6 Tips Desain Kata-Kata Romantis untuk Valentine dan Wedding Anniversary

Tahukah kamu berapa banyak uang yang disisihkan dalam setahun untuk membeli kartu romantis untuk Valentine atau ulang tahun pernikahan? Di Amerika Serikat sana, hampir 1 miliar dolar dibelanjakan untuk itu.

Belum lagi dengan membeli beragam hadiah khas perayaan itu seperti permen, cokelat, bunga, dan perhiasan.

Padahal, kartu ucapan Valentine atau kartu romantis sendiri biasanya akan dibuang begitu saja. Hal ini karena, biasanya kartu-kartu tersebut terasa kurang mengena di hati. Padahal, jika kita yang membuat sendiri kartu tersebut, tentunya kata-kata romantis itu akan menjadi lebih berkesan untuk pasangan.

Murah atau mahalnya sebuah kartu ucapan, kartu yang dibuat sendiri, dengan kata-kata sendiri, dengan desain sendiri, dan dengan pilihan bentuk sendiri akan membuat kita lebih intim dengan pasangan. Saat dipasangakan dengan hadiah mewah lain, kartu sederhana yang dibuat sendiri akan terasa lebih mewah dari apapun.

Jika membuat kerajinan seperti kartu ucapan romantis bukan keahlian kita, tidak perlu khawatir. Kini sudah ada pilihan lain. Yaitu dengan mengirimkan kartu ucapan digital. Lagi pula, kini kartu ucapan digital akan lebih mudah untuk kirimkan. Apakah itu melalui Internet, atau bahkan melalui media sosial.

Kini juga sudah ada website untuk desain kata-kata romantis yang bisa digunakan. Website tersebut juga memudahkan mereka yang belum pernah belajar desain.

Untuk kalian yang mau membuat sendiri, berikut adalah tips mendesain kata-kata romantis.

  1. Gaya Vintage Terlihat Lebih Elegan

desain kata kata romantis 2018

Desain yang terinspirasi gaya klasik atau vintage sering jadi favorit. Karena gaya desain ini bisa membuat desain menjadi tidak ketinggalan zaman walau sudah bertahun-tahun ke depan. Jadi saat dibuat, nantinya gaya 1950-an, misalnya, tidak akan ketinggalan zaman 100 tahun mendatang. Akan tetap elegan.

Cobalah untuk mencari font atau jenis huruf yang agak kuno untuk digunakan. Carilah inspirasi bentuk huruf dari poster-poster film romantis di era tersebut.

Sementara untuk warna, bisa memilih warna yang tidak terlalu mencolok. Warna-warna pastel seperti cokelat muda, krem, marun, pink muda, atau kuning pucat bisa menjadi pilihan untuk menjadi latar belakang kartu ucapan.

Buat kata-kata yang dituliskan sedikit melengkung di bagian tengahnya. Hal ini akan membuat desain menjadi tampak lebih terkesan retro.

Jika memilih huruf balok atau tebal, tambahkan efek bayangan untuk menghasilkan huruf yang lebih timbul. Jangan lupa untuk menggunakan motif pita untuk menekankan kesan vintage.

  1. Modern untuk Desain Lebih Kekinian

Walaupun gaya vintage lebih elegan, tapi tidak ada salahnya dengan ungkapan cinta lewat desain modern. Apalagi bagi mereka yang memang menyenangi gaya-gaya modern khas buatan generasi muda seperti millennial dan Gen Z. Konsep ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain kartu Valentine atau wedding anniversary digital. Yang memang lebih modern.

Cobalah lihat bagaimana desain aplikasi media sosial saat ini. Kita bisa mengikuti desain tersebut sehingga menampilkan kesan modern pada desain kartu ucapan.

Desain modern tidak perlu harus dingin, metalik, dan berwarna abu-abu millenium. Kita bisa membuatnya dengan warna-warna utama sehingga tampil lebih mencolok. Kita juga bisa membuat desain tata letak grid atau barisan kata-kata layaknya aplikasi di smartphone kita.

Jika memang senang menggunakan emoji, jangan ragu untuk menggunakannya di kartu ucapan. Karena emoji bisa menggambarkan pesan dengan cukup baik, dan juga terlihat lebih modern.

Untuk menonjolkan berbagai elemen modern tersebut, gunakan latar belakang warna putih. Warna putih akan memberikan kesan simpel atau sederhana. Mirip seperti desain modern yang mengedepankan hal tersebut. Warna putih juga akan tampak serasi dengan warna apapun.

  1. Edit Gambar Secara Digital

kata kata anniversery 2018

Jika memang kita tidak bisa mengedit gambar secara profesional tidak perlu khawatir. Karena memang aplikasi editor foto atau desain bukanlah untuk semua orang. Dan hanya desainer atau editor profesional yang biasa menggunakannya.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengedit foto secara digital di website desain langsung. Di Canva misalnya, kita bisa menggunakan foto pribadi untuk kartu ucapan yang dibuat. Hanya tinggal meng-upload-nya saja. Setelah di-upload, foto pun bisa langsung di-edit di sana.

Kita bisa menggunakan filter yang disediakan. Filter ini memiliki banyak varian, dan bisa disesuaikan dengan konsep desain kartu ucapan romantis sendiri.

Dengan meng-edit, foto yang digunakan akan terlihat lebih menonjol dan berbeda. Sehingga foto akan terasa lebih menarik juga personal.

  1. Sebenarnya Tidak Ada Aturan Pasti

Biasanya, seperti ada aturan baku bahwa kartu ucapan Valentine atau wedding anniversary haruslah berwarna merah terang atau pink. Tapi mencoba beberapa warna yang berbeda bisa memberikan dampak yang lebih menarik untuk penerimanya.

Jangan takut untuk menggunakan warna monokromatik seperti hitam atau putih untuk desain kartu romantis. Gunakan sedikit warna emas untuk tulisan atau frame gambar sehingga menambah kesam mewah. Atau bisa juga menggunakan warna silver.

Ingat lah, desain minimalis akan lebih baik karena akan membuat detail terkecil pun lebih menonjol. Selain itu, desain yang terbaik adalah yang unik dan berbeda dari desain kartu romantis kebanyakan.

  1. Merah Muda Memang Warna yang Universal

Walau begitu, jika kita memang ragu untuk bereksperimen dengan warna-warna yang berbeda, tidak ada salahnya menggunakan warna pink atau merah muda.

Tone warna merah muda sendiri bisa digunakan dan bisa cocok dengan banyak jenis desain kartu ucapan valentine atau wedding anniversary.

Warna pink bisa juga digabungkan dengan warna lain seperti warna pastel, putih atau abu-abu. Tapi, hindari menggunakan warna pink terang mencolok. Gunakan warna yang lebih kearah muda atau pucat. Sehingga lebih nyaman untuk dilihat.

Jangan lupa untuk menggunakan bingkai dalam desain dengan aksen berwarna merah muda. Dengan begitu desain akan terlihat lebih cantik untuk pasangan. Ornamen seperti hati, pita, dan juga anak panah juga bisa dimaksimalkan untuk desain kartu ucapan romantis ini.

  1. Cari Kata-Kata Romantis untuk Pasangan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari kata-kata romantis yang bisa diberikan untuk pasangan. Ada baiknya menggunakan kata-kata romantis yang dibuat sendiri. Sehingga pesan cinta bisa lebih terasa personal dan mengena di hati pasangan.

Tapi jika memang kesulitan untuk mengungkapkan perasaan cinta lewat kata-kata, jangan khawatir. Kata-kata romantis bisa dicari lewat dari film, lagu, novel, juga puisi. Ada juga website-website yang menyediakan kata-kata romantis. Sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan caption keren.

Pilih kutipan kata-kata romantis yang tidak terlalu panjang. Memang, semakin panjang pesan yang ingin disampaikan akan lebih banyak. Tapi kata-kata yang terlalu panjang bisa kurang menarik untuk disimpan dalam desain kartu. Sebaiknya, pilih kata-kata yang sederhana dan tidak terlalu panjang, sisanya bisa kita ucapkan langsung pada pasangan.

Dengan begitu, desain kartu romantis menjadi lebih menarik.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.