Cara Membuat Flowchart Di Microsoft Word Bagi Pemula

Tak hanya digunakan sebagai suatu aplikasi pengolah dan penyimpan dokumen dalam bentuk word,  akan tetapi sebenarnya fungsi dari Microsoft word jauh lebih banyak daripada itu. Salah satunya bisa digunakan untuk membuat flowchart. Lantas bagaimana cara membuat flowchart di microsoft word?

cara membuat flowchart

Sebelum kita bagikan tentang cara membuat flowchart di Microsoft word, kita akan mengenal dan mencari tahu dulu sebenarnya apa sih flowchart itu. Flowchart atau yang disebut dengan diagram alir merupakan suatu bagan dengan simbol – simbol tertentu yang menggambarkan suatu aliran proses dengan langkah berurutan. Flowchart dibuat dengan tujuan  untuk memberikan informasi secara lebih mendetail.

Simbol – simbol didalam flowchart nantinya akan menggambarkan proses yang membantu kita memahami suatu aliran proses secara kompleks, baik yang meliputi proses bisnis, algoritma pemrograman atau alur kerja pada suatu standard operational procedure. Mengenai bagaimana cara membuat flowchart bagi pemula di Microsoft word bisa kita simak dalam informasi berikut ini!

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Word

Sebelum membuatnya, kenali dulu simbol – simbol pada flowchart

simbol simbol flowchart

Jadi hal pertama sebelum membuatnya, kenali dulu simbol – simbol pada flowchart di Microsoft word Anda. Anda harus tahu apa saja simbol – simbol yang tersedia lengkap dengan mengenali kegunaannya. Kurang lebih terdapat lebih dari 26 simbol yang terdapat didalam flowchart yang harus Anda kenali dan bisa Anda manfaatkan.

Buat drawing canvas

Langkah yang kedua, ketika Anda ingin membuat suatu flowchart, Anda juga perlu membuat suatu drawing canvas. Hal ini sangat penting agar simbol – simbol yang sudah Anda letakkan ke dalam suatu dokumen tidak berantakan. Dengan membuat suatu drawing canvas, Anda juga tak perlu susah payah menggeser simbol – simbol satu persatu jika terdapat kekeliruan didalam penulisan suatu dokumen.

Yang Anda perlu lakukan jika terdapat kekeliruan cukup dengan Anda menggeser drawing canvas maka nantinya seluruh elemen yang terdapat didalamnya akan ikut bersamaan dengan drawing canvas tempat Anda menggambar suatu flowchart tersebut. Lantas bagaimana cara membuat drawing canvas?

Cara membuat drawing canvas ini sangatlah mudah. Berikut langkah – langkah dalam membuat drawing canvas yang Anda perlu tahu dan simak, yaitu :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah buka dulu Microsoft office word Anda.
  • Kemudian Anda pilih menu insert dan klik di bagian shapes.
  • Kemudian pilih new drawing canvas yang terdapat di bagian bawah sub menu shape.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam-Macam Dan Fungsi Seni Rupa

Sisipkan simbol flowchart

Setelah Anda buat drawing canvas tempat untuk menggambar atau menyisipkan suatu flowchart yang akan anda buat, selanjutnya Anda bisa segera sisipkan simbol flowchartnya. Caranya sebagai berikut :

  • Di bagian menu bar Microsoft word, Anda pilih shapes.
  • Selanjutnya akan Anda temukan beberapa bagian di shapes seperti halnya lines, rectangles, basic shapes, dan berbagai simbol yang lain.
  • Nah, karena yang akan Anda buat adalah flowchart maka baiknya Anda pilih beberapa simbol yang memang Anda butuhkan di bagian flowchart.
  • Perhatikan kembali bentuk dari simbol dan kegunaannya. Anda juga bisa melihat simbol flowchart dengan Anda arahkan kursor di salah satu simbol flowchart tersebut. Selanjutnya pilih shape satu per satu dan letakkan di drawing canvas.
  • Jika Anda sudah selesai dalam pemilihan shape, Anda bisa ubah style dari bentuk simbol tersebut. Caranya dengan Anda klik tanda panah ke arah bawah di bagian shape style kemudian pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Akan tetapi baiknya Anda harus usahakan dengan memilih warna yang terang agar kesan rapi bisa Anda temukan.
  • Anda juga bisa memilih bentuk shape yang dengan latar belakang putih dan border berwarna hitam yang biasanya paling sering digunakan.

Sisipkan teks

Jika Anda memiliki keperluan menyisipkan suatu teks didalam flowchart, Anda juga bisa kok melakukannya. Biasanya flowchart square atau lingkaran yang seringkali disisipi dengan teks didalamnya.

Terdapat setidaknya dua cara yang bisa Anda lakukan dalam menyisipkan suatu teks ke dalam shapes yang sudah Anda buat. Caranya sebagai berikut :

  • Cara pertama Anda harus klik gambar terlebih dahulu. Kemudian Anda klik kanan pada mouse sehingga nantinya akan muncul suatu jendela pop up menu dialog dan selanjutnya pilih “edit text”.
  • Atau cara yang kedua Anda langsung saja klik dua kali di bagian shape yang akan Anda tambahkan teks. Cara kedua ini lebih simple dan paling mudah digunakan dibandingkan cara yang pertama.

Baca juga : Pengertian Akuntansi, Fungsi Dan Beberapa Bidang Akuntansi | Lengkap!

Menyisipkan garis

Menyisipkan garis didalam flowchart biasanya dilakukan dalam berbagai keperluan. Seperti ketika membuat suatu bagan, denah atau sebagainya dengan mengandalkan flowchart. Nantinya hal tersebut dikaitkan dalam metode menjelaskan suatu hal secara rinci.

Cara menyisipkan garis didalam flowchart cukup simple. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda masuk di bagian menu bar.
  • Pada menu bar, klik insert kemudian pilih shapes.
  • Selanjutnya nanti akan muncul jendela pop up menu dialog yang akan menampilkan beberapa bentuk yang sudah disediakan oleh Microsoft word. Kemudian Anda bisa pilih garis yang Anda butuhkan di bagian Lines.
  • Anda juga dapat melakukan pengaturan warna dan bentuk garis di bagian shape styles. Caranya yaitu dengan Anda klik tanda panah ke arah bawah di bagian shape styles kemudian pilih garis sesuai dengan kebutuhan flowchart Anda.

Flowchart yang sering kita gunakan sendiri sebenarnya terdiri atas berbagai jenis. Berikut jenis – jenis flowchart yang sering digunakan diantaranya :

  • System flowchart : Flowchart ini bertujuan untuk menjelaskan urutan dari suatu prosedur dan menunjukkan apa yang dikerjakan oleh sebuah sistem.
  • Document flowchart : Digunakan untuk menunjukkan suatu arus dari laporan dan juga formulir termasuk lampirannya yang dikenal juga dengan sebutan paperwork flowchart.
  • Program flowchart : Jenis flowchart ini menjelaskan secara rinci langkah – langkah dari suatu proses program yang terdiri atas dua macam alur yaitu bagan alur logika program dan juga bagan alur program komputer yang terinci.
  • Process flowchart : Bagan alir yang satu ini digunakan untuk menganalisa suatu sistem yang menggambarkan suatu proses didalam suatu prosedur tertentu.

Apapun kebutuhan flowchart Anda, Anda bisa membuatnya dengan mudah. Itulah beberapa langkah dan tahapan dalam cara membuat flowchart yang bisa Anda coba.

Loading...

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Flowchart Di Microsoft Word Bagi Pemula

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.