√ Pengertian Opini Beserta Ciri dan Contoh Kalimat Opini Terbaru

Apa itu opini? Meskipun opini ini merupakan suatu istilah yang bisa dikatakan sudah sangat sering sekali dipakai pada saat menilai sesuatu akan tetapi faktanya masih ada banyak orang yang belum mengerti, tahu atau paham terhadap pengertian opini itu sendiri.

Namun tak perlu khawatir, sebab pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang pengertian opini lengkap dengan ciri – ciri dan contoh kalimat opini. So, silakan di simak baik – baik ulasannya ya!

Perlu Anda tahu nih, bahwa kata opini ini sendiri biasanya selalu bersanding dengan fakta. Ini artinya ada opini juga ada fakta. Dalam perbincangan sehari – hari pastinya Anda tidak bisa terhindar dari kedua istilah tersebut.

Ya, walaupun banyak dari Anda yang tahu dan kenal dengan kedua istilah ini, akan tetapi seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa apabila seseorang disuruh untuk menjelaskan apa pengertian dari opini atau pun fakta, kemungkinan besarnya adalah banyak yang tidak bisa.

Faktar pada dasarnya merupakan suatu hal, atau peritiwa dan keadaan yang benar – benar sudah terjadi, bahkan ada bukti dari kebenaran tersebut. Umumnya fakta ini akan dipergunakan untuk memastikan kebenaran dalam sebuah informasi yang diperoleh. Fakta juga berartikan sebuah pernyataan yang sudah tak bisa terbantahkan lagi kebenarannya.

Pengertian Opini

Pengertian Opini

Leonardo W. Dood Via Sumirat, adalah salah satu dari sekian banyaknya orang yang mengemukakan pendapat pengertian opini, menurutnya opini adalah sikap atau pendapat yang dikeluarkan seseorang mengenai sebuah masalah, atau persolaan dan keadaan yang sedang terjadi maupun sudah terjadi.

Selain itu, opini juga bisa diartikan sebagai suatu pendapat, ide, juga pemikiran seseorang yang tujuannya untuk menjelaskan kecenderungan preferensi tertentu terhadap prespektif maupun ideologi yang sifatnya tidak objektif, sebab masih belum ada kepastian dan pengujian kebenarannya.

Ciri – Ciri Opini

Ciri Ciri Opini

Berikut ini beberapa ciri – ciri opini yang perlu dipahami ketika akan membuat sebuah kalimat opini.

  • Opini bersifat subjektif. Ini artinya bahwa opini tersebut lahir berdasarkan apa yang dipahami atau dimengerti oleh seseorang tanpa harus melihat secara langsung adanya kejadian. Pendapat tersebut terlahir atas pemikirannya sendiri berdasarkan standar pengetahuan, pengalaman, harapan, maupun keinginan. Sehingga kita akan mendapati bahwa tiap orang bisa saja memiliki perbedaan pendapat mengenai sebuah peritiwa yang sedang atau sudah terjadi di suatu tempat dan waktu yang sama.
  • Opini juga bisa jadi suatu peristiwa yang masih belum terjadi. Ini adalah sebuah pendapat yang bisa saja lahir sebelum sesuatu tersebut benar – benar terjadi. Jadi, opini bisa saja diciptakan oleh seseorang dengan cara melihat gejala atau pun tanda – tanda, lalu memberikan prediksi dan harapan. Opini yang seperti ini biasanya tidak didasari oleh fakta – fakta atau kejadian yang sudah terjadi di lapangan.
  • Kebenaran yang masih diragukan. Ciri – ciri opini yang satu ini masih belum diperkuat oleh data maupun fakta – fakta di lapangan. Tetapi opini tersebut bisa dijadikan sebagai dasar pertimbangan atau pengambilan keputusan berdasarkan tujuan sebuah pengambilan opini dilakukan.

Baca juga : √ Contoh Paper Singkat, Penelitian, Kuliah | Susunan Paper dan Penulisan

Contoh Kalimat Opini

Contoh Kalimat Opini

Selanjutnya masuk ke pembahasan contoh agar lebih memahami seperti apa itu opini. Berikut ini contoh kalimat opini singkat yang bisa kamu pelajari.

Menurut Hendro, tanggung jawab pendidikan anak tak hanya ada di tangan guru, akan tetapi juga butuh peran orangtua juga pemerintah. Orangtua dalam hal ini harus bisa mendorong semangat belajar anak. Sementara itu pemerintah sendiri harus siapkan fasilitas belajar yang bisa membantu anak dalam meningkatkan kecerdasaran intelektual, emosional, juga spiritualnya.

Demikian informasi tentang pengertian opini beserta ciri – ciri dan contoh kalimat opini terbaru. Baca juga kumpulan pantun betawi lucu dan menghibur khas jakarta. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.