Kumpulan Contoh Surat Penawaran – Cara Membuat Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran – Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan surat penawaran. Ya, dalam dunia bisnis memang ada berbagai macam elemen dan aspek yang mendukungnya agar bisa berjalan dengan baik.

Surat penawaran adalah salah satunya yang menjadi aspek dan kerap digunakan dalam dunia bisnis tersebut. Selain contoh proposal usaha dan contoh laporan keuangan yang dibahas sebelumnya.

Surat penawaran sendiri merupakan salah satu jenis surat usaha yang dibuat untuk melakukan penawaran jasa atau produk ke pelaku bisnis lain. Surat penawaran ini biasanya dipakai untuk bisa menjalin kerjasama antar pebisnis.

Nah, bagi Anda yang ingin membuatnya, mengetahui contoh surat penawaran yang benar tentu menjadi sebuah kewajiban. Untuk itu, kali ini kita akan jelaskan beberapa contoh dari surat penawaran tersebut di bawah ini.

Contoh Surat Penawaran Barang

contoh surat penawaran jasa
Desain Canva oleh Ibnudin

Seperti namanya, surat penawaran barang memang sebuat surat bisnis resmi yang ditujukan untuk menawarkan barang yang Anda jual. Di mana, surat tersebut biasanya ditujukan kepada perusahaan ataupun mitra bisnis.

Dalam contoh surat penawaran barang ini tentunya memuat berbagai keterangan mengenai barang yang akan ditawarkan. Keterangan tersebut bisa mulai dari spesifikasi, harga serta garansi atau jaminan dari barang tersebut.

Format dari surat penawaran barang ini tidak berbeda dengan berbagai surat bisnis lainnya yang dilengkapi dengan kop surat hingga lampiran. Namun, perbedaan dari suat penawaran barang ini ada pada isinya.

Di mana, seperti yang sudah dijelaskan jika isi dari surat ini pada intinya adalah untuk menawarkan produk barang kepada konsumen. Anda bisa menarik konsumen atau klien Anda dengan menawarkan diskon ataupun penawaran spesial lainnya.

Contoh Surat Penawaran Jasa

Tidak berbeda dengan surat penawaran barang, surat penawaran jasa ini juga memiliki fungsi yang sama. Di mana perbedaannya hanya terdapat pada objek yang ditawarkan saja. Jika pada surat penawaran barang yang ditawarkan merupakan produk barang, maka pada contoh suat penawaran jasa ini yang ditawarkan merupakan produk jasa.

Jika pada surat penawaran jasa memuat keterangan maupun spesifikasi dari barang yang ditawarkan. Pada surat penawaran jasa ini biasanya berisi mengenai layanan atau kelebihan jasa yang ditawarkan. Tak hanya itu saja, salah stau poin penting dari surat penawaran jasa ini adalah mengenai timbal balik yang akan didapatkan konsumen.

Contoh Surat Penawaran Makanan

Pada dasarnya, surat penawaran makanan ini masih merupakan surat penawaran barang. Namun demikian, ada sedikit perbedaan dalam surat penawaran makanan ini dengan surat penawaran barang lainnya. Tentu saja, dalam membuat contoh surat penawaran makanan ini akan berbeda dengan surat penawaran barang elektronik.

Di mana, sebagai produk barang yang habis pakai, makanan memang memiliki karakter yang berbeda dengan barang lainnya. Untuk itulah, dalam surat penawaran  makanan ini Anda tidak hanya harus menjelaskan mengenai produk tersebut, namun juga pelayanan yang akan diberikan.

Contoh Surat Penawaran Harga

Surat penawaran harga adalah surat bisnis resmi yang ditujukan untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan. Di mana, dalam surat tersebut berisi mengenai penawaran harga suatu barang yang telah ditentukan spasifikasinya. Biasanya, surat penawaran harga ini sering dikeluarkan dalam suatu lelang barang. Tak hanya itu saja, suat penawaran harga ini juga bisa digunakan sebagai respon dari surat permintaan harga dari konsumen.

Di mana, dalam membuat contoh surat penawaran harga ini ada beberapa hal ang harus di perhatikan. Hal-hal tersebut diantaranya adalah mengenai deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan hingga tata cara pembayaran. Tentu saja, informasi potongan atau diskon juga menjadi salah satu hal lain yang perlu dijelaskan dalam surat penawaran harga ini.

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Dari namanya tentu Anda sudah mengetahui jika surat ini berisi tentang penawaran produk elektronik. Dalam surat penawaran barang elektronik ini Anda harus menjelaskan mengenai barang yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menjelaskan mengenai garansi dan jaminan servis pada barang elektronik yang ditawarkan tersebut.

Selain itu, contoh surat penawaran barang elektronik ini juga memiliki berbagai format. Format tersebut mengacu kepada siapa surat tersebut akan ditujukan.

Di mana, tentu saja surat penawaran barang elektronik ini akan memiliki perbedaan ketika ditujukan kepada konsumen atau suplier.

Biasanya, ketika surat penawaran barang elektronik ini ditujukan kepada supplier isinya merupakan sebuah penawaran untuk menyuplai barang dari pihak  suplier itu sendiri.

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Negosiasi merupakan suatu usaha yang umum dilakukan dalam dunia usaha atau bisnis baik oleh konsumen maupun produsen. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesepakatan mengenai suatu kerja sama ataupun transaksi yang akan dilakukan. Dengan negosiasi, suatu transaksi bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Salah stau contoh surat penawaran negosiasi biasanya dilakukan oleh suatu badan usaha untuk mendapatkan harga yang mereka inginkan mengenai suatu produk. Di mana, dengan melalui surat penawaran negosiasi ini, suatu perundingan akan berjalan lebih resmi. Tidak hanya itu saja, surat negosiasi ini juga menunjukan mengenai kredibilitas Anda sebagai mitra bisnis.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Hampir mirip dengan surat penawaran negosiasi, surat penawaran kerjasama ini juga dilakukan untuk bisa mncapai suatu kesepakatan kerjasama. Bedanya, jika dalam surat negosiasi berisi mengenai perundingan yang sudah pada tahap akhir hal tersebut beda dengan surat penawaran kerjasama.

Surat penawaran kerjasama ini biasanya dibuat oleh sebuah badan usaha atupun perorangan untuk mengajak badan usaha lain untuk menjalin kerjasama. Salah satu contoh surat penawaran kerjasama adalah suat penawaran kerjasama distributor perlengkapan elektronik. Dalam surat penawaran kerjasama ini, tentu Anda harus memperhatikan berbagai hal mengenai kerjasama yang ditawarkan. Yang paling utama adalah keuntungan yang akan didapatkan pihak yang diajak kerjasama.

Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, surat penawaran produk makanan memang harus memperhatikan berbagai hal terkait. Pasalnya, produk makanan merupakam barang habis pakai. Sehingga untuk bisa menawarkannya Anda juga harus mengetahui tips-tips tertentu.

Tentu saja, untuk membuat contoh surat penawaran produk makanan ini Anda harus mengetahui mengenai kebutuhan klien. Tidak hanya itu saja, relevansi produk makanan yang Anda tawarkan juga harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Tentu tidak mungkin Anda menawarkan produk makanan bayi untuk sebuah instansi pemerintahan.

Contoh Surat Penawaran Bakery

Sebagai salah satu jenis dari suatu produk makanan, bakery menjadi produk yang memiliki potensi besar. Di mana, Anda bisa membuat surat penawaran produk bakery ini kepada berbagai badan usaha atau instansi. Produk bakery sendiri memiliki suatu kelebihan dibandung dengan produk makanan lain. Hal itu lah yang bisa Anda manfaatkan dalam sebuah surat penawaran.

Dalam contoh surat penawaran bakery yang akan Anda buat, jelaskan mengenai keistimewaan produk bakery Anda. Selain harga yang murah, Anda bisa menjelaskan mengenai keawetan dari produk tersebut untuk disimpan lama. Hal ini penting dijelaskan dalam sebuah surat penawaran makanan.

Contoh Surat Penawaran Dalam Bahasa Inggris

Tidak berbeda seperti surat penawaran pada umumnya, surat penawaran dalam bahasa Inggris juga harus tetap memuat inti dari tujuan surat tersebut. Di mana, dalam surat tersebut tetap harus memuat maksud tujuan untuk menawarkan suatu produk barang, jasa atau bahkan kerjasama.

Yang berbeda adalah dalam hal ini Anda harus menggunakan bahasa inggris dalam penulisannya. Agar mudah dipahami, Anda harus menggunakan tata bahasa Inggris yang benar. Salah satu contoh surat penawaran dalam bahasa Inggris ini biasanya sebuah surat penawaran kerjasama pada perusahaan asing.

Contoh Surat Penawaran Resmi

Surat penawaran memang memiliki beragam cara penulisan mulai dari penulisan dengan cara sedehana hingga resmi. Hal ini terkait dengan siapa yang akan dituju dari surat penawaran yang dibuat tersebut. Ketika Anda akan memberikan surat penawaran untuk instansi pemerintah tentunya Anda harus menggunakan surat penawaran resmi.

Nah, yang membedakan surat penawaran resmi dan tidak resmi adalah mengenai tata bahasa dan detail yang dijelaskan. Biasanya pada contoh surat penawaran resmi ini akan langsung dijelaskan detail mengenai proses kerjasama secara detail. Hal ini berbeda dengan surat penawaran tidak resmi yang biasanya hanya akan menginformasikan suatu produk atau jasa. Surat penawaran resmi ini bisa Anda gunakan ketika akan menawarkan produk jasa atau barang kepada instansi-instansi pemerintah.

Cara Membuat Surat Penawaran

Dalam membuat surat penawaran, ada berbagai hal yang pelu Anda perhatikan secara seksama. Di mana, cara membuat surat penawaran ersebut akan mempengaruhi nantinya keberhasilan dari surat penawaan tersebut. Pasalnya, dalam membuat surat penawaran, selain harus memperhatikan mengenai produk yang ditawarkan, Anda juga harus memperhatikan siapa yang dituju.

Nah, ada beberapa point penting yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat surat penawaran. Beberapa hal tersebut diantaanya adalah deskripsi dan detail mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Tak hanya itu saja, dalam surat penawaran juga Anda haus meyakinkan pihak kedua mengenai perusahaan atau diri Anda. Nah, satu hal yang paling penting adalah penggunaan bahasa penulisan yang sesuai.

Di mana, penggunaan tata bahasa yang berbelit-belit biasanya membuat seseorang akan sulit untuk memahami isi dari surat penawaran tersebut. Sehingga, selain memberikan penjelasan yang detail, dalam cara membuat surat penawaran Anda juga harus simpel.

Struktur Surat Penawaran

Selain isinya, dalam membuat surat penawaran juga harus memperhatikan stuktur yang digunakan dalam penulisan. Di mana, dengan struktur yang tersusun rata dan rapih tentu akan memudahkan pihak yang dituju dalam membaca dan memahami. Nah, hal ini akan sangat menentukan apakah surat penawaran yang Anda ajukan akan dibaca atau tidak.

Pasalnya, tidak jarang ketika seseorang mendapati struktur surat penawaran yang tidak rapih membuatnya malas untuk membaca. Sehingga, jika sudah begitu tentu suat penawaran yang diajukan tentu akan sia-sia. Nah, berikut adalah struktur yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat penawaran.

  • Paragraf awal dalam sebuah surat penawaran harus berisi mengenai penjelasan dii atau perusahaan Anda. Selain itu, dalam paragaf ini, jelaskan pula mengenai prestasi ataupun produk-produk yang telah bisa Anda atau perusahaan hasilkan.
  • Struktur suat penawaran yang paling penting atau isi dapat Anda letaan di bagian tengah surat. Dalam hal ini Anda bisa menjelaskan maksud atau mengenai penawaran yang Anda berikan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan sedetail mungkin.
  • Nah, jika pada paragraf awal dan tengah Anda sudah menjelaskan, makan paragraf terakhir dari struktur surat penawaran berisi penutup. Tentu saja, selipkan sedikit informasi maupun keseriusan Anda dari penawaran tersebut dalam paagraf penutup ini.

Nah, itulah stuktur surat penawaran yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat suat penawaran. Dengan menggunakan struktur yang baik, surat penawaran akan terlihat profesional. Dengan demikian, maka hal ini akan memperbesar kemungkinan bagi para klien untuk menerima tawaran yang Anda berikan.

Di sisi lain, sebagai sebuah surat resmi tentu saja ada beberapa elemen yang wajib dicantumkan dalam struktur surat penawaran ini. Diantaranya adalah seperti kepala surat yang menunjukan identitas perusahaan. Dengan identitas dan kapabilitas yang jela maka akan membuka peluang penawaran Anda di terima.

Fungsi Surat Penawaran

Seperti yang sudah panjang lebar di jelaskan di beberapa paragraf di atas, surat penawaran merupakan sebuah surat yang bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa. Di mana, surat penawran ini bisa ditujukan untuk perusahaan, instansi atau bahkan perseorangan. Surat penawaran ini pun memuluku berbagai jenis mulai dai surat penawaran jasa hingga penawaran barang ataupun layanan

Nah, jika pada beberapa paragraf di atas sudah menjelaskan mengenai pengertian hingga contoh-contohnya, kini kita akan mengetahui fungsi surat penawaran. Di mana, seperti yang diketahui memang surat penawaran merupakan suatu hal yang cukup penting dalam dunia bisnis. Dan berikut adalah beberapa fungsi surat penawaran:

  • Perkenalan Produk
  • Promosi
  • Menjalin Hubungan Bisnis
  • Memperluas Jaringan Bisnis
  • Meningkatkan Pemasaran

Dari beberapa fungsi suat penawaran tersebut, tentu akan ditimbulkan berbagai dampak positif dari sebuah kegiatan usaha. Di mana, dampak tersebut akan berimbas pada meningkatnya penjualan ataupun omset dari perusahaan. Tak hanya itu saja, suat penawaran juga bisa digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan mitra bisnis.

Ciri-ciri Surat Penawaran

Surat penawaran merupakan sebuah surat bisnis resmi yang memiki fungsi utama untuk menawarkan suatu layanan, jasa ataupun barang. Sebagai sebuah surat bisnis, surat penawaran ini memiliki berbagai sifat. Sifat-sifat surat penawaran tersebut adalah bebas, terikat dan berjangka. Namun, selain memiliki sifat-sifat tertentu, surat penawaran juga memiliki ciri-ciri yang perlu Anda pahami.

Di mana, ciri-ciri surat penawaran tersebut diantaranya dapat Anda ketahui melalui isi yang dimuat dalam surat tersebut. Ciri yang pertama dari surat penawaran tentunya adalah memiliki produk atau jasa yang ditawarkan. Meskipun tidak jarang pula hal yang ditawarka adalah kerjasama bisnis. Namun pada intinya surat penawaran tersebut memuat mengenai sebuah penawaran kerjasama.

Ciri-ciri surat penawaran yang baik juga bisa dilihat dari seberapa bagus struktur yang digunakan. Semakin rapih strukturnya, maka dapat dipastikan jika suat tersebut memiliki kualitas yang baik pula. Di sisi lain, dengan struktur surat penawaran yang baik akan memudahkan pihak yang ditawari untuk membaca dan memahaminya.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan yang sudah kita jabarkan mulai dari contoh-contoh surat penawaran, cara membuat surat penawaran hinga struktur dan ciri-cirinya. Beberapa hal yang telah dijabarkan di atas, bisa Anda manfaatkan untuk dasar dalam membuat surat penawaran yang baik dan benar.

 

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.