10+ Contoh Makalah yang Baik dan Benar [PDF+DOC] Update!

Contoh makalah yang baik dan benar – Selamat datang pembaca ibnudin. Gimana tugas-tugas kuliahmu? Sudah selesai semua kah? Atau masih kebingungan terutama ketika mengerjakan tugas penulis makalah.

Tenang sob, penulis akan membagikan banyak contoh susunan makalah yang benar dalam bentuk pdf dan doc.

Sebelumnya masuk ke ulasan contoh makalah. Tentu sobat pembaca perlu untuk mengetahui pengertian makalah serta susunan makalah yang benar. Agar nanti ketika menulis kamu dapat bekerja dengan dengan mudah dan tepat.

Langsung saja baca ulasan contoh makalah selengkapnya dibawah ini. Jangan lupa gunakan menu daftar isi untuk memudah kamu mencari apa yang butuhkan.

contoh makalah yang baik dan benar
sumber : pixabay.com

DAFTAR ISI

Kumpulan Contoh Makalah PDF

Makalah adalah salah bentuk penulisan karya ilmiah dalam bentuk yang sederhana. Walaupun begitu unsur-unsur yang ada di dalamnya juga perlu diperhatikan. Sebab hal tersebut merupakan syarat suatu karya tulis dinamakan penulisan ilmiah.

Bagi mahasiswa tentu sudah sering kali bertemu dengan tugas membuat contoh makalah. Sebab melalui makalah tersebutlah mereka bisa mempresetasikan ide-ide meraka. Yang kemudian dijelaskan pada sesi presentasi dihadapan dosen dan mahasiswa yang lain.

Sehingga untuk kalangan mahasiswa kemampuan menulis makalah sangat dibutuhkan. Untuk membuat sebuah karya ilmiah yang baik dan mudah untuk dimengerti setiap pembaca makalahnya.

Yang jadi masalah adalah dalam proses pembuatan makalah. Sering kali para mahasiwa kesulitan untuk memulainya. Bisa disebabkan karena memang kurang menguasai materi yang akan ditulis. Atau malah bingung bagaimana cara penulisan makalah yang baik dan benar.

Oleh sebab itu sobat pembaca juga perlu untuk mengetahui bagaimana susunan makalah yang benar beserta contoh makalah.

Perlu diperhatikan dalam penyusunan ialah harus sesuai dengan data. Selain itu, penelitiannya harus dilakukan dengan cara yang ilmiah. Sehingga nantinyua menghasil sebuah karya ilmiah sederhana dengan data yang obyektif.

Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Berikut ini contoh makalah yang baik dan benar. Silahkan dipelajari supaya kamu bisa membuat yang demikian. Tema makalahnya adalah mengenai kewirausahaan cocok bagi kamu anak ekonomi.

Link download makalah yang Baik dan Benar disini

Contoh Makalah Sederhana

Selanjutnya adalah contoh makalah sederhana yang mudah kamu tiru. Tema makalahnya juga sederhana yakni mengenai sepak bola.

Link download Contoh Makalah Sederhana disini

Contoh Makalah Mahasiswa

Bagi kamu yang sedang kuliah dan butuh inspirasi karya tulis, bisa cek contoh makalah mahasiswa di bawah ini.

Link download contoh makalah disini

Contoh Makalah Bahasa Indonesia

Berikut ini merupakan contoh makalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Amati dan pahami penulisannya. Jika butuh dowload link ada di bawah.

Link download makalah bahasa Indonesia disini

Contoh Makalah Penelitian

Umumnya mahasiswa tingkat akhir akan memiliki tugas penulitian. Nah, untuk kamu butuh inspirasi ini ada contoh majalah penelitian menarik.

Link download contoh makalah penelitian disini

Contoh Makalah Pendidikan

Jika kamu sedang mencari contoh makalah karakter anak bangsa. Penulis sudah menyiapkan contoh untukmu.

Link download contoh makalah pendidikan disini

Contoh Makalah Bahasa Inggris

Ada juga tugas sekolah itu yang unik yakni membuat karya tulis berbahasa Inggris. Seperti contoh makalah bahasa Inggris berikut ini.

Link download contoh makalah bahasa Inggris disini

Contoh Makalah PKn

Yang terakhir contoh makalah PKn yang mengulas mengenai kewarganegaraan. Lengkap dari pengantar, isi dan penutup.

Link download contoh makalah pkn disini

Susunan Makalah yang Benar

Contoh Susunan Makalah yang Benar
sumber : pxhere.com

Dalam penulisan karya ilmiah tentu memiliki pedoman tertentu yang dikeluarkan dari instansi pendidikan yang bersangkutan. Secara garis besar berikut ini contoh susunan makalah yang benar:

  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Kata Pengantar
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Selain itu ada beberapa macam kerangka susunan makalah, semisal lembar motto, lampiran, lembar persemabahan, dan masih banyak lainnya. Bila secara umum contoh makalah menggunakan format makalah dengan 8 susunan diatas.

Sebelum masuk pembahasan tiap bagian susunan makalah yang benar, perlu juga mengetahui beberapa hal teknis. Semisal format kertas serta sampul makalah harus sesuai standar yang telah ditetapkan. Secara umum format yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

Kertas A4 (digunakan sebagai isi tulisan dari dalam cover makalah)

Sampul Makalah menggunakan Kertas Buffalo Warna

Font : Times New Roman

Size : 12

Spasi :1,5

Margin

  • Atas : 4 cm
  • Bawah : 3 cm
  • Kiri : 4 cm
  • Kanan : 3 cm

Itu tadi beberapa hal yang berkaitan dengan teknis penulisan susunan makalah yang benar. Selain itu, makalah yang baik minimal sebanyak 10 halaman pada bagian isi. Sedang Judul, daftar isi, lampiran dan daftar pustaka makalah harus ada.

Pada intinya ketika seseorang membaca contoh makalah yang kamu buat mereka bisa memahami dan mengerti dengan jelas. Jangan sampai membahas sesuatu tema makalah setengah-setangah. Setidak jelaskan sedetail mungkin agar orang lain tidak penasaran atau malah bingung.

Contoh Cover Makalah

Dalam menyusun cover makalah memiliki format yang hampir mirip dengan tatak letak jenis karya ilmiah yang lain. Berikut ini enam hal yang harus diperhatikan saat menata tata letak contoh cover makalah dengan benar.

  1. Judul Makalah

Judul makalah adalah kalimat yang berisikan tema yang diulas pada cover makalah tersebut. Oleh karena itu perlu memperhatikan ketika membuat judul dan peletakkannya.

Letak judul contoh makalah berada dibagian atas halaman dengan posisi tengah. Sebab, yang pertama kali orang baca adalah judul. Jika pemilihan dan penempatan judul baik maka akan menarik peminat orang untuk membacanya.

Perlu dipahami saat memilih judul usahakan dapat menarik orang lain untuk membaca. Semisal menuliskan judul dengan makna yang tersirat. Bisa juga dengan judul yang sedikit membuat orang penasaran dengan makalahmu.

Dalam penulisan judul harus diperhatikan juga saat pemakaian huruf kapital dan jenis font yang digunakan.

Sebaiknya gunakan jenis font yang standart semisal tipe Arial, Times New Roman, atau defaultnya yakni Calibri. Dan jangan untuk mencetak tebal pada judul serta ukuran yang lebih besar.

  1. Tujuan Makalah

Tujuan makalah adalah penjelasan terkait makalah tersebut untuk apa. Semisal Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah kesehatan mental. Jadi penulisan makalah adalah untuk memenuhi tugas dari matkul tersebut.

Penulisan judul diletakkan dibawah judul utama makalah.  Ukuran makalahnya juga lebih kecil dibandingkan dengan judul. Contohnya bila judul memiliki ukuran 14, maka tujuan makalah memiliki ukuran 12. Sebenarnya ukuran disesuaikan juga dengan peraturan dari instansi pendidikan.

  1. Logo atau Gambar Makalah

Logo makalah diletakkan tepat dibagian tengah halaman cover atau sampul. Untuk logo akan lebih bagus bila berukuran persegi. Namun bila keadaan logo atau gambar memang tidak sama tiap sisi,  maka tata sedemikian rupa agar terlihat bagus.

Umumnya logo caver makalah berupa logo sekolah atau perguruan tinggi. Namun juga ada makalah yang menggunakan gambar yang disesuaikan dengan tema yang diulas.

  1. Data Penulis atau Penyusun Makalah

Identitas penulis makalah juga harus dicantumkan pada cover. Apabila yang menyusun makalah lebih dari satu orang, nama-nama yang terlibat tetap ditulis semuanya.

Mencantumkan data penulis merupakan salah satu syarat penulisan karya ilmiah, dalam hal ini adalah makalah. Adanya identitas penulis akan memudahkan pembaca dalam mengetahui karya siapa yang sedang dibaca.

Selain itu, juga sebagai bentuk pemilikikan terhadap karya ilmiah tersebut. Serta menghindari klaim orang lain atas karya yang telah dibuat.

  1. Nama Sekolah atau Kampus

Nama sekolah atau kampus juga harus dicantumkan pada cover makalah. Sebab nama institusi tersebut sebagai penanda dimana seseorang itu sedang menempuh pendidikan.

Pencantuman nama institusi disesuaikan dengan tempat dimana dia sedang menempuh pendidikan.

Semisal makalah yang dibuat oleh seorang mahasiswa. Data penulis yang perlu dicantumkan semisal nama fakultas dan jurusan.

Sedangkan untuk pelajar pada bagian tersebut diisi dengan nama sekolahan. Dalam penulisan nama intitusi ini menggunakan huruf kapital.

  1. Tahun Penulisan

Pada bagian paling bawah cover harus mencantumkan tahun makalah tersebut ditulis. Dengan adanya penomoran tahun penulisan akan memudahkan pembaca untuk mengetahui kapan makalah tersebut disusun.

Contoh Cover Makalah PKN

MAKALAH

IDENTITAS NASIONAL

Untuk Memenuhi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Dosen Pengampu : M. Sinung Restendy, M. Pd. I.

logo cover makalah

Disusun oleh :

Latifatul Atiqah (12345678910)

Nur Huda (12345678911)

Muhammad Hammam Defa Setiawan (12345678912)

 

FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH

JURUSAN TASAWUF PSIKOTERAPI

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Contoh Daftar Isi Makalah

Daftar isi makalah merupakan bagian terpenting dalam penulisan karya tulis ilmiah, salah satunya pada makalah. Isi pada daftar isi adalah menjabarkan tema-tema yang dibahas pada setiap bab atau sub-bab.

Adanya daftar isi juga akan memudahkan orang untuk membacanya.

Selain itu, dengan menggunakan daftar isi, pembaca akan lebih mudah memahami alur makalah. Serta makalah akan terlihat lebih rapi dan sistematis, ini juga akan menambah nilai plus pada suatu karya ilmiah.

Coba bayangkan bila suatu makalah tidak memiliki daftar isi, tentu akan sangat lucu sekali. Walaupun suatu makalah dibuat dengan bagus pada bagian isinya. Dengan tidak adanya daftar isi orang-orang akan malas untuk membacanya.

Tentu hal ini akan menurunkan kualitas makalah.

Untuk itu perlu juga mengetahui cara penulisan daftar isi yang baik dan benar. Ada beberapa kaidah dalam penulisan daftar isi yang perlu diperhatikan.

Untuk mengetahui penulisan daftar isi yang benar, sobat bisa baca dibawah ini beberapa contoh daftar isi makalah. Ada juga dalam bentuk fotmat pdf dan doc untuk lebih memudakan pembaca sekalian.

Contoh Daftar Isi Makalah Bahasa Indonesia

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI                                                                                                                         i

KATA PENGANTAR                                                                                                             ii

BAB I     PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang                                                                                                            1
  2. Rumusan Masalah                                                                                                      1
  3. Tujuan Makalah                                                                                                          1

BAB II    PEMBAHASAN

  1. Asal Mula Kemunculan dan Perkembangan Bahasa Indonesia                                   2
  2. Faktor – Faktor Bahasa Melayu Diangkat Menjadi Bahasa Indonesia                         4
  3. Peresmian Nama Bahasa Indonesia                                                                            6
  4. Peristiwa-Peristiwa Yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Indonesia              8
  5. Pentingnya Mengetahui Sejarah Pertumbuhan dan Bahasa Indonesia                      10

BAB III KESIMPULAN                                                                                                         12

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                              13

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar secara umum berisi tentang salam pembuka pada bagian paragraf awal. Kemudian membahas mengenai alasan kenapa menggunakan tema atau judul yang sudah dipilih penulis makalah. Untuk penjelasan alasan ini cukup singkat, satu atau dua paragraf saja.

Setelah itu kamu juga perlu untuk menuliskan beberapa harapan berupa saran dan kritik dari pembaca makalah. Pada bagian akhir kata pengantar disisipkan tangan penulisan, tempat, tanda tangan dan nama terang penulis makalah.

Ada yang perlu untuk diperhatikan saat penulisan kata pengantar. Terutama mengenai kerapian susunan kalimat dan penggunaan bahasa-bahasa yang baik dan sesuai EYD. Sama seperti pada bagian contoh makalah yang lain. Dengan memberikan yang terbaik maka akan lebih memudahkan pembaca memahami maksud kita.

Berikut ini beberapa contoh halaman kata pengantar yang dapat dijadikan referensi:

Contoh kata pengantar makalah Pendidikan

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang  Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Dengan judul “Jenis-Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia serta Contoh Jenis-Jenis Kata” ini dengan baik tanpa ada halangan.

Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi referensi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mohon maaf bila ada penulisan kata atau tata bahasa yang masih salah dan kurang berkenan. Saran, tanggapan, dan kritik anda yang membangun sangat penulis harapkan guna menyempurnakan makalah ini.

 

Penulis

Tulungagung,September 2016

Contoh kata pengantar makalah agama Islam

 KATA PENGANTAR

                 Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya. Sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Dinasti Abbasiyah (750-1258 M)” ini dengan sebaik – baiknya.

Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Peradaban Islam. Dalam menyelesaikan makalah ini, penyusun banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun bermaksud mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Maftukhin, M. Ag selaku Rektor IAIN Tulungagung
  2. Ainun Najib selaku dosen pembimbing mata kuliah Sejarah Peradaban Islam yang telah banyak memberi masukan.
  3. Serta semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan makalah ini.

Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak untuk mengevaluasi makalah ini. Penyusun berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

 

Tulungagung, 27 September 2015

 

Penyusun

Contoh Pendahuluan Dalam Makalah

Pada bagian Kerangka Pendahuluan makalah secara umum terdiri beberapa bagian sebagai berikut ini:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan
  4. Manfaat

Untuk memahaminya penulis sediakan beberapa contoh makalah dibawah ini.

Contoh Pendahuluan Makalah Agama

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

           Perkembangan pendidikan semakin lama semakin maju hal itu tidak terlepas dari sejarah pendidikan di masa lalu. Jadi peranan kita sangat penting untuk mempelajari sejarah pendidikan apalagi kita sebagai generasi penerus jangan sampai melupakan sejarah. Kita sebagai orang Islam dan menuntut ilmu di Institut Islam tentunya harus paham akan sejarah peradaban Islam di masa lalu. Hal ini perlu agar kita mampu menganalisa dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang pernah terjadi. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai Dinasti Abbasiyah. Dan untuk lebih detailnya tentang Dinasti Abbasiyah ini akan diuraikan dalam bab Pembahasan.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latarbelakang di atas, maka masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:

  1. Kapan Dinasti Abbasiyah didirikan?
  2. Bagaimana pola pemerintahan Dinasti Abbasiyah?
  3. Bagaimana peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah?

C. Tujuan Penulisan

Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan ditulisnya makalah ini adalah:

  1. Mengetahui pendirian Dinasti Abbasiyah.
  2. Mengetahui pola pemerintahan Dinasti Abbasiyah.
  3. Mengetahui bagaimana peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.

Contoh Pendahuluan Makalah PKN

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Sebuah negara berdiri membutuhkan suatu peraturan atau biasa disebut konstitusi. Dan hampir semua negara di dunia, memiliki konstitusi baik tertulis maupun tidak tertulis. Umumnya disebut dengan undang-undang dasar atau konvensi.

Diantara Negara yang mempunyai konstitusi tertulis (written constitution) adalah; Amerika Serikat dengan demokrasi konstitusional, Indonesia dengan undang-undang dasar 45.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian dari Konstitusi?
  2. Bagaimana klasifikasi Konstitusi?
  3. Bagaimana perkembangan Konstitusi Indonesia dari masa ke masa?
  4. Bagaimana hubungan Negara dan Warga Negara?

C. Tujuan

  1. Memahami pengertian dari Konstitusi.
  2. Memahami klasifikasi Konstitusi.
  3. Memahami perkembangan Konstitusi Indonesia dari masa ke masa.
  4. Memahami hubungan Negara dan Warga Negara.

Contoh Pendahuluan Makalah Tema Pendidikan

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam realita yang ada, telah kita ketahui bersama bahwa perbedaan dalam sebuah kehidupan. Maka dari itu sudah barang tentu dan lazim dalam realita kehidupan secara efektifitas manusia saling berhubungan satu antara lainnya. Dari perbedaan daerah di dunia Indonesia khususnya. Sudah barang tentu beda daerah maka beda bahasa atau cara berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Seperti kata pepatah “lain lalang lain belalang”. Untuk mengatasi perbedaan agar menjadi sebuah vareasi hidup yang ideal. Indonesia terdiri dari beberapa pulau menetapkan bahasa pemersatu paragraph yang digunakan dan sudah di sepakati adalah bahasa ―melayu”. Seperti yang telah tertuang dalam sumpah pemuda. Akan tetapi Indonesia tidak semua/minoritas masyakatnya tidak bisa mengklasifikasikan kata yang sering di ucapkan dalam berbahasa aragraph. Maka dari itu kami mencoba mengurai tentang ―kelas kata /kategori kata dalam Bahasa Indonesia.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian kata ?
  2. Apa saja jenis-jenis kata ?
  3. Apa saja pengertian dari masing-masing jenis kata?
  4. Apa saja contoh kata dari masing-masing kata?

C. Tujuan Penulisan

  1. Untuk mengetahui jenis- jenis kata
  2. Untuk mengetahui pengertian masing-masing jenis kata
  3. Untuk mengetahui contoh kata dari masing-masing jenis kata
  4. Untuk memperoleh nilai ujian dalam mata kulia Bahasa Indonesia

D. Manfaat Penulisan

  1. Memperoleh pengetahuan tentang macam-macam kata
  2. Memperoleh pengetahuan tentang pengertian masing-masing jenis kata
  3. Memperoleh pengetahuan tentang contoh kata dari masing-masing jenis kata
  4. Metode Penulisan

Penulisan contoh makalah ini dilakukan dengan beberapa metode. Yaitu Studi Pustaka dengan mengambil beberapa sumber dari buku-buku yang berhubungan dengan judul makalah ini. Dan mengambil sumber dari internet sebegai bahan refensi atau penambahan materi sebagai pelengkap dalam makalah ini.

Contoh Pendahuluan Dalam Makalah

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Shalat jenazah adalah salah satu dari bermacam-macam shalat dan salah satu kajian dalam Fiqh. Shalat ini sering dilakukan dimasyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi. Kadangkalanya dilakukan secara mendadak yang membuat masyarakat atau kita harus siap melaksanakannya setiap waktu. Begitu pentingnya mengenai shalat jenazah membuat kami memilih tema tersebut.

Makna mengenai shalat jenazah, syarat, rukun, dan sunah-sunnahnya, yang akan dibahas dalam makalah ini dari sudut pandang empat madzhab. Dengan melihat dari empat madzhab memudahan kita dalam mengamalkan shalat jenazah ini.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud shalat jenazah?
  2. Apa saja syarat shalat jenazah?
  3. Bagaimana rukun shalat jenazah?
  4. Sebutkan sunnah-sunnah dalam shalat jenazah?
  5. Bagaimana hukum jika perempuan melakukan shalat jenazah?

C. Tujuan Pembahasan

  1. Memahami shalat jenazah.
  2. Memahami syarat shalat jenazah.
  3. Memahami rukun shalat jenazah.
  4. Memahami Sunnnah-sunnah shalat jenazah.
  5. Memahami hukum jika perempuan melakuan shalat jenazah.

Contoh Pembahasan Makalah

Pada bagian pembahasan makalah menjelaskan mengenai hasil penelitian yang dilakukan penulis makalah. Bisa dari kajian literatur perpustakaan, wawancara, observasi di lapangan, hasil eksperimen laboratorium, dan masih banyak lagi.

Isi pembahasan makalah disesuaikan dengan rumusan makalah yang telah dibuat di bagaian pendahuluan. Masih bingung kah? Lebih jelasnya kamu bisa melihat beberapa contoh makalah dibawah ini.

Contoh pembahasan makalah agama islam

BAB II

PEMBAHASAN

BIOGRAFI ABDUL SHAMAD AL – PALIMBANI

Riwayat hidup Al-Palimbani tidak begitu banyak diketahui. Sebab dalam tulisan-tulisan yang ada sekarang beliau hampir tidak memberikan keterangan tentang dirinya. Abdul Shamad Al-Palimbani adalah seorang ulama sufi kelahiran Palembang pada permulaan abad ke-18. Kira-kira tiga atau empat tahun setelah tahun 1700 M. Beliau meninggal kira-kira tidak lama setelah tahun 1203 H/1788 M. Beliau adalah putra dari Abdul Jalil bin Syeikh Abdul Wahab bin Syeikh Ahmad Al-Mahdani dari Yaman. Seorang ulama sufi di San’a, dan juga pernah diangkat menjadi mufti besar di daerah Kedah. Ketika di Palembang, Abdul Al-Jalil menikah dengan seorang wanita Palembang bernama Radin Ranti. Kemudian Radin Ranti melahirkan Abdul Shamad Al-Palimbani.

Adapun karya-karya dari abdul Shamad Al-Palimbani :

  1. Hidayat As-Salikin
  2. Sair As-Salikin
  3. Zahrat Al-Murid fi Bayan kalimat At-Tauhid
  4. Tuhfat Al-Raghibin fi Bayan Haqiqat Iman Al-Mu’minin
  5. Nasihat Al-Muslimi wa Tadzikirat Al-Mu’minin fi Fadha’il Al-Jihad fi Sabilillah
  6. Al-‘Urwat Al-Wutsqa wa Silsilat Uli Al-Ittiqa
  7. Ratib Abd Samad Al-Palimbani

RIWAYAT PENDIDIKAN ABDUL SHAMAD AL PALIMBANI

Sejak kecil Abdul Shamad Al Palimbani telah diberikan pelajaran agama oleh ayahnya sendiri. Kemudian, Abdul Jalil mengantar Abdul Shamad Al Palimbani ke Makkah dan Madinah untuk belajar dari ulama-ulama sufi. Diantaranya  Syeikh Muhammad As-Samman. Menurut Yusuf Halidi, sebagaimana dikutib Chotib Quazwain. Bahwa Al-Palimabani menuntut ilmu di Makkah bersama dengan 3 kawan dari nusantara. Yakni Muhammad Arsyad Al-Banjari, Abd Wahab Bugis dari Sulawesi Selatan, dan Abd Rahman Masri dari Jakarta. Mereka menjadi empat serangkai yang sama-sama belajar tarekat di Madinah dari Syeikh Muhammad As-Saman.

Al Palimbani mungkin pernah mempelajari tasawuf mendalam sebelum beliau pergi ke Makkah. Melalui kitab tasawuf karangan para sufi Aceh. Sehingga dalam karangan Al-Palimbani Sair As-Salikin. Beliau menyebut beberapa kitab karangan Syamsuddin As-Sumaterani dan Abdul Ra’uf Al-jawi Al-fansuri dari Singkil. Oleh karena itu mungkin Al-Palimbani merasa tidak puas dengan pelajaran taswauf di masjid Al-Haram saja. Beliau lalu berguru kepada Syeikh Muhammad Samman di Madinah.

Abdul Shamad Al Palimbani pernah bertahun-tahun bermukim di Makkah untuk mempelajari agama islam. Pada akhir abad ke 18 masehi, beliau kembali ke tanah kelahiran dengan membawa mutiara baru dalam agama islam. Mutiara baru yang dimaksudkan adalah suatu pendekatan atau metode untuk mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa.

Sebagai anak didik seorang ulama terkenal bernama Syeikh Muhammad ibn Abdul Karim Al-Samani di kota Madinah. Beliau memiliki karya, seperti yang sudah disebutkan diatas. Kitab-kitab dari Al-Ghazali banyak mempengaruhi alam pikiran Abdul Shamad Al Palimbani. Sehingga bisa jadi pemikiran tasawuf yang dikonsepsikan cenderung mengikuti gaya Al-Ghazali.

Walaupun demikian, tetap ada yang mengatakan Al-Palimbani tidak jelas corak pemikiran tasawufnya, apakah cenderung falsafi atau sunni. Terlepas dari ajaran dari Ibn ‘Arabi. Ternyata kitab-kitab yang pernah diterjemahkan Al-Palimbani digemari oleh orang-orang muslim negeri Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Bahkan sampai sekarang kitab-kitab tersebut masih merupakan pegangan pengajaran agama yang dominan di kawasan ini.

Tampaknya Al-Palimbani sangat ahli dalam bidang tasawuf. Sehingga dalam kitab sair as-salikin, beliau menyebut  lebih dari seratus kitab tasawuf, serta mengklasifikasikan menurut isi masing-masing. Kitab tersebut bisa dibaca oleh orang awam (mubtadi), orang yang sudah tingkat menengah (mutawasith). Serta orang yang sudah mencapai tingkat penghabisan (muntahi).

Semua kitab tasawuf mungkin sudah dibaca Al-Palimbani dalam kadar tertentu. Namun tasawuf tidak hanya didapat membaca buku. Tetapi harus ditempuh melalui pengalaman. Lalu al-palimbani mengambil tarekat al-khawatiyah melalui syeikh muhammad As-Samman di madinah. Ketika menulis dua kitab, yakni hidayat as-salikin dan sair as-salikin, dapat diperkirakan Al-palimbani telah mencapai kematangan sebagai seorang sufi.

AJARAN TASAWUF AL-PALIMBANI

Syeikh Al-Palembani  memiliki ajaran Tasawuf yang menarik. Ajaran Beliau merupakan hasil jalan tengah antara ajaran tasawuf Imam Al-Ghazali dan ajaran ´wahdatul wujud´ dari Ibnu Arabi.

Bahwa manusia sempurna (insan kamil) merupakan manusia yang memandang hakikat Yang Maha Esa itu ke dalam fenomena alam yang bermancam-macam. Tentu dengan tingkat makrifat yang sudah tertinggi. Sehingga mampu ´melihat´ Allah s.w.t sebagai ´penguasa´ mutlak. Berikut ini ajaran Syeikh Al-Palembani:

Tentang Nafsu

Al-Palimbani tidak puas dengan ajaran Al-Ghazali tentang tiga tingkatan jiwa (nafs) manusia (ammarah, lawwahmah, muthma’inah). Dengan tingkat terakhir dengan ketentraman dan kemantapan menerima segala keadaan yang dihadapi dalam hidup di dunia ini. Beliau memilih ajaran tujuh tingkatan jiwa  yang berakhir dengan kemampuan mengarungi kehidupan dunia yang penuh dengan kesesatan. Untuk melaksanakan misi sucinya: membawa ke jalan Allah.

Syeikh Abdus Shamad memperkenalkan pembagian nafsu dan cara mengatasinya dengan zikrullah sampai tujuh martabat:

  1. Nafs – al-Ammarah
  2. Nafs al-Lawammah
  3. Nafs al-Mulhamah
  4. Nafs al- Muthmainnah
  5. Nafs al- Radliyah
  6. Nafs al- Mardiyyah
  7. Nafs al-Kamilah

Ajaran 7 tingkatan nafs dari Syekh Al Palimbani merupakan pelengkap dari ajaran Martabat Tujuh yang disesuaikan dengan ajaran Tasawuf Al-Ghazali. Nafs yang diasuh melalui Suluk berpindah tempat dan berubah ubah mengikuti tingkat keruhanian penyucian jiwa sesorang.

Ketika kuat dipengaruhi keduniaan dan hawa nafsu ia bertempat di dada. Pada peringkat kelima ia memilikki Alam Lahut yakni Zat Allah disebut sebagai Mertabat Ahadiah. Pada tingkat tertinggi ia memandang yang banyak itu Satu dan yang Satu itu Banyak. Yang Satu itu adalah Allah.

Tentang Martabat Tujuh

Dalam karya Abdul Shamad Al-Palimbani sair as-salikin dikutib oleh Chotib Quzwain. Wujud allah ta’ala dapat dikenal dengan tujuh martabat sebagai berikut :

Martabat ahadiyyatul ahadiyah

Ibarat keadaan semata-mata wujud zat (esensi) Allah swt, memandang dengan hati akan semata-mata wujud zat (esensi) Allah ta’ala. Dengan tiada iktibar sifat, asma dan af’al-Nya (perbuatan-perbuatan).

Martabat al-wahidah

Ibarat Allah ta’ala dengan wujud zat (esensi), segala sifat dan segala maujud atas jalan perhimpunan. Dengan tiada beda setengah dengan setengah-Nya.

Martabat Al-wahidiyah

Ibarat ilmu Allah ta’ala mengenai zat (esensi), segala sifat-Nya dan segala makhluk atas jalan perceraiannya setengahnya darli setengahnya.

Martabat ‘alam arwah

Ibarat suatu kondisi yang halus semata-mata dan belum pernah menerima susun serta belum berbeda setengahnya dari setengah lainya.

Martabat ‘alam mitsal

Ibarat keadaan suatu yang halus, yang tiada menerima susun. Yang tiada dapat diceraikan setengahnya dari setengahnya,dan tidak menerima pesuk dan tiada menerima bertampal.

Martabat ‘alam al-ajsam

Ibarat keadaan suautu yang disusun dari empat perkara. Yakni api, angin, tanah dan air sekalian yang kasar menerima bersusun dan bercerai-cerai setengahnya dari setengahnya.

Martabat ‘alam al-jami’ah dinamakan pula martabat ketujuh ini akan martabat at-ta’ayun al-akhir, yakni kenyataan zhahir allah ta’ala yang kemudian sekali.

Tentang Syari’at

Syekh al-Palimbani meyakini bahwa Tuhan hanya bisa didekati dengan cara membangun keyakinan yang benar pada ke-Esaan Tuhan yang mutlak. Serta ketaatan pada seluruh ajaran-ajaran syariat.

Beliau memberikan penekanan untuk lebih banyak penyucian pikiran dan perilaku moral daripada pencarian mistisisme spekulatif dan filosofis.

Tentang Makrifat

Menurut Al-Palimbani terkait makrifat para ahlu tasawuf. Kesempurnaan seorang sufi belum tercapai apabila dalam pengasingan diri dari segala kesibukan hidup kemasyarakatan, beruzlah dan berdzikir mengingat allah saja. Melainkan juga dalam keterlibatan aktif dalam arus kehidupan dunia nyata ini memancarkan asma’allah yang mulia melalui amal perbuatan nyata. Sehingga keesaan Allah yang mulia melalui amal perbuatan nyata. Serta keesaan allah yang mutlak dalam keanekaragaman yang memenuhi alam kehidupan ini. Dapat dipandang dalam keesaan mutlak (musyahadah al-wahdah fi al-katsarah dan musyahadah al-katsrah fi wahdah).

R.O Winstedt menunjuk dua buah tulisan al-palimbani yaitu hidayat al-salikin dan sair al-salikin tersebut sebagai contoh. Bahwa pada abad ke-18 M para ulama dikawasan ini telah kembali kepada tasawuf sunni al-ghazali. Dan meninggalkan ajaran wahdat al-wujud (sejenis pantheisme yang bercorak acosmisme). Dalam kitab hiadayat as-salikin dan sair al-salikin, keduanya memberikan suatu bentuk tasawuf yang menggabungkan ajaran kerohanian.

Dua buah kitab Al-Palimbani tersebut memang dikatakan terjemahan dari kitab-kitab Al-Ghazali, bidayat dan ihya’ ulum al-din. Tetapi pengertian terjemahan pada masa itu nampaknya tidak sama dengan pengertian sekarang dalam dua buah kitab itu. Syekah al-palimbani memasukkan berbagai ajaran yang diambilnya dari sumber-sumber lain.

Contoh Penutup Makalah

Pada bagaian penutup makalah terdapat dua sub bab, sebagai berikut ini:

  • Kesimpulan, berisikan isi keseluruhan pembahasan makalah dalam bentuk yang ringkas, padat dan jelas.
  • Saran, berisikan beberapa kalimat harapan penulis untuk para pembaca contoh makalah untuk memberikan masukan terkait isi makalah.

Di bawah ini ada beberapa contoh penutup makalah yang baik dan dapat kamu jadikan bahan referensi makalahmu.

#1 Contoh Kata Penutup Makalah

BAB III

PENUTUPAN

A. Kesimpulan

Dari paparan ataupun uraian diatas. Kami menyimpulkan bahwa Konversi agama menurut etimologi konversi berasal dari kata lain “Conversio” yang berarti : tobat, pindah, dan berubah. Konversi memiliki arti berubahnya keyakinan dari suatu keyakinan ke keyakinan lain dalam konntek agama.

Yang menyebabkan terjadinya suatu konversi agama tidak hanya satu atau dua faktor penyebab. Bahkan para ilmuan saling bertukar pendapat tentang penyebab timbulnya suatu konversi agama. Namun mereka mengelompokkan menjadi dua faktor penyebab timbulnya kinversi agama. Yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang meliputi  kepribadian dan pembawaan (internal), keluarga, lingkungan, perubahan status dan kemiskinan.

Untuk proses suatu konversi agama kami bertuju pada pendapat Dr. Zakiah yang berdasarkan proses kejiwaan. Menurut Beliau hal tersebut terjadi melalui 5 tahap yaitu masa tenang, ketidak tenanga. Konversi itu sendiri yang merupakan inti dari beberapa tahapan. Lalu tenang dan tentram dan yang terakhir adalah ekspresi konversi yang merupakan hasil dari konversi.

B. Saran

Penulis menyadari bahwa masih banyak kalimat atau pernyataan yang kurang tepat dan jelas. Secara sumber kajian pustaka juga kurang begitu memadai. Sehingga makalah yang penulis sajikan kurang dapat menjelaskan secara mendetail.

Tentu saran kritik dari pembaca sekalian merupakan sesuatu hal yang penulis harapkan. Masukan-masukan akan penulis tampung untuk memperbaiki makalah ini sebaik mungkin.

#2 Contoh Penutup dalam Makalah

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Pemikiran kalam kontemporer adalah hasil gabungan dari berbagai macam pemikiran klasik dengan pemikiran modern. Penggabungan sesuai dengan perkembangan zaman dengan pemikiran modern yang baru dikemukakan oleh para tokoh-tokoh.

Dengan tujuan memberikan kontribusi bagi kemajuan umat Islam yang saat ini semakin lemah dan kurang termotivasi. Yang disebabkan kemunduran yang dialami peradaban Islam.

Ada beberapa tokoh kalam yang berpengaruh, di antaranya:

  1. Ismail Faruqi
  2. Hasan Hanafi
  3. H.M. Rasyidi
  4. Harun Nasution.

#3 Contoh Bab Penutup Makalah

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Ekstraksi merupakan proses penyarian zat-zat berkhasiat dari berbagai jenis tanaman obat, hewan dan ikan, semisal biota laut. Zat-zat yang berkhasiat merupakan jenis zat aktif yang terdapat di dalam sel makhluk hidup tersebut. Namun sel tanaman dan hewan berbeda demikian pula ketebalannya.

Dalam proses ekstraksi dibutuhkan pelarut untuk melakukan mengambil zat-zat yang berkhasiat. Dengan tujuan akhir agar dapat mengambil komponen kimia yang terkadung didalam makhluk hidup tersebut.

Ekstraksi ini memiliki beberapa cara kerja yang masing-masing memiliki alat yang berbeda-beda dan proses yang berbeda. Serta menghasilkan sesuatu yang berbeda pula.

#4 Contoh Penutup Makalah Agama Islam

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Jiwa atau ruh dalam pandangan tasawuf begitu komplek, sangat menyeluruh. Bila psikologi semisal salah satu tokoknya bernama Freud memandang manusia dengan kebutuhan hasrat seksualnya. Atau kepribadian manusia terdiri dari id, ego dan superego. Tasawuf memberikan padangan yang lebih luas mengenai jiwa manusia, dari aspek jasmani samapi ruhani.

Tujuh jiwa itu antara lain jiwa mineral, jiwa nabati, jiwa hewani, jiwa pribadi, jiwa insani, jiwa rahasia dan jiwa mahasiswa. Ketujuh jiwa tersebut memiliki peran masing-masing. Ada yang cenderung mengarah kepada keburukan ada pula yang senantiasa menuntut kita untuk Takwa kepada Tuhan. Dalam hal ini, seperti yang kami kutip diatas, Robert frager berpendapat model sufi mengenai jiwa-jiwa ini bersifat seimbang. Bahwa ketujuh jiwa diberi ruang sama, tidak meninggikan salah satu dan merendahkan yang lainnya. Sehingga, tercipta perkembangan spiritual sejati yang mencakup tubuh, akal, dan jiwa.

Pada bagian saran bisa isi kritik atau saran yang diharapkan penulis. Selain itu bisa untuk menanggapi ulasan pada kesimpulan makalah.

Contoh Daftar Pustaka Makalah

Daftar pustaka berada di halaman paling belakang dari contoh makalah yang berisikan referensi dari penulisan makalah. Berikut ini contoh penulisan daftar pustaka makalah yang benar.

Penulisan Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Frager, Robert. 2005.  Hati, Diri, dan Jiwa, Psikologi Sufi Untuk Transformasi, Serambi: Jakarta

HAG, Tamami, Drs. 2011. Psikologi Tasawuf, Pustaka Setia: Jakarta

Mujib, Abdul. 2006. kepribadian dalam Psikologi Islam, Rajagrafindo persada: Jakarta

Bakran, Hamdani. 2006. Psikologi Kenabian, Penerbit Daristy: Yogyakarta

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

 Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2004

Robert H,T Pengantar Psikologi Agama, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2000

Rohmah, Noer, Pengantar Psikologi Agama, Yogyakarta: Teras, 2013

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

DAFTAR PUSTAKA

 Rozak, Abdul, dkk. 2000. Pendidikan Kewargaan Demokrasi, HAM & Masyarakat Madani. Jakarta : IAIN Jakarta Press.

Erwin, Muhamad. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung : Refika Aditama.

Huda, Ni’matul. 2014.  Ilmu Negara. Jakarta : Rajawali Pers.

http://hukum.unigo.ac.id/berita-29/hukum-adat-di-indonesia.html. Diakses tanggal 2 juni 2016. Pukul 14.23.

http://adeyaka-fisip12.web.unair.ac.id/artikel_detail-Pendidikan-Pancasila-dan-Kewarganegaraan-Hubungan-Negara-dan-Warga-Negara.html. Diakses tanggal 2 juni 2016. Pukul 14.23.

 

Sekian ulasan mengenai contoh makalah yang baik dan benar. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat untuk pembaca sekalian. Bagikan artikel ini bila menurut pembaca bermanfaat. Selamat belajar sobat ibnudin.

3 pemikiran pada “10+ Contoh Makalah yang Baik dan Benar [PDF+DOC] Update!”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.