Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsur Seni Musik

Pada dasarnya musik merupakan bunyi yang diungkapkan melalui suatu ritme yang teratur disertai dengan melodi yang indah. Lantas seperti apa pengertian seni musik yang merupakan dunia bagi seorang pemusik? Musik merupakan bagian dari seni musik.

Para ahli memiliki pengertian yang berbeda – beda tentang seni musik walaupun pengertian tersebut yang berbeda merujuk pada suatu maksud yang sama. Musik didalam seni musik tercipta melalui alunan suara manusia disertai dengan gabungan berbagai alat musik yang tidak hanya bisa menjadi media berekspresi dan hiburan melainkan juga digunakan sebagai sarana pendidikan, bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai profesi.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik
Canva

Berikut ini beberapa pengertian seni musik menurut para ahli yang bisa Anda pelajari. Untuk selengkapnya simak di bawah ini.

Pengertian seni musik menurut Jamalus

Pengertian seni musik menurut Jamalus adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan didalam bentuk lagu. Seni musik juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa dan pikiran pencipta yang dituangkan melalui unsur pokok musik yang meliputi irama, harmoni, melodi dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan yang utuh.

Pengertian seni musik menurut Sunarto

Pengertian seni musik menurut Sunarto adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan didalam suatu bentuk bunyi indah dan teratur bersama ritme atau melodi. Musik juga memiliki suatu unsur atau keselarasan yang terjalin indah.

Pengertian seni musik menurut David Ewen

Pengertian seni musik menurut David Ewen adalah suatu ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dari nada – nada entah itu vocal atau instrumental. Seni musik juga meliputi tentang harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan utamanya terhadap aspek emosional.

Baca juga : 7 Unsur Kebudayaan Universal Menurut Koentjaraningrat

Unsur-Unsur Seni Musik

Unsur-unsur seni musik
Canva

Suatu musik terdengar seperti lantunan indah karena didalamnya tergabung berbagai unsur. Adapun mengenai unsur-unsur seni musik meliputi :

Melodi

Melodi merupakan suatu rangkaian nada atau bunyi yang ditanggapi atas dasar perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi terdiri atas durasi, pitch dan tone.

Pitch dalam melodi merupakan suatu aspek yang mengatur serangkaian not dengan lambang alphabet A-G. Rangkaian not tersebut kemudian menjadi melodi dalam serangkaian waktu tertentu yang disebut durasi. Not dapat dihasilkan dari berbagai alat musik dengan warna suara berbeda yang sering disebut dengan istilah tone.

Ritme atau irama

Ritme atau irama merupakan suatu gerak teratur yang mengalir karena kemunculan aksen secara tetap. Irama juga lebih terasa indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Ritme sendiri merupakan suatu aliran ketukan dasar yang teratur dan mengikuti variasi gerak dari sebuah melodi.

Dengan Anda mendengarkan lagu secara berulang – ulang, kita dapat merasakan ritme dari sebuah lagu. Dalam musik, pola iramanya juga akan memberikan suatu perasaan secara ritmis karena pada hakikatnya irama merupakan suatu penggerak perasaan yang hubungannya erat dengan sebuah gerak fisik.

Birama

Dalam musik, birama merupakan unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan secara berulang – ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama seringkali dituliskan dalam angka pecahan seperti angka 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya.

Angka pembilang menunjukkan jumlah dari ketukan sementara angka penyebut menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan. Birama dengan nilai penyebut genap dinamakan birama bainar sementara birama yang penyebutnya ganjil dinamakan birama ternair.

Harmoni

Harmoni merupakan suatu unsur musik yang ada kaitannya dengan keselarasan bunyi. Harmoni secara teknis meliputi peranan, susunan serta juga hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk menyeluruh.

Harmoni memiliki elemen interval dan akor. Interval dalam harmoni merupakan susunan nada yang jika dibunyikan secara serentak akan terdengar sangat harmonis. Sementara akor akan mengiringi suatu melodi lagu sebagai satu kegiatan utuh yang sangat enak di dengar.

Tempo

Tempo juga menjadi salah satu unsur musik lainnya yang harus kita pahami. Tempo adalah suatu aspek yang ada kaitannya dengan cepat lambatnya gerak musik atau lagu yang bisa dikatakan sebagai ukuran kecepatan birama sebuah lagu.

Nantinya semakin cepat permainan sebuah lagu maka akan semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Tanda dalam tempo terbagi menjadi 4 aspek yaitu tempo lambat, tempo sedang, tempo perubahan dan tempo cepat.

Untuk ukuran menentukan tempo dikenal dengan istilah beat. Beat yaitu suatu ketukan dasar yang akan menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalkan sebuah lagu memiliki beat MM70 yang artinya dalam satu menit terdapat sebanyak 70 ketukan.

MM adalah singkatan atau kependekan dari Metronome Malze. Metronome merupakan alat pengukur tempo. Sementara Malze diambil dari nama pencipta alat ini.

Dinamik

Dinamik sebagai unsure musik merupakan suatu aspek yang ada kaitannya dengan keras lembutnya lagu dan juga unsur perubahannya. Tanda dinamik akan terbagi menjadi tiga bagian yaitu tanda dinamik lembut, tanda dinamik sedang dan tanda dinamik keras.

Dinamik merupakan suatu unsur yang paling kuat untuk menunjukkan sebuah perasaan atau luapan emosi yang terkandung didalam suatu karya musik jika dibandingkan dengan unsur yang lainnya. Dinamik akan menunjukkan suatu musik diciptakan untuk menggambarkan perasaan sedih, riang, senang, agresif atau perasaan yang lainnya.

Tangga nada

Tangga nada merupakan urutan atau deret nada yang tersusun secara berjenjang. Antara nada yang satu dengan nada yang lain terdapat jarak tertentu. Ada yang memiliki jarak ½, 1, 1 1/2, dan 1. Jarak ini yang akan menjadi penentu kemungkinan variasi nada dan juga jenis dari tangga nada.

Tangga nada memiliki 3 macam. Tiga macam tangga nada tersebut diantaranya tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis dan tangga nada kromatis.

Timbre

Kita juga mengenal istilah timbre dalam unsur seni musik. Timbre merupakan warna bunyi atau kualitas bunyi yang akan menjadi pembeda suatu kesan. Timbre merupakan suatu alat musik yang dipengaruhi oleh sumber bunyi dan juga tentang cara bergetarnya.

Timbre yang dihasilkan dari sebuah alat musik petik pastinya akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan dari sebuah alat musik pukul. Walau keduanya dimainkan dalam nada yang sama.

Nah, sekarang sudah memahami tentunya pengertian seni musik beserta apa saja elemen unsur-unsur dalam seni musik. Sebelumnya juga sudah kita bahas mengenai pengertian seni rupa yang mungkin perlu kamu baca. Semoga informasi yang kami berikan diatas semakin menambah wawasan kita bersama.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.