Pengertian Akuntansi, Fungsi Dan Beberapa Bidang Akuntansi | Lengkap!

Akuntansi berasal dari kata accounting yang artinya menghitung. Pengertian akuntansi secara umum adalah suatu proses dalam dunia keuangan yang diawali dengan kegiatan mencatat, mengelompokkan, mengolah dan menyajikan data. Kegiatan dalam akuntansi termasuk transaksi apapun yang ada kaitannya dengan keuangan sehingga informasi yang didapatkan digunakan oleh orang yang memiliki kompeten di bidangnya sebagai dasar pengambilan keputusan.

Akuntansi ini menjadi suatu dasar untuk pemilik perusahaan, investor, karyawan dan pemerintah dalam menentukan kebijakan – kebijakan terkait perusahaan yang bersangkutan. Informasi selengkapnya tentang akuntansi akan kita jabarkan dalam uraian informasi di bawah ini!

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
pixabay.com

Selanjutnya mengulas mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli yang bisa kamu pelajari di bawah ini.

Pengertian akuntansi menurut Abu Bakar A dan Wibowo

Menurut Abu Bakar A dan Wibowo, akuntansi merupakan suatu proses mencatat, mengidentifikasi dan melakukan komunikasi atas semua transaksi ekonomi sebuah perusahaan.

Pengertian akuntansi menurut Paul Grady

Akuntansi menurut Paul Grady adalah sebuah body of knowledge yang memiliki fungsi organisasi secara tersusun, orisinil, otentik dalam menganalisa dan menafsirkan sejumlah kejadian dan transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Dengan akuntansi informasi yang dibutuhkan manajemen tentang semua laporan dan sekaligus pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterima akan jauh lebih mudah diketahui.

Pengertian akuntansi menurut Accounting Principle Board

Menurut Accounting Principle Board, akuntansi adalah suatu aktivitas atau kejadian jasa dalam menyajikan informasi yang bersifat kuantitatif dimana informasi tersebut berupa tolak ukur materi tentang suatu badan ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi didalam memilih berbagai alternatif kebijakan ekonomi yang harus diambil.

Fungsi Akuntansi

Fungsi Akuntansi
pixabay.com

Secara umum, fungsi akuntansi meliputi beberapa hal berikut ini diantaranya :

Tolak ukur perusahaan

Sebagai tolak ukur perusahaan artinya setiap transaksi perusahaan yang terjadi akan dicatat dan dilaporkan secara akuntansi agar bisa tahu perusahaan tersebut tergolong perusahaan yang sehat atau tidak. Jika hal sebaliknya terjadi maka perusahaan bisa dibilang tidak dalam kondisi sehat dan ada beberapa aspek yang harus diubah. Akuntansi juga menjadi tolak ukur kondisi perusahaan karena penyusunan laporan disesuaikan bersama standar ilmu akuntansi yang benar dan bisa digunakan untuk melihat keadaan perusahaan dalam jangka panjang.

Fungsi perpajakan

Sebuah perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Jika perusahaan tidak membayar pajak maka perusahaan ditutup izin usahanya oleh pemerintah. Nah, untuk menghitung besarnya pajak perusahaan diperlukan ilmu akuntansi ini.

Pendeteksi terhadap penyalahgunaan dan potensi penyalahgunaan

Akuntansi juga bisa digunakan ilmunya untuk melacak, mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan dana di suatu badan usaha atau perusahaan. Laporan keuangan yang dilengkapi dengan bukti transaksi perlu disusun secara tepat dan benar agar hasil informasinya yang tersaji juga akurat dan bisa menjadi pertanggungjawaban dalam berbagai keperluan.

Baca selengkapnya : √ Pengertian Opini Beserta Ciri dan Contoh Kalimat Opini Terbaru

Manfaat Akuntansi

Manfaat Akuntansi
pixabay.com

Ada banyak sekali manfaat akuntansi dalam berbagai keperluan, diantaranya sebagai berikut.

Menyediakan informasi keuangan untuk dasar keputusan managerial

Dalam proses pengambilan keputusan, ada berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah kondisi perusahaan. Untuk bisa tahu kondisi perusahaan sekarang sedang bagaimana dan seperti apa, kita bisa membaca melalui informasi akuntansi yang disajikan karena akuntansi juga bermanfaat untuk menyediakan informasi keuangan untuk dasar  keputusan bagi managerial perusahaan.

Semisal ketika kita dihadapkan dengan angka permintaan suatu produk yang jauh lebih tinggi maka sebuah perusahaan dapat melihat perhitungan akuntansi sebagai dasar bagi pengambilan keputusan. Jika pemasukan perusahaan sedang tinggi dan cashflow berjalan lancar maka pembelian asset dalam rangka peningkatan produksi bisa dilakukan. Lain halnya jika cashflow berjalan lambat maka hal ini tidak perlu dilakukan atau setidaknya ditunda sampai cashflow kembali dalam kondisi normal.

Sebagai dasar laporan kepada pihak eksternal

Pihak – pihak eksternal seperti investor dan para pemegang saham juga perlu informasi laporan keuangan perusahaan yang digunakan sebagai dasar penilaian atas bagaimana kinerja perusahaan dan manajemen. Manfaat akuntansi yang satu ini sangat memungkinkan bagi pihak eksternal untuk melakukan pelacakan atas perkembangan dan aktivitas perusahaan.

Jika keuangan perusahaan dalam kondisi sehat dan stabil maka besar kemungkinan bagi investor dan para pemegang saham kembali menanamkan modal untuk perkembangan perusahaan tersebut. Akan tetapi jika hasilnya sebaliknya, maka investor dan para pemegang saham bisa membantu dengan memberikan saran kepada aktivitas dan proses pengambilan keputusan demi kepentingan perusahaan.

Sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan

Didalam sebuah perkembangan usaha, akuntansi juga memiliki peran sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan. Manfaat akuntansi dalam memberikan informasi tentang tata kelola dana seperti laba dan atau kerugian yang dialami perusahaan secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan bagi perusahaan yang bersangkutan. Misalkan dengan mengetahui apakah keuntungan mengalami peningkatan atau penurunan sehingga nantinya pengeluaran dan belanja perusahaan bisa ditambah atau ditekan.

Baca selengkapnya : 99+ Pantun Betawi Lucu Palang Pintu Kocak Sindiran Asli

Bidang – Bidang Akuntansi

Bidang – Bidang Akuntansi

Ada beberapa bidang akuntasi yang perlu kamu ketahui. Uraian lengkapnya seperti di bawah ini.

Financial accounting atau akuntansi keuangan

Financial accounting atau akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang paling banyak dipelajari. Bidang akuntansi yang satu ini berkaitan erat dengan pencatatan transaksi keuangan sebuah perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk menyajikan data dari setiap transaksi keuangan selama periode tertentu. Akuntansi keuangan selain itu juga memiliki peran untuk membuat laporan keuangan dari data – data yang sudah dimiliki oleh pihak pembuat laporan keuangan.

Management accounting atau akuntansi manajemen

Management accounting atau akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang secara khusus bertugas dalam membantu pihak internal perusahaan dalam menentukan berbagai macam kebijakan. Akuntansi manajemen ini akan memberikan data – data secara real kepada pihak manajemen sebagai bahan pembahasan dalam menentukan arah kebijakan perusahaan utamanya untuk hal – hal yang berkaitan dengan financial perusahaan.

Cost accounting atau akuntansi biaya

Cost accounting atau akuntansi biaya merupakan bidang akuntansi yang bertugas melakukan analisa, perencanaan, penetapan dan pengendalian biaya produksi suatu barang. Akuntansi biaya biasanya ada di perusahaan industri atau manufaktur.

Auditing accounting atau akuntansi pemeriksaan

Auditing accounting atau akuntansi pemeriksaan merupakan bidang akuntansi yang berfokus pada pemeriksaan laporan keuangan yang sudah dibuat perusahaan secara independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Tujuannya juga untuk mencari tahu kebenaran dari laporan keuangan yang sudah dibuat sebuah perusahaan.

Tax accounting atau akuntansi perpajakan

Tax accounting atau akuntansi perpajakan merupakan bidang akuntansi yang tugasnya berkaitan langsung dengan pajak. Orang yang mengurusi tentang perpajakan akan bertanggung jawab dalam menghitung seberapa besar pajak yang perlu dibayar oleh perusahaan.

Budgetting accounting atau akuntansi anggaran

Budgetting accounting atau akuntansi anggaran merupakan suatu bidang akuntansi yang terfokus pada penyusunan rancangan pengeluaran perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Bidang akuntansi ini juga digunakan dalam melakukan control atas sebuah perencanaan keuangan sembari menganalisanya.

Governmental accounting atau akuntansi pemerintahan

Governmental accounting atau akuntansi pemerintahan bertugas menyajikan laporan keuangan berupa data akuntansi dari berbagai aspek pengelolaan administrasi keuangan pemerintah.

Education accounting atau akuntansi pendidikan

Bidang akuntansi yang satu ini secara khusus memperhatikan bidang pendidikan. Semisal kegiatan belajar mengajar akuntansi, penelitian akuntansi, penyesuaian kurikulum pendidikan akuntansi atau hal lain yang berkaitan dengan pendidikan akuntansi.

System accounting atau sistem akuntansi

System accounting atau sistem akuntansi berkaitan dengan pembuatan prosedur akuntansi atau alat – alat pendukung lainnya. Sistem akuntansi ini akan diikuti dengan pengumpulan data dan laporan keuangan yang lain.

International accounting atau akuntansi internasional

International accounting atau akuntansi internasional sesuai namanya merupakan bidang akuntansi yang terjadi didalam transaksi perdagangan internasional. Biasanya banyak terdapat di perusahaan – perusahaan berskala multinasional.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian akuntansi dan berbagai aspek terkait lainnya. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.