Arti COD Dalam Kegiatan Jual Beli Online yang Anda Harus Tahu!

Apa arti COD? Ya, dalam dunia bisnis online kita seringkali mendengar istilah COD yang dipergunakan. Di era bisnis online dan jual beli online sekarang ini, mungkin sebagian besar dari kita sudah sering mendengar COD.

Lantas, benarkah Anda sudah paham apa itu COD dan tahu singkatan dari COD sendiri?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan secara khusus membahas soal arti COD untuk Anda agar lebih memahami arti COD itu sendiri. Berikut informasi selengkapnya yang Anda harus simak!

Arti COD dalam Kegiatan Jual Beli Online

Arti COD

COD merupakan singkatan kata yang lazimnya digunakan dalam kegiatan jual beli online. COD merupakan singkatan kata dari Cash On Delivery. Cash On Delivery sendiri merupakan salah satu sistem pembayaran dalam perjanjian pembayaran ketika barang sudah berada di tangan pembeli atau sudah sampai di tempat pengiriman.

Dalam transaksi lain, COD merupakan suatu transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia membayar jika penjual mengantarkan barang ke alamat pembeli tanpa adanya tambahan biaya. Jadi istilahnya penjual dan pembeli sama – sama melakukan perjanjian pembayaran sesuai harga tanpa adanya tambahan biaya. Antara penjual dan pembeli sama – sama berjanji untuk saling bertemu di suatu tempat tanpa mengantarkan barang ke tempat pembeli.

Salah satu alasan besar seseorang memilih suatu transaksi dengan sistem pembayaran COD adalah karena rasa tidak percaya dan orang yang bersangkutan memastikan apakah barangnya sesuai dengan iklan, apa yang dipromosikan atau tidak.

Pelayanan pembayaran COD sendiri merupakan salah satu strategi yang dilakukan pihak penjual. Hal ini karena banyak orang yang ingin menerima barangnya lebih dulu kemudian membayarnya.

Banyak pembeli yang menginstruksikan untuk melakukan pembayaran melalui COD ketika ia merasa kurang yakin dalam pembelian suatu produk. Sehingga pembeli lebih merasa aman dalam transaksi COD karena uang akan diserahkan kepada pihak penjual dan barang langsung diterima tanpa menunggu batas waktu tertentu.

Jangkauan Layanan COD

Jangkauan Layanan COD

Walau COD menjadi salah satu alternatif transaksi yang sangat memungkinkan bagi sebuah bisnis online, namun terdapat beberapa pengecualian yang Anda juga harus pahami tentang COD dalam suatu bisnis online yang dijalankan.

Pertama, COD bukan suatu sistem yang diberikan terhadap suatu wilayah yang berbeda. Semisal Anda berada di Kalimantan, kemudian Anda memesan barang di Jawa Timur. Transaksi pemesanan barang tersebut tidak bisa dilakukan secara COD. Hal ini karena terdapatnya batasan wilayah dalam COD.

COD hanya bisa dijalankan pada suatu wilayah yang sama antara penjual dan pembeli atau lokasinya saling berdekatan satu sama lain dan masih bisa dijangkau dengan mudah.

Kemudian batasan yang kedua yaitu, penjual yang melakukan sistem COD dalam transaksinya membebankan ongkos kirim terhadap pihak penjual. Hal ini tentu sangat wajar mengingat lokasi Anda mungkin jauh dari jangkauan layanan COD toko atau suatu perusahaan. Tentu semuanya juga tergantung atas kesepakatan diantara kedua belah pihak.

Kelebihan Transaksi dengan Sistem Pembayaran COD

Kelebihan Transaksi dengan Sistem Pembayaran COD

Sistem COD merupakan sistem pembayaran atas suatu transaksi yang memberikan berbagai macam kelebihan. Adapun beberapa kelebihan sistem pembayaran dengan COD diantaranya :

  • Pembeli dapat memeriksa barang apakah barang yang dibeli tersebut benar  – benar sesuai dengan barang yang dibeli atau tidak.
  • Jika barang yang dibeli tidak sesuai, maka pembeli bisa secara langsung complain terhadap penjual atau secara langsung membatalkan kegiatan transaksi.
  • COD dapat menghindarkan adanya penipuan. Salah satunya penipuan barang yang tidak dikirim padahal pembeli sudah mengirim sejumlah uang kepada pihak penjual.
  • Menjadi jaminan bahwa toko online tidak menipu Anda
  • Lebih banyak mendatangkan pembeli. Bahkan kegiatan jual beli dengan sistem COD dapat mendatangkan pembeli sejumlah 20% jauh lebih banyak.

Kekurangan Transaksi dengan Sistem Pembayaran COD

Ya, sistem transaksi dengan pembayaran COD mendatangkan banyak kelebihan. Akan tetapi COD juga memiliki beberapa kekurangan. Setelah kita mengetahui arti COD, kelebihan dan sekarang kita akan mencari tahu apa saja kekurangan dari sistem pembayaran COD dalam transaksi jual beli.

Kekurangan COD diantaranya sebagai berikut :

  • Ketika barang sudah sampai terkadang ada banyak pembeli yang sedang diluar rumah dan membatalkan janjinya
  • Area jangkauan dari COD sangat terbatas
  • Tidak bisa menjangkau seluruh wilayah seperti dengan jasa pengiriman
  • Jenis barang yang bisa dibeli dengan sistem COD sangat terbatas. Tidak semua barang bisa menggunakan jasa layanan COD.
  • Penjual harus siap dengan pembatalan atau complain yang dilakukan pihak pembeli.

Baca juga : Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Keunggulan Transaksi Jual Beli dengan Sistem Pembayaran COD

Selanjutnya kita akan membahas apa saja keunggulan transaksi jual beli dengan sistem pembayaran COD. Tentu akan ada beberapa kelebihan yang perlu Anda tahu, cek di bawah ya.

Sangat praktis

Bagi Anda yang sudah terbiasa untuk berbelanja secara tradisional atau membawa uang tunai, tentu sistem pembelian dengan pembayaran COD sangat praktis untuk Anda. Anda tidak harus pergi ke ATM untuk melakukan transfer.

Namun, hal tersebut bukan berarti ketika COD kita tidak bisa memilih pembayaran dengan transfer. Jika Anda adalah orang yang tidak membawa banyak uang tunai, Anda bisa COD namun uangnya tetap ditransfer. Bagaimana caranya?

Caranya yaitu ketika keduanya sudah ketemuan, pihak pembeli bisa melakukan transfer melalui mobile banking atau melalui SMS banking.

Tentu nantinya setelah barang yang akan dibeli dirasa sudah sesuai dengan yang tertera pada pesanan langkah tersebut dilakukan. Kemudian si penjual bisa secara langsung mengecek apakah transaksi sudah berhasil atau tidak sebelum kegiatan penyerahan barang dilakukan.

Bisa jauh lebih teliti

COD membuat kedua belah pihak saling jujur, saling terbuka dan teliti. Dengan sistem ini, pihak pembeli bisa mengecek kondisi barang yang akan dibeli ketika ketemuan. Apakah barang masih berfungsi dengan baik atau tidak dapat diketahui secara langsung.

Biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil

Biaya yang dimaksud adalah biaya pengiriman. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pihak pembeli dan penjual yang masih tinggal saling berdekatan. Sehingga biaya pengiriman yang seharusnya mahal bisa ditekan dengan ketemuan secara langsung.

Transaksi yang aman dari tindakan penipuan

Bagi Anda yang ingin terhindar dari penipuan, maka COD adalah sistem yang harus dijalankan. Dengan bertemu secara langsung antara pihak penjual dan pembeli, tentu kita bisa tahu apakah si penjual benar – benar serius menjual produk atau tidak.

Tentunya Anda tidak ingin uang yang Anda keluarkan terbuang sia – sia begitu saja bukan? Namun setelah uang dikeluarkan, ternyata yang Anda dapatkan hanyalah sebuah transaksi penipuan. Nah, dalam meminimalisir semua kemungkinan itu, jika memang lokasinya berdekatan, sistem COD bisa dilakukan.

Mendapat teman baru

Hal yang satu ini sangat seru. Biasanya kalau Anda sering membeli dengan pembeli yang terpercaya berulang – ulang pada akhirnya menjadi langganan. Setelah menjadi langganan dan terjalin keakraban, kalian bisa menjadi teman yang baik.

Itulah arti COD dalam kegiatan jual beli serta plus minusnya. Semoga informasi yang kami berikan diatas semakin menambah wawasan kita tentang transaksi jual beli online yang sedang ngehits di lingkungan masyarakat. 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.