas. Nah, dibawah ini ada contoh video kucing hutan ketika sedang dijinakkan. Bagi kamu yang penasaran segera lihat videonya dibawah ini.

Harga kucing hutan

Harga Kucing jenis ini juga bervariasi, tergantung dari jenis kucing hutan yang mana. Di bawah ini terdapat beberapa daftar harga kucing. Perlu diketahui juga bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu. Tapi kamu juga melalui prosedur resmi bila ingin memelihara hewan ini. Jangan membeli kucing secara illegal. Dan pastikan kamu benar-benar niat memeliharanya.

Harga Kucing Hutan Murah

Umur 6 bulan harga Rp 500.000

Harga Kucing Hutan Anakan Murah

Umur 3 bulan harga Rp 350.000

Macan Dahan Benua

Umur 3 bulan sampai 1 tahun harga Rp 3.000.000

Kucing Hutan Jawa

Umur 1 Tahun harga Rp 1.000.000

Macan Dahan Kalimantan

Umur 1 sampai 2 tahun harga Rp 100.000.000

Kucing Hutan Sumatera

Umur 4 bulan harga Rp 450.000

Kucing Hutan Kalimantan

Umur 2 sampai 3 bulan harga Rp 400.000

Sekian artikel yang mengulas mengenai Jenis Kucing Hutan, cara merawat dan menjinakkannya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jangan membagikan artikel ini bila dirasa memiliki manfaat.

4 pemikiran pada “7 Jenis Kucing Hutan Beserta Cara Menjinakkan dan Merawatnya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.