Pengertian Metodologi Penelitian – Jenis & Contoh Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian – Sebelumnya penulis sudah membahas metode penelitian pada artikel sebelumnya dengan cukup jelas. Selanjutnya pada kesempatan ini penulis akan mengulas terkait metode penelitian, dari pengerian sampai contohnya.

Secara definisi singkat, metode penelitan dapat disebut sebagai proses untuk memperoleh data. Lebih jelasnya bisa simak tulisan di bawah ini.

contoh metodologi penelitian

Pengertian Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah suatu tahapan ilmiah dalam usaha memperoleh data dari suatu objek yang diteliti. Nantinya data yang diperoleh tersebut digunakan sebagai acuan saat melakukan penelitian.

Bila dijelaskan secara rinci perkata, seperti yang penulis kutip dari wikipedia sebagai berikut:

  • Metodologi adalah suatu analisis teoretis terhadap suatu metode. Research Institute Industrial (2010) mengartikan Metodologi sebagai cara mencari atau memecahkan masalah penelitian.
  • Penelitian merupakan bentuk dari pencarian data secara sistematis untuk mengumpulkan infomasi sebanyak-banyaknya. Selain untuk keperluan pengetahuan, penelitian juga diharapkan bisa memberikan jawab atas suatu masalah.

Oleh karena itu, hakikat penelitan bisa diartikan sebagai proses mempelajari segala aspek untuk mendorong terjadinya penelitian.

Dalam prosesnya setiap manusia memiliki motivasi yang beragam, masing-masing memiliki tujuan beragam pula. Hal ini juga dipengaruhi juga oleh latar belakang dari peneliti.

Setiap manusia akan didorong oleh rasa keingintahuannya untuk bisa mengetahui suatu hal. Sebab, salah satu kebutuhan dari manusia adalah pemenuhan keingintahuan terhadap sesuatu.

Kembali pembahasan mengenai metode penelitian. Segala yang belum diketahui merupakan permasalahan yang spesifik atau disebut juga permasalahn penelitian.

Setiap peneliti memiliki kriteria tersendiri dalam menyelesaikan masalah penelitian. Oleh karena itu muncullah berbagai jenis metode dalam rangka memudahkan untuk memecahkan permasalahn penelitian.

Pada prosesnya, setiap peneliti akan berusaha untuk senantiasa mencari permasalahan (pertanyaan) secara sistematis. Gunanya adalah untuk mendapatkan informasi sekaliguss jawaban hingga mendapatkan sebuah kesimpulan.

Dari beberapa ulasan pengertian metodelogi penelitian tersebut, kita bisa mengambil beberapa kesimpulan:

Metodologi penelitian merupakan cara yang sistematis dan bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Metodologi penelitian adalah sebuah kajiah ilmiah untuk memperoleh data dari objek yang diteliti.

Sekian dulu ulasan mengenai Pengertian Metodologi Penelitian, Jenis & Contoh Metode Penelitian. Nanti akan penulis tambahkan lebih lengkap lagi.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk sahabat ibnudin sekalian.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.