Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam-Macam Dan Fungsi Seni Rupa

Dalam dunia seni, kita mengenal berbagai cabang – cabang seni. Salah satunya kita mengenal istilah tentang fine art atau seni rupa. Apa yang dimaksud dengan fine art atau seni rupa? Pengertian seni rupa adalah suatu cabang seni yang menghasilkan sebuah karya seni dimana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh indera manusia secara khusus indera penglihatan dan indera peraba.

Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa
pixabay

Dikatakan juga bahwa pengertian seni rupa adalah cabang kesenian yang menghasilkan suatu karya yang bisa dinikmati masyarakat secara umum melalui wujud nyata yang bisa dilihat oleh mata. Atau dengan kata lain bahwa fine art merupakan suatu karya seni yang fokus pada keindahan visual dan sentuhan. Karya seni ini pada orang – orang tertentu dapat menjadi suatu hiburan tersendiri hanya dengan melihat atau menyentuhnya saja.

Seni rupa terbagi ke dalam dua elemen berdasarkan bentuknya yaitu seni rupa dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Sementara mengenai unsur, macam – macam dan fungsinya tentang seni rupa bisa kita simak dalam penjelasan berikut ini!

Unsur – Unsur Seni Rupa

Ada beberapa Unsur-unsur seni rupa yang wajib Anda ketahui. Di bawah ini 8 unsur seni rupa disertai penjelasannya.

Unsur Titik

Unsur titik merupakan unsur yang paling kecil dan merupakan dasar dari semua ide seni yang nantinya akan dibuat oleh seorang seniman. Bisa dibilang unsur ini merupakan bagian yang paling menentukan sebelum terciptanya suatu karya seni.

Unsur Garis

Unsur garis merupakan unsur yang menggabungkan semua titik menjadi suatu bentuk tertentu. Unsur ini akan membentuk sebuah ciri khas dan watak suatu karya seni.

Unsur Bidang

Unsur bidang adalah hasil pengembangan dan juga penggabungan dari banyak garis sehingga akan menghasilkan beberapa sisi dalam sebuah karya seni.

Unsur Bentuk

Unsur bentuk merupakan suatu unsur yang akan membuat sebuah karya seni menjadi jauh lebih bermakna dan hidup. Unsur ini meliputi segala detail dan sentuhan yang menjadikan hasil karya seni jauh lebih indah.

Unsur Ruang

Unsur ruang merupakan suatu unsur yang memiliki sifat nyata dan semu juga tergantung pada elemen dimensinya. Apakah elemen dua dimensi ataukah elemen tiga dimensi.

Unsur Warna

Unsur warna merupakan unsur dalam seni rupa yang sangat penting bagi karya seni ini. Suatu perpaduan warna bisa membuat suatu karya seni akan jauh lebih indah.

Unsur Tekstur

Dalam hal tekstur, unsur tekstur memiliki sifat atau kondisi yang terdapat pada sebuah karya seni. Dalam suatu seni tekstur terdiri atas dua jenis yaitu tekstur semu dan tekstur nyata yang erat kaitannya bagi hasil akhir sebuah karya seni.

Unsur Gelap Terang

Unsur yang satu ini merupakan sebuah unsur yang dapat membuat suatu karya seni terlihat lebih nyata karena kaitannya dengan detail suatu objek dalam sebuah karya seni rupa.

Selengkapnya : 7 Unsur Kebudayaan Universal Menurut Koentjaraningrat dan Para Ahli

Macam-macam Seni Rupa

Macam-macam Seni Rupa
pixabay

Selanjutnya adalah macam-macam seni rupa yang akan kita ulas lengkap dengan contohnya.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan suatu cabang seni rupa yang menghasilkan karya yang lebih fokus pada nilai – nilai keindahan atau nilai estetikanya saja. Dalam jenis seni rupa yang satu ini hasil akhir suatu karya seni tidak peduli tentang nilai fungsional atau nilai praktis dari sebuah karya yang dibuat. Beberapa contoh seni rupa murni diantaranya :

  • Lukisan

Melukis merupakan sebuah kegiatan membuat suatu gambar dua dimensi atau tiga dimensi. Gambar dua dimensi biasanya menggunakan canvas sebagai medium. Gambar tiga dimensi ini juga bisa menggunakan medium seperti patung. Alat – alat yang secara umum digunakan seperti kertas, kanvas, pensil, cat air, cat akrilik, kuas dan yang lainnya. Akan tetapi di zaman modern sekarang ini melukis bisa menggunakan sebuah pen tablet yang turut hadir dengan sebuah desain secara khusus untuk keperluan menggambar. Hasilnya juga sangat cantik dan sempurna.

  • Patung

Patung merupakan sebuah karya seni tiga dimensi yang dibuat dengan teknik memahat. Media patung yang bisa digunakan untuk menciptakan karya seni ini ada berbagai macam mulai dari logal, kayu, batu alam dan yang lainnya. Hasil karya seni rupa ini sering ditemukan di zaman kerajaan sekarang ini bisa dengan mudah kita temukan kalau kita berkunjung ke candi, kuil, atau peninggalan kerajaan zaman dulu. Di Jakarta dan Bali masih dapat dengan mudah kita temukan patung.

  • Relief

Relief ini mirip dengan lukisan akan tetapi bedanya jika lukisan digambar pada medan datar dua dimensi, jika relief media untuk menggambarnya adalah di medan datar 3 dimensi. Dalam istilah seni rupa relief sering disebut trimatra. Relief dapat kita temukan dengan mudah juga di berbagai peninggalan kerajaan zaman dulu seperti di candi atau rumah – rumah khas Bali.

  • Mozaik

Mozaik ini merupakan lukisan yang dibuat dengan bahan dari pecahan atau potongan kecil sebuah benda yang bisa berupa kain, kaca, kertas atau bahkan batu keramik. Mozaik sendiri sudah dikenal sejak zaman romawi kuno.

  • Ukiran

Seni ukiran mirip dengan relief, akan tetapi bedanya terletak pada ukuran.  Ukiran biasa berbentuk hewan dan tumbuhan yang dipahat pada media berupa kayu atau batu. Di zaman dulu, seni ukir ini masuk ke dalam kategori seni terapan.

Seni Desain

Seni desain merupakan cabang – cabang seni yang secara langsung ada kaitannya dengan sebuah proses kreatif dalam merencanakan atau merancang bentuk. Beberapa yang termasuk didalam seni desain diantaranya meliputi :

  • Arsitektur
  • Desain interior
  • Desain busana
  • Desain visual

Seni Kriya

Seni kriya adalah suatu karya seni yang diciptakan dengan memanfaatkan keterampilan tangan dan memperhatikan nilai seni dan juga berbagai aspek fungsional suatu karya yang dihasilkan. Beberapa yang termasuk ke dalam seni kriya diantaranya :

  • Kerajinan kriya rotan
  • Seni ukir kayu atau pahat
  • Kerajinan Bahan Lunak
  • Kerajinan kriya bambu
  • Kerajinan kriya keramik
  • Kerajinan kriya logam

Mampir ya : 100+ Gambar Grafiti Nama Keren serta Cara Membuatnya

Fungsi Seni Rupa

Fungsi Seni Rupa
pixabay

Sering kali pengertian seni rupa dianggap hanya menampakkan keindahan yang tampak saja. Seperti goresan atau paduan warna yang menarik. Namun tahukah Anda bahwa fungsi seni rupa itu cukup banyak. Simak selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Individu Seni Rupa

Fungsi individu dalam seni rupa berarti sebuah karya seni hanya digunakan untuk kebutuhan emosional seseorang saja. Salah satu contohnya adalah suatu hasil karya seni yang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan penikmat yang cinta dengan hasil karya seni tersebut. Penilaian orang lain atas karya tersebut tidak dipedulikan.

Fungsi Sosial Seni Rupa

Kita bisa sebut bahwa fungsi sosial ini merupakan fungsi hiburan atas sebuah karya seni. Hiburan merupakan fungsi seni yang dapat dirasakan secara langsung. Ketika kita melihat suatu karya seni hati akan menjadi damai, tenang dan nyaman. Kemudian akan timbul rasa semangat kembali dalam berkarya dimana ini akan menjadi suatu keuntungan yang sangat berlipat dalam apresiasi seni.

Keindahan dan sekaligus kenyamanan dalam sebuah karya seni menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dapat menghibur banyak orang dari berbagai kalangan. Sama halnya dengan perpaduan unsur music yang mampu membangkitkan keceriaan, seni rupa juga membantu manusia untuk menyegarkan suasana setelah menjalani berbagai rutinitas yang melelahkan sepanjang hari.

Demikian berbagai informasi tentang pengertian seni rupa dan berbagai penjelasan lengkapnya. Menarik, kumpulan kata kata malam minggu yang indah anti galau. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.