6+ Contoh Kalimat Argumentasi dan Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh Kalimat Argumentasi – Sering kali kita menemukan tulisan yang berisi opini pribadi di berbagai media informasi. Misalkan buku, majalah, koran, dan media infomasi antimainstream di Internet. Tentunya di setiap tulisan opini berisi kalimat dan paragraf argumentasi bertujuan untuk mendukung ide yang ditulis.

Untuk kamu yang ingin belajar membuat tulisan opini atau paragraf argumentasi. Pada artikel ini penulis memberikan beberapa contoh kalimat paragraf untuk membantu kamu yang ingin belajar.

Baca ulasan dibawah ini.

contoh kalimat argumentasi
Sumber : pixabay.com

Pengertian Kalimat dan Paragraf Argumentasi

pengertian paragraf argumentasi
Sumber : pixabay.com

Kalimat argumentasi merupakan kalimat yang berisi gagasan pribadi yang dikembangkan oleh penulisnya, berupa pendapat, ide, dan opini. Lalu, Pengertian paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi gagasan utama yang kemudian dikembangkan berupa penjabaran pendapat, ide, dan opini.

Sedangkan, tujuan paragraf argumentasi adalah untuk membuat yakin pembaca serta terpengaruh dan memiliki pendapat yang sama dengan penulis paragraf. Supaya tujuan dari paragraf argumentasi ini tercapai. Maka perlu disertakan fakta-fakta pendukung seperti data otentik, hasil penelitian, contoh dan bisa berupa teori-teori dari para ahli.

Semua itu dilakukan agar pendapat yang dijelaskan pada paragraf dapat diterima oleh pembaca. Tentunya tulisan kita menjadi lebih berisi dan dipertimbangkan. Ada contoh kalimat argumentasi untuk lebih memahami penjelasan diatas.

Mampir sob : Kumpulan puisi tentang guru paling menyentuh hati.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Ciri paragraf argumentasi
Sumber : pixabay.com

Setelah mengetahui pengertian kalimat argumentasi. Tentunya paragraf Argumentasi berbeda dengan paragraf pada umumnya. Untuk mengenal ciri-ciri kalimat argumentasi sebagai berikut:

  • Mengulas pendapat, pandangan, serta keyakinan pribadi penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki data faktual untuk menguatkan argumen dan menyakinkan pembaca.
  • Mengulas suatu permasalahan dengan metode analisa dan menganalogikan.
  • Pada akhir paragraf terdapat kesimpulan yang berupa pendapat yang lebih luas.

Untuk dapat mengetahui ciri paragraf argumentasi lebih jelas. Penulis sertakan contoh kalimat argumentasi dibawah.

Jenis paragraf Argumentasi

jenis paragraf argumentasi
Sumber : pixabay.com

Sebelum mengetahui contoh kalimat argumentasi perlu mengetahui jenis dari paragraf argumentasi. Kalimat dan paragraf argumentasi dibagi menjadi dua jenis. Dari berdasarkan cara pengembangan topik utama atau paragraf argumentasi sebab-akibat, dan paragra argumentasi akibat-sebab. Penjelasannya sebagai berikut:

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Ciri paragraf argumentasi sebab-akibat adalah diawali dengan pendapat yang berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu. Kemudian diarahkan pada satu kesimpulan umum. Kesimpulan tersebut disebut dengan akibat dari sebab-sebab sebelumnya.

Paragraf Argumentasi Akibat-sebab

Paragraf argumentasi akibat-sebab merupakan kebalikannya dari paragraf yang sebelumnya. Paragraf ini diawali dengan memaparkan sebuah kondisi yang merupakan dampak dari suatu masalah. Dari penjelasan itu kemudian dikembangkan menuju pokok permasalah yang menjadi pemicu dari munculnya permasalahan sebelumnya.

Baca juga : Kumpulan kata kata dilan bikin baper

Contoh Kalimat Argumentasi

contoh kalimat argumentasi 1
Sumber : pixabay.com

Untuk lebih jelas mengenai kalimat argumentasi berikut ini beberapa contoh kalimat argumentasi sebagai berikut :

  • Oseng kangkung bisa menyebabkan orang mengantuuk
  • Kebanyakan orang suka makan kacang rebus
  • Sebagian ulama memfatwakan haram merokok
  • Harga beras organik melesat tinggi dibanding beras biasa di tahun 2014

Contoh Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
Sumber : pixabay.com

Selanjutnya setelah mengetahui contoh kalimat argumentasi. Untuk memahami paragraf argumentasi tentunya membutuhkan contoh untuk dijadikan bahan refrensi untuk menulis. Namun, tidak perlu khawatir, penulis sudah sediakan beberapa contoh paragraf argumentasi. Beberapa contohnya sebagai berikut:

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Tiap insan harus senantiasa memupuk dan mengembangkan jiwa kepahlawanan. Karena dengan jiwa kepahlawanan, kemajuan di suatu negara akan dapat berjalan dengan baik.

Jiwa kepahlawan dapat dikembangkan menjadi nilai dan sifat kepribadian yang luhur, bertanggung jawab, memiliki dedikasi dan kecintaan terhadap sesama. Sifat-sifat tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan negara dalam segala bidang.

Salah satunya adalah membangkitkan kepedulian kepada pahlawan modern yakni guru. Bisa melalui untaian puisi guru yang istimewa.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Pada musim kemarau pada tahun 2016 merupakan kemarau yang paling parah dalam waktu 10 tahun terakhir ini. Disebabkan hujan tidak turun selama 6 bulan mengakibatkan banyak tanah dan sumber air mengering. Menurut informasi dari BMKG, hujan diprediksi akan turun pada bulan november depan.

Jika hal tersebut terjadi, bisa dikatakan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau biasa. Karena memang kemarau tahun ini terjadi selama 7 bulan dari bulan februari-maret.

Sedangkan menurut BMKG, data tahun lalu menunjukkan bahwa kemarau hanya terjadi selamat 5 bulan saja.

Oleh sebab itu, banyak petani banyak yang gagal penen karena tidak ada persediaan air untuk mengairi sawah.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Sekolah SMKN 3 boyo asri dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa berprestasi yang dicetak oleh sekolah ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya juara-juara Olimpiade yang banyak dimenangkan dari sekolah ini. Selain itu, prestasi lain yang tak kalah membanggakan selain di bidang akademik, seperti olahraga, kesenian dan lingkungan.

Pada tahun 2015, sekolah ini mengirimkan 15 atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan Sea Games. Tidak mau kalah, Paduan suara sekolah ini juga sudah ikut dalam kontes paduan suara tingkat internasional di Madrid, Spanyol.

Prestasi demi prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja. Namun, semua itu merupakan hasil dari latihan dan kerja keras dewan guru. Serta pihak komite sekolah yang selalu menjunjung tinggi komitmen untuk mendidik siswanya dengan cara terbaik.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Biaya pendidikan di Indonesia saat ini bisa dibilang sangatlah mahal. Walaupun pemerintah sudah memberikan bantuan pendidikan. Tetap saja para siswa harus membayar biaya untuk keperluan sekolah, berupa untuk membeli seragam, baju, buku, dan kebutuhan lainnya.

Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya pada sekolah dasar atau sekolah tingkat pertama atau akhir saja. Namun juga di perguruan tinggi biaya pendidikan cukup mahal, walaupun di kampus negeri.

Mahalnya biaya untuk menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Disebabkan karena pemerintah tidak memberikan bantuan langsung kepada perguruan tinggi yang ada.

Sehingga banyak anak yang telah lulus dari sekolah menengah atas lebih memilih untuk bekerja saja. Dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Tentu hal tersebut menandakan bahwa pendidikan di Indonesia belum merata dan hanya mencakup pada orang yang mampu. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanya menjadi sebuah angan-angan belaka.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial

Perilaku remaja akhir-akhir ini telah jauh menyimpang dari nilai-nilai moral masyarakat. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, seperti pengaruh budaya barat yang cukup kuat di Indonesia tanpa ada upaya penyaringan budaya.

Budaya-budaya barat yang masuk tersebut dianggap oleh para remaja saat ini sebagai contoh dari kehidupan yang baik. Dan dijadikan kebiasaan oleh mereka.

Yang sangat disayangkan ialah perilaku yang mereka tiru merupakan perilaku yang buruk dari budaya barat. Seperti seks bebas, narkoba, dan kebudayaan buruk lainnya.

Kemudian, faktor kedua yaitu kurangnya informasi atau pengetahuan akan ilmu agama oleh para remaja saat ini. Karena ilmu agamalah yang dapat memberikan kontrol diri pada seseorang agar menjaga diri dari perbuatan tercela.

Dan yang ketiga ialah orang tua yang kurang mengawasi anak-anaknya. Padahal pengawasan terhadap anak merupakan tanggung jawab dari orang tua.

Ketika orang tua tidak peduli lagi dengan anaknya, hal ini bisa mengakibatkan mereka merasa tidak disayang, diperhatik dan lain sebagainya. Dan akhirnya mereka mencari rasa kasih sayang di luar keluarga yang cenderung mengarah kepada perilaku negatif.

Akibatnya para remaja saat ini memiliki perilaku yang tidak mencerminkan budaya luhur dari bangsa kita. Perilaku mereka cenderung bertentangan dengan moral dan norma yang ada.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Jumlah kecelakaan di jalan raya dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan tahun ini, jumlah kecelakaan meningkat tajam dibanding 3 tahun kebelakang.

Menurut kepolisian, data tahun kemarin jumalh kasus kecelakaan di jalan raya mencapai 3.900 kasus. Bila dibandingkan dengan tahun ini kasus kecelakaan sudah mencapai 5.500 kasus. Padahal ini masih berada di fase mudik lebaran, sehingga bisa dipastikan kecelakaan akan terus bertambah.

Sekali lagi menurut data kepolisian, dari 5.500 kasus kecelakaan yang paling terjadi adalah kendaraan bermotor. Meningkatnya angka kecelakaan ini diduga karena bertambahnya volume kendaraan bermotor ketika mudik.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Kebiasaan merokok sudah mengakar di masyarakat kita. Padahal sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok.

Menurut data Kementrian Kesehatan, setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal diakibatkan rokok. Tentu angka tersebut bukanlah angka yang sedikit.

Bila dilihat memang efek rokok pada tubuh tidak dapat langsung dirasakan oleh perokok. Namun, butuh waktu yang cukup lama untuk melihat efek rokok pada tubuh.

Menurut dr. Ari Wibowo, asal yang dihisap oleh perokok secara perlahan akan menggerogto organ pernafasan meraka. Seperti paru-paru, tenggorokan, dan lain-lainnya. Sehingga bila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan penyakit, seperti serangan jantung, bronhitis, dan gangguan kehamilan. Semakin sering menghisap asap rokok, maka akan semakin cepat proses tersebut.

Seberapa bahayanya rokok itu?

Di dalam sebuah batang rokok mengandung berbagai zat-zat kimia yang berbahaya. Seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak sekedar batang rokok saja yang berbahaya, asap dan tar juga dapat menyebabkan kanker. Karena kandungan nikotin rokok yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Oleh sebab itulah merokok bisa menyebakan kebugaran jasmani menurun drastis. Efek paling paling parahnya dapat menyebabkan kematian bagi para penghisapnya. Karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit berat.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sampah

Salah satu kebiasaan buruk dari masyarakat kita adalah membuang sampah sembarang. Secara sadar ataupun tidak, masyarakat banyak yang membuang sampai sembarang dalam kesehariannya.

Hal tersebut disebabkan kurang kesadaran dan rasa tanggung jawab dari tiap individu dalam menjaga kebersihan. Fakta lapangan diatas dibuktikan dengan adanya fakta penelitian yang menunjukan bahwa empat dari seratus orang di indonesia membuang sampah sembarangan.

Dari pemerintah sendiri sudah membuat aturan mengenai masalah pembuangan sampah di sembarang tempat. Dan juga ada sanki juga bagi para pelaku. Sedangkan masyarakat seperti acuh tak acuh dengan peraturan tersebut. Bahkan untuk menemukan orang yang melakukan buang sampah sembarang mudah sekali.

Bila dikaji lebih jauh, membuah sampah yang tidak pada tempatnya memiliki dampak yang cukup besar pada kesehatan masyarakat. Menurut Rahmat jafar, peneliti dari lipi ini menyatakan bahwa sampah yang dibuang di suangai dapat menyebabkan banjir ketika musim hujan. Selain itu sampah yang berserakan juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Sebagai manusia yang dikarunia derajat yang lebih tinggi dibanding makhluk hidup yang lain. Tentunya memiliki tanggung jawab lebih terhadap kebersihan lingkungan.

Oleh sebab itu, perlu ditanamkan kesadaran agar tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Karena hal tersebut bisa berdampak negatif bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Maka kita sudah berkontrubusi kepada masyakarat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama.

Sekian ulasan penulis mengenai contoh kalimat argumentasi dan contoh paragraf argumentasi. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa membagikan kepada sahabat-sahabatmu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.