Pengertian Pemanasan Global | Penyebab, Dampak, dan Proses Terjadi

Pemanasan global – Selamat datang di kanal wawasan. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas mengenai pemanasan global. Seperti yang kita rasakan, suhu semakin terasa panas. Hal inilah yang dikhawatir banyak orang karena dapat mengakibatkan melelehnya es di kutun utara dan selatan.

Mungkin itu untuk sekilas mengenai pembahasan pada artikel pemanasan global ini. Tentu sobat ibnudin masih bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan pemanasan global? Nah, untuk selengkapnya bisa dibaca pada ulasan di bawah ini.

Pemanasan global
sumber : pixabay.com

Pengertian Pemanasan Global (Global Warming)

Pengertian Pemanasan Global adalah
sumber : pxhere.com

Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata di seluruh bagian bumi, mencangkup atmosfer, laut dan daratan bumi. Penelitian menunjukkan bahwa bumi mengalami peningkatan suhu yang mencapai 0,18 derajat celcius dalam kurun waktu 100 tahun ke belakang.

Peningkatan suhu ini sudah terjadi sejak awal abad ke 20 Masehi. Hal ini disebabkan meningkatnya gas rumah kaca yang berasal dari kegiatan manusia. Kenaikan suhu bumi dapat menyebabkan es di kutub meleleh sehingga permukaan air laut naik. Kemudian juga mempengaruhi cuaca menjadi ekstrem dan terjadi perubahan pada pola jumlah dan presipitasi.

Dampak dari pemanasan global yang paling nampak adalah kualitas hasil kebun dan pertanian yang menurun. Juga glester pada kutub menghilang dan banyak berbagai jenis hewan mengalami kematian dan kepunahan secara perlahan.

Global warming adalah istilah internasional bagi pemanasan global. Hal ini sudah menjadi masalah serius di seluruh dunia. Bahkan di beberapa negara telah mengatur pengularan gas rumah kaca pada masyarakatnya. Sebagai bukti keseriusan masalah ini dilakukan sebuah protokol kyoto dengan isi untuk mengurangi penggunaan emisi gas rumah kaca.

Yuk dibaca : Bentuk latihan Kebugaran Jasmani  & Manfaatnya

Penyebab Pemanasan Global (Global Warming)

Penyebab Pemanasan Global
sumber : pxhere.com

Penyebab terjadinya pemanasan global cukup kompleks dan cenderung akan bertambah seiring waktu. Dengan kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkatkan, bahaya dari pemanasan global mungkin akan sulit dihindari. Karena memang banyak sekali aktivitas manusia yang secara tidak langsung mendorong terjadinya global warming.

Kita amati kebiasaan kita pribadi, semisal di rumah, lingkungan, dan alam. Atau juga kebijakan dari suatu negara yang secara langsung mendukung hal tersebut. Dibawah ini ada beberapa contoh penyebab pemanasan global yang terjadi di rumah, lingkungan, dan alam.

  • Penyebab pemanasan global di rumah

  1. Pengunaan listrik secara berlebihan.

Sering ditemui orang-orang yang memakai listrik secara berlebihan dan bahkan pada hal-hal yang kurang perlu. Bila di sebuah terdapat banyak elektronik yang digunakan tentu juga penggunaan listrik yang semakin tinggi pula.

Hal ini mengakibatkan energi yang dibutuhkan untuk sumber energi listrik juga semakin meningkat. Ini bukan masalah mampu atau tidaknya dalam membayar tagihan listrik. Namun pada penggunaan energi alam yang dapat mendorong terjadinya pemanasan global.

  1. Berkurangnya pepohanan hijau

Seperti yang diketahui bahwa pohon memberikan udara yang sejuk dan memiliki peran yang cukup tinggi dalam lingkungan. Pohon juga dapat mengatasi suhu panas yakni dengan menghirup gas CO2 yang merupakan gas penyebab global warming.
Saat ini untuk menanam pohon juga cukup sulit karena keterbatasan lahan. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan harga tanah sudah sangat mahal. Oleh sebab itu cara yang paling mudah adalah melindungi hutan-hutan yang masih tersisa di negara kita.

  1. Bangunan yang menggunakan konsep rumah kaca

Rumah kaca walaupun terlihat indah namun memiliki dampak yang cukup besar. Saat ini dari mulai rumah sampai gedung bertingkat tinggi menggunakan konsep rumah seperti ini. Padahal hal tersebut memiliki dampak negatif, yakni kaca tidak menyerap metahari namun memantulkannya kembali ke udara. Bila semakin banyak bangunan yang menggunakan konsep rumah kaca, maka secara tidak langsung mempercepat dampak buruk dari global warming.

  • Penyebab pemanasan global dari lingkungan

  1. Jumlah kendaraan yang meningkat drastis

Setiap tahunnya di seluruh dunia jumlah kendaraan semakin meningkat. Hal ini juga menyebabkan penggunaan bahan bakar semakin banyak. Hasil dari pembakaran mesin berupa gas CO2 menjadi salah satu penyebab global warming. Selain itu, pemanasan global juga memiliki efek pada kesehatan.

Bila pemakaian bahan bakar semakin meningkat hal ini dapat menyebabkan cadangan energi dunia akan menipis. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor juga memiliki efek buruk lain, berupa kemancetan yang cukup parah seperti di kota-kota besar.

  1. Volume asap pabrik semakin tinggi

Pabrik merupakan tempat produksi berbagai macam kebutuhan manusia. Selain itu, tempat tersebut juga menawarkan berbagai macam lapangan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Namun, adanya pabrik juga terdapat limbah yang dibuang, semisal asap.

Asap dari proses produksi pabrik meningkat tajam seiring semakin banyaknya jumlah pabrik. Limbah asap tersebut bila terkumpul banyak juga menjadi ancaman yang cukup berbahaya, yakni mempercepat pemanasan global.

  1. Pembakaran Hutan

Umumnya masyarakat membakar hutan dengan tujuan untuk pembukaan lahan untuk pertanian. Namun sering ditemui pembakaran hutan yang dilakukan secara ilegal. Bahkan dari situ kadang menyebabkan kebakaran hutan dalam jumlah yang cukup banyak.

Bila hutan semakin jarang tentu tidak ada lagi yang akan menyerap gas CO2, sehingga bahaya global warming semakin jelas. Selain itu, ada masalah lagi yang dapat muncul yakni bencana tanah longsor dan banjir.

  • Penyebab pemanasan global dari alam

  1. Lapisan ozon yang menimpis

Lapisan ozon memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi penduduk bumi dari panasnya cahaya matahari. Pada lapisan bumi tersebut memiliki fungsi sebagai penyaring dari sinar matahari supaya gelombang berbahaya tidak mencapai permukaan bumi.

Semakin banyaknya gas di udara maka dapat menyebabkan lapisan ozon bocor. Terjadi hal tersebut bisa setiap waktu, namun untuk proses mengembalikannya seperti semula membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang paling dikhawatirkan adalah bila lapisan ozon benar-benar menghilang total.

  1. Kondisi bumi yang semakin tua

Para peneliti mengatakan usia bumi sudah mencapai 4,6 milyar tahun. Sudah beribu-ribu generasi yang telah silih berganti hidup di planet ini. Ketika suatu generasi menetapi bumi ini tentunya meninggalkan perubahan pada alam ini. Sehingga bumi yang tua bisa dikatakan sudah lelah menampung kehidupan di dalamnya.

  • Penyebab pemanasan global dari pemerintah

Sebuah pemerintahan disetiap negara merupakan pusar dari setiap pengambil keputusan atau kebijakan. Bila kebijakan yang dikeluarkan mendukung mengenai penjagaan terhadap alam, tentu akan sangat bagus. Sedangkan apabila dampak yang dihasilkan buruk bagi alam, ini yang menjadi masalah. Karena dapat mendorong terjadinya pemanasan global semakin cepat. Di bawah ini beberapa bentuk kebijakan yang dapat berpengaruh pada pemanasan global.

  1. Kurang menyediakan ruang hijau di perkotaan

Ruang terbuka hijau merupakan kebutuhan dari semua makhluk hidup, terutama manusia yang tinggal di kota. Dengan di wilayah yang cukup padat, tentu keberadaan pepohanan menjadi harapan pribadi. Adanya ruang terbuka hijau juga bisa menjadi sarana refresing ditengah kesibukan, atau sebagai tempat berkumpul keluarga.

Selain itu, tempat tersebut juga memiliki fungsi untuk menanggulangi banjir serta gas-gas yang berbahaya. Namun seperti yang dapat kita lihat keberadaan ruang hijau masih jarang. Walaupun ada Hutan Kota itupun juga kurang terawat dengan baik.

  1. Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat

Terjadinya peningkatan jumlah kendaraan bermotor tentu berkaitan dengan kebijakan pemerintah. Seperti menjual kendaraan dengan harga yang sangat murah sehingga masyarakat lebih suka memakai kendaraan pribadi dibanding transportasi umum.

Selain itu, sarana transportasi umum yang kurang dirawat juga menyebabkan masyarakat enggan untuk memakai jasanya. Sehingga dengan peningkatan jumlah kendaraan pribadi, gas buang CO2 di udara juga semakin tinggi.

Akibat Pemanasan Global

Akibat Pemanasan Global
sumber : pxhere.com

Dampak global warming atau pemanasan global cukup besar dan menjadi masalah yang sangat penting untuk kelanjutan hidup manusia. Sebenarnya dampak dari pemanasan global cukup banyak sekali. Hal tersebut damapak mengancam seluruh makhluk hidup.

Di bawah ini beberapa akibat pemanasan global yang akan menjadi musibah bila tidak ditangani, diantarany sebagai berikut:

  1. Mencairnya es di kutub utara dan selatan

Pemanasan global mengakibatkan mencairnya es di kutub bumi. Daerah tersebut merupakan wilayah dengan volume es yang cukup besar. Bila suhu bumi naik secara dratis, tentu akan sangat mempengaruhi kondisi es di kutub.

Ketika suhu semakin panas, es yang berada di kutub dapat mencair. Sehingga volume es disana semakin menimpis. Hal ini dapat mengakibatkan penguapan lebih banyak serta air laut semakin banyak.

  1. Naiknya volume permukaan air laut

Ketika es yang ada di kutub utara dan selatan bumi mencair maka volume air laut juga meningkat. Sebuah data menunjukkan bahwa air laut naik sebanyak 20 sampai 25 cm selama abad 20 ini. Sebuah lembaga bernama IPCC memprediksi kenaikan air laut akan mencapai 88 cm pada abad 21.

  1. Daratan yang tenggelam oleh air

Volume air langsung yang semakin tinggi tentu memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan di daratan. Air laut yang semakin menggeser garis pantai akan terus menggerus. Sehingga wilayah daratan akan semakin terkikis dan sempit disebabkan hal tersebut.

  1. Lapisan Ozon bumi semakin tipis

Permasalahan yang ditimbulkan dari pemanasan global selanjutnya adalah menipisnya lapisan ozon bumi. Ketika gas CO2 semakin dominan di udara, menyebabkan cahaya matahari terpantul kembali ke atas. Hal ini yang menyebabkan rusaknya lapisan ozon.

Dari hari ke hari tentu lapisan semakin rusak, menipis, dan berlubang. Ketika ozon sudah tipis atau tidak ada lagi di selimut bumi. Tentu akan menyebabkan berbagai jenis ancama kepada makhluk hidup. Sedangkan untuk kembalinya ozon ke bentuk semula membutuhkan waktu yang lama.

  1. Pergantian musim dan iklim yang tidak menentu

Akibat dari pemanasan global selanjutnya adalah pergantian musim dan iklim yang tidak stabil. Keadaan tersebut membuat musim sulit untuk diprediksi. Kadang satu musim lebih dominan dan lama dibandingkan dengan musim yang lain. Semisal di suatu daerah curah hujan yang cukup panjang sedangkan panas matahari jarang nampak. Bisa juga terjadi yang sebaliknya, seperti di daerah yang kekeringan.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Proses Terjadinya Pemanasan Global
sumber : pxhere.com

Proses terjadinya pemanasan global di awali dengan cahaya matahari yang masuk ke dalam bumi. Cahaya matahari tersebut menghasilkan panas yang kemudian diserap oleh bumi sebagaian dan sisanya dikembalikan ke langit. Sedangkan diatmosfir bumi sudah terdapat banyak gas rumah kaca. Semisal gas CO2 (karbon dioksida), gas SO2 (sulfur dioksida) dan masih banyak yang lain.

Kandungan gas tersebut pada atmosfer mengakibatkan panas matahari tidak mampu dikembalikan dengan sempurna ke langit. Dan akhirnya memantul kembali ke permukaan bumi dan terperangkap didalamnya. Ini yang mengakibatkan suhu di permukaan bumi semakin meningkat dan kondisinya disebut dengan nama global warming atau pemanasan global.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global
sumber : pxhere.com

Berikut ini beberapa cara mengatasi pemanasan global dari tindakan diri sendiri, penjelasannya sebagai berikut;

  • Menghemat penggunaan listrik rumah pribadi. Karena semakin sering kita menggunakan listrik tentu energi pembangkit tenaga ini juga tinggi. Hal ini juga memicu semakin tingginya CO2 dari proses penghasil listrik.
  • Menanam pepohanan di sekitar rumah. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pohon dapat menghirup karbon dioksida yang berada di dalam udara. Dengan menanam pohon kita bisa mengurangi kandungan gas rumah kaca di atmosfer bumi.
  • Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dimulai dari diri sendiri dengan menguranginya dengan beralih menggunakan sepedah untuk transportasi jarak dekat. Selain akan membantu mengurangi gas rumah kaca, secara tidak langsung kita juga sedang menghemat pengeluaran yang biasanya dibelikan bensin.

Itu contoh hal kecil yang dapat membantu dalam mengatasi pemanasan global. Walaupun perbuatan sederhana, namun bila seluruh masyarakat mau mengaplikasikannya. Tentunya akan memiliki efek yang luar biasa.

Gambar Pemanasan Global

gambar global warming
Es di kutub utara dan selatan bumi meleleh sumber : pixabay.com
pengertian global warming adalah
Asap pabrik menyumbang gas CO2 paling besar sumber : pxhere.com
pemanasan global adalah
Contoh pemanasan global sumber : pxhere.com
makalah pemanasan global
Tanah yang mengering karena cuaca tidak menentu sumber : pxhere.com
perubahan iklim
Akibat perubahan iklim bumi sumber : pxhere.com
artikel pemanasan global
Makhluk hidup korban pemanasan global sumber : pxhere.com
penanggulangan pemanasan global
Penghijauan bumi solusi pemanasan global sumber : pxhere.com

Video Pemanasan Global (Global Warming)

Sekian ulasan mengenai pengertian pemanasan global, penyebab, dampak dan proses terjadinya global warming. Bila dirasa terdapat manfaat pada artikel ini jangan lupa membagikannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.