Karya Tulis Ilmiah – Contoh Karya Ilmiah [PDF+DOC]

Karya Tulis Ilmiah ataupun Karya Ilmiah tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bergelut di dunia pendidikan. Baik itu guru maupun mahasiswa. Ya, karya tulis ilmiah maupun karya ilmiah memang sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan.

Hal ini karena kebanyakan karya ilmiah ataupun karya tulis ilmiah yang diterbitkan. Merupakan hasil dari riset yang dilakukan lembaga penelitian maupun lembaga pendidikan seperti universitas.

Salah satu kaya tulis ilmiah yang paling umum adalah tugas akhir atau yang biasa disebut juga dengan skripsi.

Tugas akhir merupakan salah satu contoh karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa. Sebagai syarat yang harus dipenuhi ketika akan menyelesaikan pendidikannya.

Nah, namun tahukah Anda apa itu karya tulis ilmiah dan contoh karya ilmiah lainnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Jangan lupa baca cara membuat makalah dan kumpulan contoh makalah yang baik dan benar.

Pengertian Karya Tulis

Sebelum lebih lanjut untuk memahami apa itu karya tuli ilmiah. Ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui secara benar mengenai pengertian karya tulis.

Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI karya tulis terdiri dari dua kata yakni “Karya” dan “Tulis”. Menurut KBBI, karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama hail karangan).

Sementara tulis menurut KBBI adalah huruf atau angka yang dibuat dengan pena (pensil, cat dan sebagainya). Bersurat (yang sudah disetujui), yang ada tulisannya. Nah, jika merujuk pada pengertian yang ada pada KBBI tersebut.

Maka dapat kita simpulkan jika pengertian karya tulis adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk tulisan. Atau karangan yang merupakan hasil pemikian, pengamatan dan tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.

Namun demikian, karya tulis sendiri sebenarnya memiliki banyak pengertian lain. Salah satunya adalah pengertian yang menyatakan karya tulis sebagai gagasan seseorang yang dituangkan dalam sebuah tulisan.

Terlepas dari berbagai pengertian karya tulis tersebut, secara umum dapat kita simpulkan. Jika pada dasarnya semua pengertian tersebut memiliki ati yang sama.

Pengertian Karya Ilmiah

Setelah mengetahui apa itu karya tulis melalui pengertian yang disampaikan pada segmen pertama. Kini saatnya kita masuk pada segmen berikutnya yang akan mengulas mengenai pengertian karya ilmiah.

Jika merujuk pada pengertian yang tertulis di Wikipedia. Karya ilmiah diartikan sebagai laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian. Yang sebelumnya telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim.

Dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Sementara itu, ada pula yang berpendapat berbeda. Bahwa jika pengertian karya ilmiah adalah suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbentuk ilmiah.

Jika membaca kedua pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan. Jika kara ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan melalui berbagai penelitian atau pengkajian dengan memenuhi kaidah etika keilmuan.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian karya tulis ilmiah
Design via Canva

Jika pada segmen pertama kita mengulas mengenai karya tulis dan segmen kedua berbicara mengenai karya ilmiah. Maka pada segmen ini kita akan masuk pada pengertian karya tulis ilmiah.

Karya tulis ilmiah secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah laporan tertulis yang merupakan hasil suatu kegiatan ilmiah.

Sementara itu, jika merujuk pada pengertian yang lebih kompleks karya tulis ilmiah. Dapat diartikan suatu tulisan yang membahas suatu masalah berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data yang didapat dari sebuah penelitian.

Baik penelitian lapangan, laboratorium maupun kajian pustaka yang didasarkan pada pemikiran atau metode ilmiah yang logis da juga empiris.

Di sisi lain, jika melihat pengertian karya tulis ilmiah di atas. Dapat kita ketahui jika karya tulis ilmiah memiliki pengertian yang hampir sama seperti karya ilmiah.

Perbedaanya, jika pada pengertian dari karya ilmiah ada kata diterbitkan. Maka hal tersebut tidak ada pada pengertian dari karya tulis ilmiah.

Contoh Karya Ilmiah

contoh karya tulis ilmiah doc

Setelah mengetahui masing-masing pengertian dari karya tulis, karya ilmiah, dan karya tulis ilmiah. Tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui secaa langsung contoh dari beberapa karya tersebut.

Nah, pada segmen ini kami akan memberikan beberapa contoh karya ilmiah yang dapat Anda jadikan rujukan. Ketika akan membuat karya ilmiah maupun kaya tulis ilmiah.

Contoh Karya Ilmiah Sederhana

Salah satu contoh karya ilmiah sederhana yang cukup sering dibuat adalah karya ilmiah mengenai bahaya rokok. Rokok menjadi salah satu hal yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat dan kerap menimbulkan berbagai masalah.

Berbagai dampak yang kabarnya bisa ditimbulkan dari rokok tersebut membuatnya cocok untuk dijadikan objek penelitian karya ilmiah sederhana.

Dalam karya ilmiah sederhana tentang rokok tersebut. Beberapa hal yang harus dapat Anda jelaskan adalah mulai dari penyebab orang merokok. Dampak rokok hingga solusi dan pencegahan dari dampak rokok itu sendiri.

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

Selain rokok, sampah juga merupakan salah satu masalah klasik yang dapat kita temui di masyarakat. Di mana, permasalahan mengenai sampah yang banyak terjadi tersebut. Bisa Anda jadikan sebagai latar belakang bagi Anda untuk melakukan penelitian ilmiah tersebut.

Contoh karya ilmiah tentang sampah yang mungkin bisa jadi sebuah rujukan adalah cara mengatasi sampah platik di lingkungan sekitar. Di mana meskipun terlihat sederhana, sampah platik memang tidak dapat dipungkiri menimbulkan berbagai masalah salah satunya banjir.

Nah, dalam membuat karya tulis ilmiah tentang sampah tersebut. Anda harus mampu menjelaskan berbagai hal di dalamnya mulai dari pengertian, cara pencegahan, dampak buruk. Hingga solusi yang menjadi hal terpenting dari suatu penelitian.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana

Seperti yang sudah diungkapkan di segmen pengertian, perbedaan dari karya tulis ilmiah dan karya ilmiah terdapat pada kata “diterbotkan”.

Nah, selain mengetahui contoh-contoh karya ilmiah yang dapat menjadi rujukan. Kita juga akan sedikit memberikan contoh karya tulis ilmiah sederhana yang mungkin bisa Anda jadikan rujukan.

Salah satunya adalah mengenai dampak buruk ataupun pengaruh televisi terhadap anak-anak. Topik ini bisa menjadi salah satu topik yang menarik untuk bisa dijadikan karya tulis ilmiah sederhana.

Pasalnya, topik tersebut sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dan tentu akan mudah bagi Anda untuk menemukan berbagai masalah yang bisa dijadikan latar belakang.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Bebicara mengenai karya tulis ilmiah tentang kesehatan, tidak harus selalu berkaitan dengan penelitian yang rumit.

Salah satu contoh karya tulis ilmiah tentang kesehatan yang dapat menjadi inspirasi. Seperti karya tulis ilmiah mengenai dampak polusi udara bagi kesehatan.

Hal tersebut sudah bisa menjadi sebuah topik yang menarik untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah mengenai kesehatan.

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel merupakan salah jenis dari karya tulis yang berisi mengenai pendapat subjektif dari sang penulis mengenai sebuah masalah atau peristiwa.

Dalam konteks ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulisa yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku yang berisi artikel.

Artikel ilmiah sendiri diangkat dari hasil sebuah pemikiran dan kajian pustaka atau hail pengembangan sebuah proyek yang telah jadi.

Beberapa contoh artikel ilmiah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Seperti mengenai bahaya konsumsi mie instan bagi kesehatan, bahaya merokok bagi kesehatan, ataupun bahaya televisi bagi anak-anak.

Kepopuleran beberapa artikel ilmiah tersebut tidak lepas dari topik atau permasalahan utama yang diangkat.

Dimana, objek penelitian dari artikel ilmiah tersebut sangat dekat dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari masyarakat umum.

Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar

Untuk ulasan mengenai tata cara penulis karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Kamu bisa bisa melihat video di bawah ini.

Sekian ulasan mengenai pengertian karya tulis ilmiah, contoh karya ilmiah. Serta cara menulis karya tulis ilmiah dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.