Macam-Macam Zakat dan Cara Menghitung Zakat | Lengkap

Bagi setiap umat Islam, membayar zakat merupakan suatu kewajiban utama yang harus dilakukan. Zakat sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk. Tidak hanya zakat fitrah, masih ada macam-macam zakat yang lain yang harus dibayarkan sebagai umat Islam.

Macam-Macam Zakat dan Cara Menghitungnya

macam macam zakat
pixabay

Saking pentingnya membayar zakat, didalam rukun Islam kewajiban membayar zakat menempati urutan ketiga setelah mengucapkan kalimat syahadat dan menjalankan sholat. Karena itu bisa kita tahu bahwa zakat merupakan hal yang harus dilakukan umat Islam. Penjelasan lengkapnya tentang cara menghitung zakat dan macam-macam zakat bisa kita simak dalam uraian informasi di bawah ini!

Zakat perdagangan

Masing – masing kekayaan atau penghasilan yang didapatkan dari kegiatan dagang juga perlu dikeluarkan zakatnya yang disebut dengan zakat perdagangan atau zakat niaga. Kekayaan dari berdagang termasuk stok barang dagangan ditambah dengan uang kontan dan piutang yang masih mungkin kembali ada zakatnya tersendiri.

Jika nilai total dari kekayaan kegiatan berdagang tersebut dikurangi dengan kewajiban utang telah mencapai nisab atau setara dengan nilai 85 gram emas dan telah berusia satu tahun haul maka besaran zakat yang perlu dibayarkan adalah 2,5%.

Rumusan untuk menentukan zakat perdagangan yaitu =

(modal yang diputar + keuntungan + piutang yang bisa dicairkan) – (hutang + kerugian) x 2,5%

Zakat pertanian

Bagi Anda yang punya mata pencaharian sebagai petani yang menghasilkan makanan pokok juga ada hitungan zakatnya. Ketentuan perhitungan zakat pertanian sebagai berikut :

  • Jika ukuran hasil pertanian yang didapatkan sudah mencapai angka 653 kg gabah atau nisabnya sebesar 520 kg jika yang dihasilkan adalah makanan pokok
  • Jika selain makanan pokok, maka nishabnya disamakan dengan makanan pokok paling umum yang ada di suatu daerah.
  • Kadar zakat jika diairi dengan air hujan, sungai atau mata air sebesar 10%
  • Kadar zakat jika diairi dengan cara disiram atau irigasi maka zakatnya sebesar 5% saja
  • Zakat pertanian bisa dibayarkan setiap masa panen

Selengkapnya : Ayat Seribu Dinar | Cara Mengamalkan dan Fadhilatnya

Zakat hewan ternak

Ketentuan zakat hewan ternak berlaku bagi setiap umat muslim yang memiliki hewan ternak dengan tata aturan sebagai berikut :

  • Zakat hewan ternak unta.

Jika seseorang memiliki 5 sampai 9 ekor unta, maka zakatnya adalah 1 ekor kambing. Jika seseorang memiliki 10 sampai dengan 13 ekor unta, maka zakatnya adalah 2 ekor kambing.

 

Jika seseorang memiliki 15 sampai dengan 19 ekor unta, maka zakatnya adalah 3 ekor kambing. Sementara jika seseorang memiliki 20 sampai dengan 24 ekor unta maka zakatnya sebesar 4 ekor kambing.

 

  • Zakat hewan ternak sapi atau kerbau.

Jika seseorang memiliki 30 sampai dengan 39 ekor sapi atau kerbau maka zakatnya 1 ekor sapi jantan atau betina usia 1 tahun. Jika seseorang memiliki sebanyak 40 – 59 ekor sapi atau kerbau maka zakatnya adalah 2 ekor anak sapi betina usia 2 tahun. Jika seseorang memiliki 60 – 69 ekor sapi atau kerbau maka zakatnya adalah 2 ekor anak sapi jantan.

 

Jika seseorang memiliki 70 – 79 ekor sapi atau kerbau maka diwajibkan mengeluarkan zakat 2 ekor anak sapi betina usia 2 tahun ditambah dengan 1 ekor anak sapi jantan usia 1 tahun dan seterusnya.

 

  • Zakat hewan ternak kambing atau domba

Jika seseorang memiliki 1 – 120 ekor kambing atau domba, zakatnya adalah 1 ekor kambing. Jika seseorang memiliki 120 – 200 ekor kambing atau domba maka zakatnya adalah 2 ekor kambing. Jika seseorang memiliki 201 – 399 ekor kambing atau domba maka zakatnya adalah 3 ekor kambing.

 

Jika seseorang memiliki sebanyak 400 – 499 ekor kambing atau domba maka zakatnya adalah 4 ekor kambing atau domba dan seterusnya setiap kelipatan 100 ekor zakatnya ditambah 1 ekor kambing.

Zakat emas dan perak

Jika Anda merupakan orang dengan simpanan emas dan perak maka diwajibkan atas diri Anda mengeluarkan zakat emas dan perak dengan ketentuan tertentu. Untuk zakat emas, Anda yang wajib mengeluarkan zakat adalah jika emas Anda sudah mencapai haul satu tahun, mencapai nishab 85 gram emas murni. Jika syarat zakat emas tersebut terpenuhi maka Anda harus mengeluarkan zakat sebesar 2,5%.

Cara menghitung zakat emas adalah jika seluruh emas yang dimiliki, tidak dipakai atau dipakai hanya satu tahun sekali maka zakat emas adalah emas yang dimiliki x harga emas saat ini x 2,5%. Jika emas yang dimiliki ada yang dipakai seperti perhiasan maka hitungan zakat emasnya adalah emas yang dimiliki – emas yang dipakai x harga emas x 2,5%.

Sementara syarat mengeluarkan zakat perak yaitu mencapai haul satu tahun, mencapai nishab 595 gram perak dan jika memenuhi syarat tersebut maka Anda harus mengeluarkan zakat sebesar 2,5%. Cara menghitung zakat perak adalah jika seluruh perak yang dimiliki, tidak dipakai atau dipakai hanya satu tahun sekali maka hitungan zakatnya perak yang dimiliki x harga perak x 2,5%.

Zakat profesi atau zakat penghasilan

Zakat ini merupakan zakat yang dikeluarkan dari pendapatan atau penghasilan Anda. Zakat yang harus dikeluarkan adalah jika pendapatan Anda telah mencapai nishab atau ukuran tertentu. Saat ini ukurannya adalah pendapatan setara 520 kg beras wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5%.

Anda bisa menghitung dari pendapatan kasar atau bruto dimana cara menghitungnya adalah besar zakat yang dikeluarkan = pendapatan total keseluruhan x 2,5%.

Cara menghitung pendapatan bersih atau netto untuk zakat penghasilan adalah pendapatan wajib zakat = pendapatan total – pengeluaran perbulan. Cara menghitung besar zakat yang harus dibayarkan adalah menghitung pendapatan wajib zakat x 2,5%.

Yang dimaksud pengeluaran per bulan disini adalah pengeluaran kebutuhan primer yang berupa sandang, papan dan pangan. Pengeluaran perbulan juga termasuk pengeluaran diri, istri, 3 orang anak, orang tua dan cicilan rumah. Jika dia seorang istri maka kebutuhan diri, 3 orang anak, cicilan rumah tidak termasuk didalam pengeluarannya karena ditanggung oleh suami.

Baca juga : Kumpulan Hadist Tentang Cinta Sejati

Zakat investasi

Zakat investasi ini merupakan zakat yang dikenakan terhadap harta yang didapatkan dari hasil investasi. Contohnya bangunan atau suatu kendaraan yang disewakan. Zakat investasi yang dikeluarkan ketika menghasilkan sementara modal investasinya tidak dikenai zakat. Besar zakat investasi yang harus dikeluarkan adalah 5% untuk penghasilan kotor dan 10% untuk penghasilan bersih.

Zakat tabungan

Setiap orang Islam yang memiliki uang dan sudah disimpan selama satu tahun dengan nilai yang setara dengan 85 gram emas maka wajib atasnya mengeluarkan zakat sebesar 2,5%.

Zakat rikaz

Zakat rikaz ini merupakan zakat penemuan harta yang terpendam di tanah selama bertahun – tahun. Zakatnya baik berupa emas atau perak yang tidak diketahui lagi pemiliknya. Maka berhak atas orang yang menemukan barang rikaz tersebut untuk mengeluarkan zakat sebesar 20%.

Zakat fitrah

Zakat fitrah atau zakat pensucian jiwa merupakan zakat yang wajib dibayarkan oleh setiap orang yang mampu atau memiliki kelebihan kemampuan pemenuhan pangan satu tahun sekali. Besarnya zakat fitrah ini untuk mensucikan diri manusia adalah sekitar 3,5 liter atau 2,7 kg beras atau bahan makanan yang dimakan sehari – harinya.

Zakat ini dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat idul fitri. Anda yang menjadi kepala keluarga dan menafkahi banyak orang, juga memiliki kewajiban dalam mengeluarkan zakat fitrah tanggungan seperti zakat fitrah untuk anak, istri, orang tua dan sebagainya.

Itulah macam-macam zakat dan cara menghitungnya yang harus kita tahu. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.