Pengertian Arah Mata Angin, Jenis dan Cara Menentukannya

Untuk menentukan arah kita perlu memahami dan membaca kemana suatu mata angin membawa kita. Pengertian Arah mata angin sendiri diartikan sebagai suatu panduan yang umumnya akan digunakan untuk menentukan arah suatu tempat. Arah mata angin sekarang ini ditunjukkan dengan berbagai cara untuk semakin memudahkan orang – orang yang membutuhkan informasi tentang mata angin tersebut.

Pengertian Arah Mata Angin

Pengertian Arah Mata Angin

Arah mata angin disertakan juga pada peta, navigasi dan juga informasi akurat lainnya. Untuk menentukan dimana arah mata angin, ada satu alat yang sering dipakai yaitu kompas. Kompas sangat mudah dipahami karena itu agar tidak tersesat dianjurkan orang – orang menggunakannya.

Jenis Arah Mata Angin

Janis Arah Mata Angin

Pembahasan pertama ialah beberapa jenis arah mata angin. Di bawah ini ada penjelasan yang bisa dipelajari soal arah mata angin.

Arah mata angin pokok

Jenis arah mata angin yang pertama adalah arah mata angin yang umumnya paling sering dibicarakan. Jenis ini standard memang  pada pembuatan alat sebagai elemen penunjuk arah.

Beberapa alat sebagai elemen penunjuk arah yang dipakai adalah kompas, peta dan sebagainya. Karena penggunaannya sangat mudah karena itu arah mata angin yang satu ini sangat sering digunakan di seluruh dunia. Arah mata angin pokok ini terdiri dari utara, timur, barat dan selatan.

Arah mata angin tengah

Kemudian jenis yang kedua berada diantara keempat mata angin pokok yang telah disebutkan sebelumnya. Sebagai contoh diantara arah utara dan arah timur ada arah mata angin timur laut. Nah, arah mata angin timur laut ini yang sering disebut sebagai mata angin tengah.

Pastinya selain mata angin pokok, mata angin tengah ini juga seringkali digunakan sebagai elemen untuk penunjuk arah. Namun bukan hanya arah mata angin timur laut saja karena masih banyak juga elemennya.

Selain mata angin timur laut, nama – nama mata angin lain selain timur laut yang berada di kategori arah mata angin tengah yaitu tenggara (berada diantara arah timur dan arah selatan, barat daya (berada diantara arah selatan dan juga barat), dan juga barat laut (berada diantara barat dan utara).

Arah mata angin tambahan

Jenis yang selanjutnya adalah arah mata angin tambahan yang letaknya berada diantara mata angin pokok dan mata angin tengah. Sebagai contoh diantara arah timur, utara dan timur laut disebut dengan utara timur laut.

Selain arah mata angin utara timur laut, mata angin tambahan juga terdiri atas timur – timur laut (terletak diantara timur laut dan timur), timur menenggara (terletak diantara timur dan arah tenggara), selatan menenggara (terletak diantara tenggara dan arah selatan), selatan barat daya (terletak diantara selatan dan barat daya), barat – barat daya (terletak diantara barat daya dan arah barat), barat – barat laut (terletak diantara barat dan barat laut), utara barat laut (terletak diantara barat laut dan utara).

Baca juga : Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Cara menentukan arah mata angin

Kemudian yang jadi pertanyaan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang baik dan benar? Nah, di bawah ini pembahasan mengenai penjelasan cara menentukan arah mata angin.

Cara menentukan arah mata angin dengan menggunakan kompas

Anda yang suka dengan dunia petualangan tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kompas. Nah, kompas yang menunjang kegiatan petualangan ini sebenarnya merupakan alat untuk menentukan arah mata angin. Sehingga Anda yang berpetualang tidak akan tersesat dengan membawa alat yang satu ini.

Lantas bagaimana cara untuk menggunakannya?

Untuk menggunakan kompas sebenarnya caranya sangat mudah. Cara menggunakan kompas adalah dengan Anda letakkan kompas yang Anda bawa ke permukaan yang datar. Kemudian selanjutnya tunggu saja sampai jarum yang ada di kompas tersebut sudah tenang dan tidak bergerak.

Ketika jarumnya sudah terdiam dan tidak bergerak maka secara otomatis jarum yang terdapat pada kompas akan menunjukkan arah selatan dan utara. Kemudian untuk arah yang lainnya dengan Anda perhatikan dial kompasnya.

Garis dan angka yang terdapat pada dial itu sendiri merupakan besaran yang dapat menunjukkan arah. Karenanya ketika Anda tentukan arah barat laut, Anda hanya perlu mencari angka saja yang akan menunjukkan angka yang Anda maksud pada kompas yang Anda gunakan.

Baca juga : Ucapan Selamat Malam Romantis

Cara menentukan arah mata angin dengan bayangan tongkat

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menentukan arah mata angin adalah dengan memanfaatkan bayangan tongkat. Jika Anda ingin menggunakan cara yang satu ini, cara ini akan lebih baik jika Anda gunakan ketika cuaca sedang mendukung. Cuaca yang bisa disebut sedang mendukung yaitu ketika sinar matahari cukup supaya nantinya dapat membentuk sebuah bayangan.

Seperti yang selama ini sudah kita tahu bersama – sama bahwa matahari sejak ia terbit sampai waktunya terbena,  bayangan yang akan dibentuk senantiasa bergerak dari arah timur ke arah barat. Hal inilah yang nantinya akan memberikan suatu tuntunan atau pedoman ketika Anda sedang menentukan arah mata angin.

Untuk menentukan arah mata angin dengan cara ini alat yang Anda butuhkan yaitu sebuah tongkat lurus dengan panjang sekitar 60 sampai dengan 150 cm, 1 buah tongkat lurus dengan panah ukuran 30 cm dan 2 buah batu atau jika tidak ada Anda bisa menggunakan benda lainnya yang hampir mirip dan bisa dipakai sebagai pemberat atau bisa menahan dari hembusan angin.

Cara menggunakan bayangan tongkat untuk menentukan arah mata angin adalah sebagai berikut :

  • Langkah yang pertama perlu Anda lakukan adalah dengan Anda tancapkan tongkat yang lebih panjang ke area permukaan tanah. Posisinya harus lurus.
  • Selanjutnya Anda ambil salah satu batu dan kemudian tegakkan diatas area permukaan tanah yang digunakan sebagai penanda dari ujung bayangan tongkat yang sudah terbentuk.
  • Kemudian tunggu kurang lebih sekitar 15 sampai dengan 20 menit. Maka nantinya bayangan yang terbentuk akan berubah ke arah yang dimaksud dengan sendirinya. Kemudian Anda bisa tandai pada bagian ujung bayangan dengan Anda menggunakan tongkat yang masih baru.
  • Anda bisa memastikan lagi dengan mengulang sampai beberapa kali setiap 15 menit. Anda juga bisa dengan menandai pergerakan ujung bayangan tongkat menggunakan alat berupa batu.
  • Berikutnya, Anda hubungkan kedua ujung bayangan dengan memanfaatkan suatu garis lurus dari atas permukaan tanah. Bayangan nantinya akan melakukan perpindahan arah dengan arah yang berlawanan menggunakan matahari.
  • Nantinya suatu garis akan terbentuk dengan menunjukkan arah timur sampai ke arah barat. Kemudian untuk titik yang pertama nantinya akan membentuk suatu penunjuk arah barat dan arah timur untuk titik yang kedua.

Itulah pengertian arah mata angin, jenis dan cara menentukannya yang Anda perlu tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi sebuah informasi yang dapat menambah cakrawala dan wawasan Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.