Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya [Doa]

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab – Bagi kamu yang sedang mencari bahan atau inspirasi untuk ucapan ulang tahun spesialmu. Kamu bisa membaca ulasan selengkapnya.

Oh iya, sebelumnya penulis juga mengulas dengan cukup lengkap ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Kamu bisa mengunjungi halaman tersebut untuk menambah wawasanmu.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

selamat ulang tahun bahasa arab
canva

Saling memberikan ucapan selamat ulang tahun sudah membudaya di masyrakat kita. Bahkan media sosial-pun juga sering kali menjadi pengingat kala ada pertemanan yang sedang ultah.

Bila berbicara kekinian, maka akan mudah kita temukan para pemuda yang menggunakan ucapan ulang tahun dalam bahasa arab. Entah fenomena ini terjadi disebabkan oleh apa, namun ini mudah kita temukan disekitar kita.

Bahasa arab sendiri bagi umat Islam tentu bukan sesuatu yang asing. Sebab tiap hari seorang muslim senantiasa melantukan bacaan Qur’an yang berbahasa arab.

Secara umum, banyak yang menggunakan ucapan selamat ulang tahun Islami untuk orang yang dicintainya. Sederhanya ada yang dengan mengucapkan selamat milad, atau yang lainnya.

Secara bahasa kata milad memiliki arti sebagai lahir.  Bila digabungkan akan dengan kata selamat, maka akan memiliki arti selamat untuk hari kelahiran.

Tidak cukup itu, umumnya juga disertai dengan doa keberkahan. Mungkin sahabat ibnudin juga sudah tidak asing mengenai ucapan bahasa arab ini.

Barakallahu fii umrik

Artinya adalah Semoga Allah memberikan keberkahan atas umurmu.

Doa tersebut sering kali diucapkan dengan niatan mengharapkan keberkahan dari Allah kepada umur orang tercinta bagi kita.

Untuk membalas ucapan tersebut yakni dengan mengucapkan Jazakallahu Khairan. Artinya semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Ucapan ini sebagai bentuk terima kasih atas doa yang diberikan kepadanya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa ucapan selamat ulang tahun bahasa arab yang tepat diucapakan adalah doa. Kamu bisa membuat bentuk doamu tersendiri sesuai dengan bahasa dan harapanmu.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Arab Singkat

Seringkali orang-orang lebih suka memberikan ucapan ulang tahun yang singkat untuk kawannya. Bisa disebabkan karena kesibukan yang terlalu padat sehingga tidak sempat merangkai kata. Atau bisa juga ingi memberikan ucapan yang singkat namun tetap bermakna.

Jika kamu sedang butuh pencerahan, coba gunakan pakai Qasidah ucapan ulang tahun dalam bahasa arab di bawah ini.

Lirik Qasidah Ulang Tahun – Mabruk Alfa Mabruk

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad

Semoga dapat rahmat

Dari Allahu Ahad

Hingga hidup selamat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat ulang tahun

Semoga berkah turun

Dari Allah Pengampun

Sehingga hidup rukun

Qasidah selamat ulang tahun bahasa arab ini sering kali ditampilkan pada acara sholawatan diberbagai daerah.

Konon, dikarangnya qasidah ini sebagai solusi bagi para pemuda yang kerap merayakan ulang tahun ala barat. Supaya dapat mengisi acara ulang tahun dengan hal yang baik.

Bila kamu penasaran bagaimana melantukan Qasidah mabruk alfa mabruk, simak video berikut ini.

Doa Ulang Tahun Islami Dalam Bahasa Arab

Salah satu bentuk rasa syukur ketika berjumpa dengan hari kelahiran adalah dengan memberikan doa ulang tahun. Terutama jika yang sedang ultah merupakan orang dekatmu. Semisal sahabat, Ayah, Ibu atau orang terdekat denganmu lainnya.

Berikut ini Ibnu menyajikan beberapa contoh doa yang bisa kamu lantunkan disaat hari kelahiran.

Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

 

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Arti doa ulang tahun bahasa arab:

“Ya Allah. Panjangkanlah umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Mohon Kemuliaan untuk Keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Arti Doa Mohon Kemuliaan Untuk Keluarga:

“Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.lang Tahun dalam Al Quran”

Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Arti Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan:

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Doa Mohon Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

Artinya Doa Mohon Anak yang Sholeh:

“Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).”

Doa Memohon Rezeki Yang Halal dan Baik

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.”

Arti Doa Memohon Rezeki Yang Halal dan Baik:

“Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Demikian artikel mengenai Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab dan Doa Ulang Tahun Islami. Semoga bermanfaat untuk sahabat Ibnudin sekalian dan semoga berkah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.