100+ Contoh Pantun Cinta, Lucu, Jenaka, Agama, dan Nasehat [Update]

Contoh Pantun Cinta, Lucu, Jenaka dan Nasehat –Pada artikel ini penulis akan memberikan kumpulan contoh pantun terbaik sepanjang masa. Hal ini cocok bagi kamu yang sedang ingin menggoda si dia dengan pantun cinta dan pantun romantis. Atau untuk mereka sang pencari pantun nasehat dan pantun agama. Serta yang suka bercanda dengan pantun jenaka, pantun lucu,dan pantun teka teki. Bisa juga pantun pendidikan dan pantun anak anak yang menghibur.

Apa fungsi pantun, bagi yang tidak tahu akan bertanya demikian. Ketahuilah bahwa melalui pantun inilah seseorang bisa menghibur kawannya yang sedang galau. Bahkan bisa menjadi saran menasehati yang cukup efektif sebab dalam penyampaiannya melalui kalimat yang cantik.

Mungkin itu sedikit pendahuluan dari artikel ini. Langsung saja kamu bisa membaca ulasan tentang contoh pantun di bawah ini.

contoh pantun nasehat
sumber : pustamun.blogspot.com

Pengertian Pantun

Pantun adalah salah satu bentuk puisi lama dengan ciri pada tiap bait memiliki memiliki empat baris kalimat. Selain itu dalam satu pantun terdiri dari sampiran dan isi. Secara garis itulah pengertian pantun yang kerap kali digunakan oleh masyarakat nusantara khususnya suku melayu.

Pantun bisa diartikan sebagai kalimat yang teratur atau nasehat yang mendidik. Bisa juga diartikan sebagia puisi lama yang digunakan menyindir seseorang secara halus. Sehingga pantun memiliki fungsi yang cukup beragam. Tertarik untuk menulis pantun? Baca dulu artikel ini selengkapnya.

Jenis Jenis Pantun

Ada cukup banyak jenis pantun yang masih umum digunakan masyarakat Indonesia. Di bawah ini penulis berikan beberapa jenis pantun yang dapat kamu pelajari. Sehingga ketika ingin menulis kamu bia memilih jenis pantun yang kamu sukai. Untuk contoh pantun akan penulis tulis pada bagian tersendiri.

  1. Pantun Jenaka dan Lucu

Jenis pertama yang sangat populer adalah pantun jenaka atau pantun lucu. Seperti namanya ciri khas dari pantun ini memiliki isi yang dapat membuat banyak orang tersenyum dan ketawa. Tentu hal ini dilakukan untuk menghibur siapa saja yang telah membaca karya ini.

Pantun jenaka atau lucu sering juga digunakan sebagai bahan sindiran yang halus kepada para penguasa. Dengan melihat segala fenomena dengan sudut pandang dari pada rakyat yang tertindas. Menariknya kritik melalui cara ini mudah diterima sebab tidak membuat orang yang dikritik sakit hari.

  1. Pantun Nasihat

Banyak diantara orang tua yang menggunakan pantun sebagai sarana memberikan petuah kepada anaknya. Didalamnya banyak tersirat nilai nilai moral yang tinggi sehingga orang yang mendengarnya akan terenyuh hatinya. Oleh sebab itu karya sastra ini dinamakan pantun nasehat.

  1. Pantun Cinta dan Romantis

Pantun cinta atau romantis memiliki isi yang sangat menarik. Nama pantun ini saja sudah memberitahu bahwa tulisan ini memiliki isi tentang kisah kasih. Banyak anak muda (baca : Jomblo) yang menggunakan ini untuk menggoda kekasihnya. Namun alangkah baiknya bila menggunakan pantun cinta untuk merayu calon mertua supaya mengikhlaskan anaknya. 😊

  1. Pantun Teka Teki

Tahu teka teki itu apa? Ya pastinya gak jauh dari hal yang membingungkan. Begitu juga dengan pantun teka teki yang memiliki isi berupa pertanyan yang membuat pembacanya berpikir keras. Sama seperti kebanyakan pantun yang lain, fungsi dari pantun teka teki adalah untuk menghibur semua orang.

  1. Pantun Anak

Jenis yang satu ini lumayan unik sebab dilakukan oleh anak-anak. Sebab umumnya pantun itu digunakan untuk hiburan orang dewasa. Pantun anak memiliki ciri pada pembahasannya yang mudah dipahami. Hampir mirip juga dengan pantun lucu karena isinya berupa hal yang menghibur anak.

  1. Pantun Agama

Pantun agama memiliki ciri yang hampir mirip dengan pantun nasehat. Sebab di dalamnya terdapat banyak nilai moral serta cara hidup yang baik. Bedanya pantun agama lebih menggambarkan pada suatu ajaran agama yang dianut penulisnya.

Contoh Pantun

Selanjutnya kita akan mengulas beberapa contoh pantun dari berbagai macam jenis. Kamu bisa memilih yang sedang kamu cari. Sebab ada banyak sekali yang penulis tulis di bawah ini.

Sebelum itu banyak orang yang mencari contoh pantun hanya untuk sekadar tugas sekolah. Namun alangkah baiknya bila kamu benar-benar ingin belajar untuk membuatnya sendiri.

Beberapa contoh pantun di bawah anggapan sebagai referensi penulis. Kemudian kamu olah sendiri menjadi karya pikirmu. Bila kamu ingin mengambil contoh di bawah untuk pengerjaan tugasmu juga tidak apa-apa.

Mungkin itu sekadar pendahuluan sekarang kamu bisa membaca beberapa contoh pantun di bawah ini,

Contoh Pantun Jenaka

Contoh pertama yang penulis sajikan adalah contoh pantun jenaka. Seperti namanya pantun ini sedikit bisa membuat pembacanya terhibur bahkan tertawa tiada henti. Sebab memang tujuan dari penulisan pantun ini untuk menghibur.

Berpantun sendiri merupakan budaya asli dari masyarakat melayu. Oleh karena itu kita yang termasuk sebagai keturunan seharusnya bisa untuk membuat pantun jenaka.

Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah tinggal kita mau belajar apa tidak. Apalagi setiap pelajar pernah merasakan membuat pantun pastinya. Semisal tugas dari gurunya.

Namun perlu diperhatikan juga adalah saat memakai pantun jenaka. Jangan sampai kamu salah memakai sehingga membuat orang disekitarmu tersinggung. Hal ini harus dihindari ya sob.

Untuk kamu ingin penasaran contoh pantun jenaka bisa melihat beberapa contoh berikut ini.

Pantun Jenaka Lucu

Penulis akan membagikan beberapa contoh pantun jenaka lucu yang dapat menghibur kamu sekalian. Langsung saja kamu bia melihat dan membacanya pada beberapa paragraf di bawah ini.

 

Ada tong kosong

Nyaring suaranya

Jika hati kamu kosong

Boleh lah aku isinya

*

Makan nasi ketan

Dengan buru buru

Mari lupakan mantan

Cari yang baru

*

Ada mertua ada menantu

Berdua memakai baju biru

Malam ini depan pintu

Berharap ada harapan baru

*

Beli paku sama si ratu

Beli jamu sama si anya

Cintaku cukup satu

Yaitu untuk kamu selamanya.

*

Minum sekuteng

Pakai kue cucur

Saya ganteng

Tapi kamu kok ancur

*

Setelah minum kopi

Ditambah minum jamu

Dunia ini sangat sepi

Jika tidak ada kamu

*

Ketika perut sudah kenyang

Masih harus minum jamu

Wanita yang kusayang

Maukah bertemu aku

*

Pergi ke pasar beli sayur

Alasannya kesasar ternyata ketemuan

*

Pergi mandi cuma pakai kolor

Malu keluar gak bawa ganti

Di pagi hari masih molo

Apa gak malu sama mentari

*

Anak kucing baru lahir

Belajar sediri bahasa latin

Ramdhan segera berakhir

Mohon maaf lahir dan batin

*

Buah timun buah kendonding

Tolong jangan melamun dong

*

Ada putri bawa kentang

Kentangnya dimakan ikan

Hari yang fitri besok datang

Segaka salah mohon dimaafkan.

 

Loading...
Proses update artikel….. Terima kasih telah berkunjung. 🙂  😊

Sekian ulasan tentang pengetian, jenis, dan Contoh Pantun Cinta, Pantun Lucu, Pantun Jenaka, Pantun Nasehat, dan Pantun Agama. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.