Arti Pap yang Sering Diucapkan Remaja dalam Kehidupan Sosial Media

Dalam kehidupan social media remaja, seringkali kita temukan bahasa – bahasa gaul yang diungkapkan. Salah satunya adalah “pap”. Lantas apa Arti Pap yang sebenarnya?

Sebenarnya Pap merupakan salah satu singkatan yang seringkali digunakan dalam percakapan via jejaring sosial. Istilah ini sering digunakan oleh remaja di akun social media Line, WhatsApp, BBM, atau bahkan di chatting messenger pengguna Facebook.

Informasi selengkapnya tentang arti Pap yang sering diucapkan remaja dalam kehidupan social media, akan kami ulas dalam informasi di bawah ini. Check these out!

Arti Pap di Percakapan Facebook, Instagram, WhatsApp

Arti Pap sebenarnya merupakan kata yang terbentuk dari singkatan kalimat. Pap merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu Post a Picture. Post a Picture artinya adalah seseorang diminta atau dihimbau untuk memposting suatu foto kepada orang yang menginteruksikan kata perintah “pap” tersebut.

Beberapa komunikasi via jejaring sosial atau sosial media yang cukup sering menggunakan kata Pap ini diantaranya adalah Facebook, Line, BBM dan juga WhatsApp. Sementara di instagram, mungkin sedikit jarang orang menggunakan kata Pap ini karena instagram memang merupakan suatu jejaring social atau akun yang sudah menonjolkan gambar.

Jadi seseorang yang berkenalan lewat instagram akan sangat jarang menggunakan kalimat pap ini karena sejatinya semua foto yang ingin dilihat sudah bisa disaksikan di beranda atau story orang yang dimaksud.

Sejarah Munculnya Kata “Pap” dalam Interaksi Sosial Media

Istilah Pap dalam komunikasi sosial media sebenarnya awalnya terkenal di kalangan pengguna Ask.fm beberapa tahun yang lalu.

Kata pap pada awal kemunculannya dianggap menjurus kepada hal yang berbau negatif namun seiring berjalannya waktu dengan semakin maraknya penggunaan kata pap untuk berbagai kepentingan, paradigma tersebut sedikit demi sedikit hilang.

Kata Pap ini pada akhirnya sering digunakan dalam transaksi jual beli secara online. Biasanya pembeli yang ingin melihat suatu produk tertentu, mereka akan memerintahkan kepada penjual untuk melakukan upload atas barang yang ingin ia lihat. Maka pembeli tersebut akan mengatakan “pap”.

Ya, kata tersebut memang seringkali menjadi pilihan untuk meminta seseorang mengupload suatu gambar atau produk. Kata tersebut memang cenderung praktis. Dibandingkan harus mengetik “coba upload fotonya dong?”, tentu lebih simple mengatakan “pap”. Orang tersebut akan paham dengan apa yang dimaksud.

Seperti yang kita tahu juga, bahwa selain digunakan dalam transaksi jual beli secara online, istilah Pap juga sering digunakan untuk chat dengan teman. Semisal ketika teman Anda sedang bercerita mengenai pengalaman berlibur di suatu tempat dan Anda ingin tahu foto – fotonya, Anda bisa cukup berkomentar atau membalas pesan dengan “pap”. Maka dia yang paham apa yang Anda maksud, tanpa Anda jelaskan panjang lebar, dia akan mengupload foto untuk Anda lihat.

Baca juga : Arti COD Dalam Kegiatan Jual Beli Online yang Anda Harus Tahu!

Penggunaan Kata Pap dalam Interaksi Melalui Sosial Media

Penggunaan Kata Pap dalam Interaksi Melalui Sosial Media

Lalu bagaimana dengan penggunaan kata pap? Khususnya dalam berinteraksi melalui sosial media saat ini. Nah, di bawah ini ulasan lengkapnya.

Mengetahui profil asli seseorang yang dikenal di sosial media

Ketika seseorang yang memiliki suatu akun tidak menggunakan fotonya sendiri, misalkan ia menggunakan foto artis atau menggunakan profil berupa kata – kata mutiara, maka orang yang belum pernah tahu orang tersebut meminta untuk mengirimkan suatu foto dirinya yang asli. Nah, orang tersebut akan mengatakan “Pap” kepada orang yang bersangkutan.

Pap digunakan untuk mencari tahu posisi seseorang saat ini

Tidak ada orang yang mau dibohongi. Pacar yang protektif, atau teman yang sedang takut dibohongi biasanya akan mengirimkan kata Pap ini. Tujuannya cukup jelas. Orang – orang yang tidak percaya tersebut untuk mengetahui posisi asli dari teman atau pasangan apakah benar – benar sesuai yang dikatakan atau dia sedang berbohong maka digunakan kata pap ini demi mencari tahu kebenarannya. 

Untuk melihat  gambar suatu produk, dalam jual beli online

Bagi mereka yang sedang berjualan suatu produk namun tidak menyertakan gambar yang sebenarnya, maka seseorang akan menggunakan kata pap ini agar dikirimi produk yang dijual. Utamanya kata Pap dalam jual beli online sering digunakan untuk transaksi jual beli barang – barang elektronik seperti misalkan handphone, tablet, iPhone dan sebagainya.

Karena tentu dengan adanya foto yang asli, maka kita akan lebih bisa mengira – ngira bagaimana kualitas dari sebuah produk yang bersangkutan. Kita juga bisa mempertimbangkan akan tetap membeli produk yang diincar atau malah berbalik arah batal membeli setelah tahu foto yang asli dari produk yang dijual.

Contoh Penggunaan Istilah Pap

Contoh Penggunaan Istilah Pap

Ada berbagai konteks dalam interaksi social media seseorang dimana kata istilah Pap ini diungkapkan. Nah, disini kami akan berikan beberapa contoh penggunaan istilah Pap dalam interaksi sosial media yang seringkali dipergunakan. 

Penggunaan kata Pap dalam percakapan online dengan teman baik melalui WhatsApp, BBM, Facebook atau yang lainnya :

Ira : “Kamu dimana? Kok belum sampai juga sih? Katanya mau kesini pukul 3 sore. Kok kamu belum datang juga? Aku sudah menunggu lama ini!”

Retno : “Sorry Ira, ini aku masih dijalan. Macet disini!”

Ira : “Masa sih, coba Pap!”

Kebanyakan penggunaan kata Pap di WhatsApp dalam percakapan antar teman, digunakan ketika seorang teman merasa tidak percaya dengan kondisi teman yang sedang diajak berinteraksi.

Contoh lain penggunaan kata Pap adalah dalam konteks percakapan antara seseorang dan pacar. Contoh penggunaan Pap dalam interaksi Anda dan pacar sebagai berikut :

Cewek : “Yang, jadi kesini?”

Cowok : “Sepertinya tidak. Aku tiba – tiba ada acara kantor nih Yang. Aku harus rapat sama dewan kerja yang ditunjuk. Nggak jadi dulu nggakpapa ya Yang?”

Cewek : “Beneran? Kok tiba – tiba rapatnya? Coba dong, Pap!”

Dalam hubungan antar pria dan wanita, banyak wanita yang ketika merasa tidak percaya dan takut dibohongi oleh pacarnya akan mengatakan hal ini. Penggunaan istilah Pap juga tidak terbatas kepada interaksi antar teman dan pasangan atas dasar ketidakpercayaan saja.

Pap juga bisa digunakan dalam konteks bahasa yang sopan, semisal :

Linda : “Ma, ada HP aku nggak dirumah? Aku kayaknya lupa nih nggak bawa ponsel! Di tas, HP aku nggak ada, ketinggalan di rumah nggak ya ma?”

Mama Linda : “Dicari dimana nih Lin. Mama Pap nanti kalau ketemu ya!”

Ya, dari beberapa contoh penggunaan kata Pap dalam interaksi sosial media diatas, kita bisa tahu bahwa penggunaan kata Pap bukan hanya menjurus pada percakapan pria dan wanita saja. Pap juga digunakan dalam dunia bisnis online, sebagai percakapan antar teman dan sarana meminta bantuan.

Jadi tentu bisa diartikan bahwa penggunaan kata Pap ini sangat luas dan tidak semua kata Pap mengandung unsur negatif. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang arti Pap yang sering diucapkan oleh remaja dalam kehidupan social media menjadi informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.