Cara Penulisan Gelar yang Benar – Gelar Sarjana, Diploma, Magister

Penulisan Gelar merupakan singkatan yang menunjukkan tingkat pendidikan seseorang. Bagi ibnudin, penulisan gelar terkesan mudah karena hanya berbentuk singkatan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya cara penulisan gelar itu tidak boleh asal karena mengandung arti dan makna tertentu?

Ya, dalam menulis gelar ada aturannya sendiri dan tidak boleh salah karena kalau salah malah akan menunjukkan arti yang berbeda dengan apa yang dimaksud. Mengetahui bagaimana cara penulisan gelar sangat penting karena pengetahuan ini sangat dibutuhkan khususnya Anda yang akan melamar pekerjaan, memiliki partner bisnis atau untuk keperluan yang lain. Berikut kami akan berikan informasi selengkapnya untuk Anda bagaimana cara penulisan gelar yang tepat dalam bahasa Indonesia.

Cara Penulisan Gelar yang Benar Menurut EYD

Cara Penulisan Gelar yang Benar
Canva

Dibawah ini kami akan berikan uraian informasinya tentang bagaimana cara penulisan gelar yang tepat agar tidak salah dalam penulisannya. Terdapat aturan dan panduan dalam penulisan gelar didalam EYD yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang ada di Indonesia, berikut tata cara penulisan gelar yang harus Anda tahu :

  • Masing – masing gelar dituliskan sebelum atau sesudah nama pemilik dari gelar yang akan dituliskan tersebut.
  • Masing – masing gelar harus ditulis dengan menggunakan tanda titik antara satu huruf dengan huruf yang lain pada singkatan dari gelar yang ada.
  • Nama orang yang menyandang gelarnya dengan gelar yang ia sudah tempuh haruslah dipisahkan dengan menggunakan tanda koma.
  • Jika memang gelar yang didapatkan seseorang akan dicantumkan lebih dari satu nantinya (misalkan seseorang yang menyandang pendidikan dengan mendapat lebih dari 1 gelar), maka antara satu gelar dengan gelar yang lainnya harus dipisahkan terlebih dahulu dengan menggunakan tanda koma. Misalkan saja sebagai contoh : Siti Nurbaya, S.Ag, S.E.

Gelar sendiri baik penulisan gelar untuk lulusan diploma, sarjana dan master memiliki tata cara penulisan berbeda yang harus dipahami. Berikut kami akan uraikan informasi selengkapnya tentang bagaimana cara penulisan gelar diploma, sarjana dan master yang tepat.

Cara Penulisan Gelar Diploma

Cara Penulisan Gelar Diploma
Canva

Mereka yang menempuh pendidikan diploma akan mendapatkan gelar tersebut. Berikut ini merupakan gelar – gelar dan singkatan dari gelar yang didapatkan oleh seseorang yang menempuh pendidikan setara diploma yang paling umum dipakai di Indonesia, meliputi :

Diploma satu D1 : cara penulisan gelar Ahli pratam : A.P.

Diploma dua (D3) :

Ahli Madya : A.Md

Ahli Madya Pendidikan : A.Md.PD.

Ahli Madya Keperawatan : A.Md.Per.

Ahli Madya Kesehatan : A.Md.Kes.

Ahli Madya Kebidanan : A.Md.Bid.

Ahli Madya Pariwisata : A.Md.Par.

Baca juga :

Contoh Paper Singkat

Cara Penulisan Gelar Sarjana

Cara Penulisan Gelar Sarjana
Canva

Gelar sarjana sendiri sebenarnya terbagi ke dalam dua jenis. Jenis yang pertama adalah gelar sarjana dalam negeri dan yang kedua adalah gelar sarjana luar negeri. Untuk cara penulisan gelar sarjana dalam negeri yang sering dan paling umum digunakan meliputi :

Sarjana Agama : S.Ag.

Sarjana Pendidikan : S.Pd.

Sarjana Sains : S. SI.

Sarjana Psikologi : S.PSi.

Sarjana Humaniora : S.Hum.

Sarjana Komputer : S.Kom.

Sarjana Seni : S.Sn.

Sarjana Peternakan : S.Pt.

Sarjana Kedokteran : S.Ked.

Sarjana Teologi Islam : S.Th.I.

Sarjana Kesehatan : S.Kes.

Sarjana Sosial : S.Sos.

Sarjana Karawitan : S.Kar.

Sarjana Filsafat : S.Fhil.

Sarjana Teknik : S.T.

Sarjana Pertanian : S.P.

Sarjana Sastra : S.S.

Sarjana Hukum : S.H.

Sarjana Ekonomi : SE.

Sarjana Teologi Kristen : S.Th.K.

Sarjana Sosial Islam : S.Sos.I.

Sarjana Pendidikan Islam : S.Pd.I

Master Music : M.Mus.

Itulah bagaimana cara penulisan gelar sarjana dalam negeri. Tentu diantara kita sudah banyak yang tahu tentang hal tersebut. Lantas, bagaimana cara penulisan gelar untuk sarjana luar negeri?

Adapun gelar sarjana untuk luar negeri ditulis dengan menuliskan huruf pertama “B” yang memiliki makna “Bachelor” atau dalam bahasa Indonesia adalah Sarjana. Kemudian diikuti dengan inisial dari bidang studi yang diikuti oleh orang yang menempuh pendidikan yang bersangkutan. Adapun contoh gelar sarjana luar negeri diantaranya :

Bachelor of Arts : B.A.

Bachelor of Medicine : B.M

Bachelor of Divinity : B.D.

Bachelor of Agriculture : B.Ag.

Bachelor of Education : B.E.

Bachelor of Science : B.Sc.

Baca juga :

Kumpulan Pantun Betawi

Cara Penulisan Gelar Magister

Cara Penulisan Gelar Magister
Canva

Jika seseorang menempuh pendidikan lanjutan atau pendidikan pasca sarjana, mereka akan mendapatkan gelar magister. Mengenai penulisannya juga berbeda untuk magister dalam negeri dan magister luar negeri.

Untuk penulisan magister dalam negeri sebagai berikut :

Magister agama : M.Ag.

Magister pendidikan : M.Pd.

Magister Sains : M.Si.

Magister Psikologi : M.Psi.

Magister Humaniora : M.Hum.

Magister Komputer : M.Kom.

Magister Seni : M.Sn.

Magister Teknik : M.T.

Magister Hukum : M.H.

Magister Management : M.M

Magister Kesehatan : M.Kes.

Magister Pertanian : M.P.

Magister Filsafat : M.Fhil.

Magister Ekonomi : M.E.

Magister Hukum Islam : M.H.I

Magister Filsafat Islam : M.Fil.I

Magister Ekonomi Islam : M.E.I

Magister Pendidikan Islam : M.Pd.I

Bagi seseorang yang menempuh gelar magister luar negeri (pendidikan pasca sarjana luar negeri) , maka mereka akan mendapatkan gelar dengan tata cara penulisan berikut ini :

Master of Arts : M.A.

Master of Science : M.Sc.

Master of Education : M.Ed.

Master of Literature : M.Litt

Master of Library : M.Lib

Master of Architecture : M.Arch

Sebenarnya di sekitar kita terdapat beberapa kasus atau kerancuan yang seringkali terjadi di kalangan akademisi atau masyarakat secara luas yaitu tentang bagaimana penulisan DR dan Dr. Sebenarnya untuk cara membedakan kedua hal ini memang bukan sesuatu yang sulit.

Hanya saja yang menjadi pembedanya, untuk gelar DR maka maknanya adalah Doktor Honoris Causa yang merupakan gelar doctor untuk seseorang yang sudah dianggap mumpuni di bidangnya oleh suatu perguruan tinggi. Sementara untuk gelar Dr sendiri memang menjadi suatu gelar yang disandang oleh seseorang karena dia sudah menyelesaikan proses pendidikan doctoral.

Itulah informasi tentang cara penulisan gelar yang tepat beserta contoh penulisannya. Semoga menjadi informasi yang semakin menambah cakrawala Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.