Niat Sholat Jumat – Tata Cara Sholat Jumat Paling Lengkap

Niat Sholat Jumat dan Tata Cara Sholat Jumat – Bagi Anda sorang laki-laki muslim tentu sudah menjadi kewajiban untuk mendirikan Sholat Jumat setiap pekannya.

Seperti namanya, sholat yang satu ini memang dilaksanakan setiap hari Jumat secara berjamaah. Sebagai sebuah kewajiban bagi kaum laki-laki muslim, tentu Anda sudah mengetahui niat dan tata cara sholat jumat bukan?

Meskipun ada beberapa kalangan yang mengatakan jika niat Sholat Jumat tidaklah harus dibaca melainkan dihayati, namun tidak ada salahnya jika kita membahasnya secara lengkap di bawah ini.

Niat Sholat Jumat dan Sunnahnya

niat sholat jumat
www.alkhoirot.net

Hal yang paling mendasar dalam kita beribadah adalah niat. Sebab itulah yang menentukan ibadah kita diterima atau tidak. Oleh karena itu, Kita awali dengan ulasan mengenai niat sholat jumat dan sunnah sholat jumat.

Niat sholat jumat wajib diketahui oleh setiap muslim. Selain itu, sunnah-sunnah yang juga patut untuk diketahui. Untuk pembahasan selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.

Niat Sholat Jumat

Niat merupakan dasar kita untuk melakukan ibadah tidak terkecuali dalam Sholat Jumat. Niat sholat jumat, ada pendapat yang menyatakan jika niat tidak perlu dibacakan secara lisan saat sholat karena bersifat amal yang tempatnya di hati.

Namun adapula pendapat yang mengemukakan niat dalam Sholat wajib dibaca secara lisan.

Dalam mengerjakan Sholat Jumat, Anda harus memperhatikan niat Sholat Jumat dan Sunnahnya. Pasalnya, selain mengamalkan kewajiban tentu akan lebih baik jika Anda bisa mengamalkan Sunnah yang dianjukan.

Nah, beikut ini adalah niat Sholat Jumat sebagai makmum dalam bahasa arab :

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya “”Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta’ala.”  Bagi Anda yang menjadi Imam, tinggal ganti kata makmum dengan kata Imam.

Tonton juga video terkait niat sholat sunnah menurut penjelasan Ustadz Abdul Shomad berikut ini.

Sunnah Sholat Jumat

Selain niat, sebelum melaksanakan Sholat ada baiknya Anda mengamalkan Sunnah sholat jumat yang dianjurkan. Meskipun tidak ada kewajiban, melaksanakan Sunnah memiliki keutamaan dibandingkan meninggalkannya.

Inilah beberapa Sunnah Sholat Jumat yang perlu Anda pahami.

  • Sebelum melaksanakan Shalat Jumat disunahkan untuk mandi
  • Memotong kuku serta mencukur kumis
  • Memakai pakaian yang rapi serta bersih, pakaian diutamakan yang berwarna putih)
  • Memakai wangi-wangian
  • Masuk masjid dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca do’a masuk masjid.
  • Melaksanakan sholat sunah tahiyatul masjid
  • Ber’itiqaf serta sambil membaca al qur’an, dzikir, serta bersholawat.
  • Ketika khatib telah naik ke atas mimbar hendaknya para jamaah sholat jumat menghentikan dzikir serta bacaan lainnya yang kemudian mendengarkan khotbah jumat.

Niat Sholat Jumat Bagi Wanita

Selanjutnya ialah niat sholat jumat bagi wanita. Meskipun atas kesepakatan para ulama wanita memang tidak diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Jumat seperti Pria, namun tidak ada larangan bagi wanita yang ingin melaksanakannya.

Cara melakukan Sholat Jumat bagi wanita pun tiadk berbeda dengan Sholat Jumat pada umumnya.

Namun demikian, banyak yang lebih menyarankan bagi wanita untuk melaksanakan Sholat Dzuhur di rumah daripada mengikuti Sholat Jumat

Pasalnya, berdasarkan Hadits riwayat Abu Daud 567 yang disahihkan Al-Albani Rasulullah pernah bersabda “Janganlah kalian menghalangi istri kalian untuk ke masjid. Dan rumah mereka itu lebih baik bagi mereka”.

Niat Sholat Jumat bagi wanita sendiri tidak memiliki perbedaan dengan niat Sholat Jumat bagi kaum pria.

Baca juga : Kumpulan hadist tentang cinta sejati

Niat Sebelum Sholat Jumat

Dibahas juga niat sebelum sholat jumah dilakukan. Dalam Sholat Jumat, disunnahkan bagi kita untuk mengerjakan Sholat lain yang menjadi pembuka yakni Sholat Qabliyah Jumat.

Sholat Sunnah yang satu ini merupakan sunnah muthlaq yang dikerjakan sebelum melaksanakan Sholat Jumat.

Di mana, pada dasarnya Sholat ini dianjurkan untuk dikerjakan sebelum Khatib naik kemimbar untuk berkhotbah.

Banyak Hadits yang meriwayatkan mengenai Sholat ini, di mana dari berbagai Hadits yang diriwayatkan tersebut dapat disimpulkan jika Sholat Qobliyah Jumat ini sangat dianjukan untuk dilaksanakan.

Biasanya, SHolat Qabliyah Jumat ini dikerjakan sebanyak dua rakaat, meskipun sebenarnya boleh dikerjakan 4 rakaat.

Nah, untuk melaksanakan Sholat Qbliyah ini, tentu Anda harus mengetahui niat yang harus dibaca sebelum melaksanakannya. Dan inilah niat sebelum Sholat Jumat 2 rakaat tersebut

أُصَلِّى سُنَّةَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Artinya “Aku niat shalat sholat sunah sebelum Jumat dua rakaat karena Allah Taala”.

Niat Mandi Sholat Jumat

Dalam melaksanakan Sholat Jumat kita disunnahkan dengan bebagai hal seperti memakai wangi-wangian dan juga mandi sebelum berangkat. Niat Mandi Sholat Jumat sendiri tidak berbeda dengan mandi wajib atau mandi besar.

Di mana hal ini dilakukan dengan tujuan utamanya tentu untuk membersihkan diri dari najis atau hadas besar.

Untuk waktu pelaksanaan mandi Sunnah Sholat Jumat ini sendiri terhitung sejak terbit fajar di hari Jumat hingga menjelang pelaksanaan Sholat Jumat itu sendiri.

Sehingga, dengan demikian jika Anda mandi sebelum terbitnya fajar di hari Jumat maka belum bisa disebut atau masukdalam kategori mandi Sunnah Sholat Jumat.

Meskipun pelaksanaannya ataupun tata caranya tidak berbeda dengan mandi wajib, namun mandu Sunnah Jumat ini memiliki bacaan niat yang berbeda. Di mana, niat mandi Sholat Jumat tersebut akan dijelaskan di bawah ini :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala”.

Hukum Sholat Jumat

Bagi Anda kaum Muslimin tentu sudah banyak yang mengetahui jika hukum Sholat Jumat merupakan ibadah yang wajib dilak’sanakan untuk kaum laki-laki. Sehingga, dengan demikian dapat dikatakan jika hukum Sholat Jumat bagi pria yang memenuhi syarat-syarat adalah wajib.

Dengan hukumnya yang wajib tersebut, maka bagi kaum pria siapa saja yang sudah memenuhi syarat namun tidak melaksanakannya, maka hukumnya haram.

Nah, ada beberapa syarat Sholat Jumat ini menjadi wajib bagi seorang laik-laki. Dan beberapa syarat tersebut akan kami jelaskan pada segmen di bawah ini.

1. Muslim

Syarat pertama bagi seorang laki-laki memiliki kewajiban Sholat Jumat adalah Muslim. Di mana, jika seorang laki-laki Muslim telah memenuhi beberapa syarat lainnya, maka wajib hukumnya ia untuk melaksanakan Sholat Jumat.

2. Baligh

Baligh adalah sebuah fase di mana seseorang telah mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Pada kaum laki-laki, baligh biasanya ditandai dengan terjadinya mimpi basah.

3. Berakal

Syarat wajib Sholat Jumat yang selanjutnya adalah seorang laki-laki yang berakal. Nah, jika seprang laki-laki telah memanuhi beberapa persyaratan namun ia tidak berakal atau gila maka dia tidak memiliki kewajiban.

4. Merdeka

Merdeka dalam hal ini bukanlah merdeka dari penjajahan suatu negara seperti yang kita bayangkan. Namun, medeka yang dimaksud dalam hal ini adalah tidak menjadi budak atau hamba sahaya.

5. Bukan Musafir

Musafir adalah orang yang melakukan perjalanan jauh dari suatu tempat ke tempat lainnya. Musafir sendiri tidak memiliki kewajiban untuk melaksanakan Sholat Jumat.

6. Tidak Halangan

Halangan dalam hal ini bisa diartikan cukup luas, mulai dari sakit hingga keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan Sholat Jumat.

Dalil Sholat Jumat

dalil sholat jumat
Sumber : www.designdakwah.com

Mengenai dalil sholat jumat, seperti yang sudah dikatakan pada beberapa segmen sebelumnya. Sholat Jumat memang menjadi sebuah kewajiban bagi umat Muslim laki-laki yang telah memenuhi berbagai syarat.

Di mana, hal tersebut banyak dikatakan dalam berbagai dalil di Al-Qur’an maupun Hadits. Dalil Sholat Jumat tersebut disebutkan dalam berbagai ayat dan riwayat Hadits, diantaranya adalah berikut ini.

Dalil Sholat Jumat dalam Al-Qur’an

Dalil Sholat Jumat dalam Al-Quran memang secara langsung Allah memerintahkan kita khususnya kaum laki-laki untuk melaksanakan Shalat Jumat. Bahkan, secara khusus Allah memerintahkan kewajiban Sholat Jumat ini secara khusus dalam sebuah surat yakni Surat Jum’ah

Salah satu ayat dalam Surat Jum’ah yang mengatakan firman Allah mengenai kewajiban Sholat Jumat berada pada ayat 9. Dan berikut ini adalah ayatnya :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” [Al Jum’ah:9]

Dalil Sholat Jumat dalam Hadits

Nah, jika sebelumnya sudah membaha dalil Sholat Jumat dalam Al-Quran, kini saatnya kita untuk mengulas dan belajar mengenai dalil Sholat Jumat dalam Hadits Nabi Nabi saw. Dan berikut adalah salah satu Hadits yang menjelaskan mengenai Sholat Jumat.

لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمْ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنْ الْغَافِلِينَ

Yang artinya : “Hendaklah satu kaum berhenti dari meninggalkan shalat Jum’at, atau kalau tidak, maka Allah akan mencap hati-hati mereka, kemudian menjadikannya termasuk orang yang lalai.”

Dari berbagai dalil di atas baik di Al-Quran maupun dalam Hadits, dapat disimpulkan jika memang Sholat Jumat merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh kaum muslimin.

Tata Cara Sholat Jumat Beserta Gambarnya

tata cara sholat jumat
Sumber : indonesiatanpapacaran.com

Setelah mengetahui berbagai dalil dan sunnah mengenai Sholat Jumat, tentu tidak afdol rasanya jika kita tidak mempelajari tata cara Sholat jumat yang benar. Nah, berikut ini akan kita jelaskan secara lengkap mengenai tata cara Sholat Jumat beserta gambarnya di bawah ini.

Pada dasarnya tata cara Sholat Jumat tidak berbeda dengan Sholat Jamaah lainnya. Yang berbeda hanyalah niat dan waktu pelaksanaannya.

Tidak hanya itu saja, Sholat jumat juga memiliki sunnah-sunnah yang banyak dianjurkan sehingga pelaksanaannya memang istimewa. Baiklah, tidak perlu berlama-lama, mari kita simak tata cara Sholat Jumat di bawah ini.

  • Niat

Sama halnya seperti melakukan sholat wajib maupun sunnah lainnya, dalam melaksanakan Sholat Jumat Anda juga harus menggunakan niat.

Seperti yang disampaikan di ata, ada sejumlah pihak yang mengatakan niat tidak perlu dilafalkan karena bersifat amalan batin namun ada pula yang mengharuskan niat untuk diucapkan.

  • Membaca Al-Fatihah

Al-fatihah menjadi surat yang wajib dibaca dalam setiap sholat tidak terkecuali Sholat Jumat ini. Sama seperti dalam sholat jamaah lain, dalam Sholat Jumat bacaan Al-Fatihah juga dilantunkan oleh imam dan dilanjutkan dengan suratan lainnya.

  • 2 Rakaat

Sholat Jumat dilaksanakan dengan jumlah rokaat sebanyak 2 rakaat. Di mana, untuk pelaksanaannya sama seperti Sholat Subuh di pagi hari.

Selain beberapa hal di atas, agar Sholat Jumat yang Anda lakukan menjadi sah, Anda juga harus memperhatikan beberapa syarat sah Sholat Jumat berikut ini. Di mana beberapa hal ini memang bisa dibilang menjadi salah satu tata cara Sholat Jumat beresta gambarnya :

  • Dihadiri minimal 40 orang jamaah yang memenuhi persyaratan wajib Sholat Jumat
  • DIlaksanakan secara berjamaah
  • Dilaksanakan pada waktu Dzuhur
  • Didahului denga dua khutbah
  • Diadakan didaerah pemukiman

Nah, itulah beberapa tata cara dan syarat sah Sholat Jumat yang perlu Anda pahami. Beberapa hal di atas memang sangat penting bagi kita umat muslim khususnya laki-laki sebagai orang yang berkewajiban untuk melaksanakan Sholat Jumat.

Supaya lebih paham kamu bisa menyimak ceramah dari Ustadz Adi Hidayat tentang tata cara sholat jumat.

Bacaan Sholat Jumat

Banyak orang yang sering melaksanakan Sholat Jumat namun belum mengetahui mengenai bacaan Sholat Jumat yang benar. Pada dasarnya, pelaksanaan Sholat Jumat sendiri memang bisa dibilang tidak berbeda dari Sholat lainnya.

Di mana, yang membedakan hanya waktu pelaksanaan dan bacaan niatnya saja. Bahkan, tata caranya sendiri bisa dibilang sama persis dengan tata cara Sholat Subuh yang sama-sama memiliki 2 rokaat.

Namun demikian sepeti yang sudah dikatakan di awal, bacaan niat Sholat Jumat ini memiliki niat yang berbeda.

Selain itu dalam melaksanakan Sholat Jumat juga dianjurkan untuk melaksanakan beberapa sunnah lainnya seperti Sholat Qobliyah dan Ba’diyah.

Bacaan-bacaan Sholat Jumat sendiri biasanya tidak berbeda dengan bacaan sholat wajib lainnya yakni di awali dengan Al-Fatihah setelah takbiratul ikhram. Tidak hanya itu saja, bacaan tasyahud akhir dan shalawat atas Nabi Muhammad SAW juga digunakan dalam Sholat Jumat.

Do’a Setelah Sholat Jumat

Ada cukup banyak contoh doa setelah sholat jumat. Seperti yang kita ketahui Hari Jumat bisa dibilang hari yang istimewa bagi setiap umat Islam, tidak hanya karena pada hari Jumat dilaksanakan ibadah Sholat Jumat saja.

Pasalnya, di hari jumat menyimpan banyak keistimewaan dan keutamaan. Salah satunya adalah doa di hari Jumat lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan. Terlebih lagi jika Anda memanjatkannya pada waktu setelah Sholat Jumat.

Bahkan, khasiat dari membaca doa atau dzikir setelah Sholat Jumat ini memiliki khasiat yang luar biasa. Beberapa doa setelah Sholat Jumat yang dianjurkan adalah doa yang dibaca sesuai dengan petunjuk ulama salaf berdasarkan Hadist Nabi Muhammad SAW.

Dzikir atau doa tersebut pun terbilang sangat mudah untuk di amalkan. Berikut ini adalah amalan atau doa yang dianjukan dibaca setelah Sholat Jumat.

وروينا في كتاب ابن السني عن عائشة رضي الله عنها ، قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” من قرأ بعد صلاة الجمعة : قل هو الله أحد ، وقل أعوذ برب الفلق ،وقل أعوذ برب الناس ، سبع مرات ، أعاذه الله عز وجل بها من السوء إلى الجمعة الأخرى

Artinya : “Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca (setelah shalat Jum’at) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jum’at berikutnya.”

Selain membaca doa di atas, dianjurkan pula untuk membaca surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali, Al-Alaq, An-Nas dan juga Al- Ikhlas sebanyak 7 kali pula.

Meskipun merupakan surat pendek yang mudah dihafal, namun jika Anda membacanya dengan sepenuh hati tentu doa Anda akan terkabul.

Nah, demikian beberapa ulasan yang dapat diberikan mengenai Niat Sholat Jumat dan Tata Cara Sholat Jumat yang bisa Anda pelajari dan tentunya praktekkan agar ibadah yang Anda lakukan semakin baik.

Tinggalkan komentar